Acara Bali Gaya Hidup

Memulai Bisnis Tanpa Modal Bersama Qloti

bisnis tanpa modal
Peserta Kopdar Bali

YOEXPLORE.co.id- Berbisnis merupakan salah satu pilihan bagi banyak orang untuk dapat mencari nafkah. Di zaman sekarang ini berbisnis bisa jadi suatu hal yang gampang-gampang susah lho sobat explorer. Ada banyak model bisnis yang bisa dipilih, mulai dari yang konvensional, multilevel marketing, hingga bisnis online. Semua model bisnis ini memiliki keunggulannya tersendiri, tentunya juga memiliki tantangan tersendiri bagi pelakunya. Ada model bisnis yang memerlukan modal berupa dana yang sangat besar, ada juga yang tidak memerlukan dana besar, namun padat karya. Mungkin sudah jadi impian semua orang nih sahabat explorer untuk bisa memiliki sebuah bisnis tanpa modal.

Berbicara mengenai bisnis tanpa modal, Yoexplore bersama Qloti mengadakan acara kumpul-kumpul atau yang bekennya disebut dengan kopi darat  bersama rekan-rekan yang ingin tahu lebih banyak tentang bisnis tanpa modal. Acara kopi darat dilakukan di dua kota, yakni Jakarta dan Denpasar. Acara ini masih rangkaian dari pelatihan digital marketing yang dilakukan Yoexplore dan Qloti di beberapa tempat di Pulau Jawa dan Bali.

Sekilas tentang Qloti

Sobat explorer mungkin ada yang belum mengenal Qloti ya? Qloti adalah sebuah mobile application  yang dikembangkan oleh PT. Benih Transformasi Digital. Qloti dan Yoexplore ini masih bisa dibilang saudara nih sobat explorer, hehehehe.

Lalu apa hubungan antara Qloti dengan bisnis tanpa modal? Hubungannya erat banget lho sobat explorer.Qloti adalah sebuah aplikasi mobile yang memungkinkan seseorang memulai bisnis sendiri tanpa biaya pendaftaran, biaya bulanan, dan biaya lisensi bisnis. Qloti mempunyai banyak produk yang bisa dijual, salah satunya pembayaran PPOB seperti pulsa, paket data, dan token listrik. Selain itu ada juga fitur untuk berjualan paket kegiatan wisata dan voucher hotel.

Karena Qloti dikembangkan untuk memulai bisnis, maka harga yang tertera merupakan  harga agen. Agen yang melakukan penjualan bebas melakukan mark up sesuai dengan harga pasar, sobat explorer. Gak cuma sampai disana aja lho, ada lagi keuntungan tambahan yang bisa didapatkan dengan menjadi agen Qloti. Para agen Qloti bisa belajar digital marketing maupun cara memasarkan produk-produk di Qloti di grup Whatsapp maupun grup FB Travelpreneur. Bagaimana, menarik kan memulai bisnis tanpa modal sambil belajar ilmu baru bersama Qloti dan Yoexplore?

Kopi darat dan belajar bisnis tanpa modal di Jakarta

bisnis tanpa modal

Kopdar Jakarta

Perjalanan kopi darat dimulai dari Ibu Kota Jakarta. Bertempat di Cafe Tiku, kopdar Jakarta dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2018 yang lalu. Ada 10 orang perserta di kopdar perdana ini. Latar belakang peserta pun bermacam-macam lho sobat explorer, mulai dari karyawan swasta, wirausaha, pekerja paruh waktu, hingga ibu rumah tangga. Mungkin kalian bingung ya kopdar ini isinya apa saja, hehehe. Kopdar perdana ini diisi dengan pelatihan digital marketing dan pengenalan bisnis tanpa modal melalui aplikasi Qloti. Materi dalam kopdar ini diisi oleh training specialist Yoexplore- Qloti, Sari Musdar.

Pelatihan digital marketing diawali dengan materi pengenalan apa itu digital marketing. Para peserta dikenalkan pada apa itu pemasaran secara digital. Setelahnya, dikenalkan juga personal branding. Selain teori personal branding, peserta juga praktek langsung lho membuat personal brandingnya sendiri. Setiap peserta membuat branding  sesuai dengan latar belakang yang dimiliki.

Sobat explorer tentunya semua punya medsos kan? Di kopdar kali ini juga banyak lho dibahas tentang mengoptimalkan media sosial buat mulai melakukan bisnis. Setelah tadi membuat personal branding, sekarang personal brandingnya dituangkan kedalam postingan-postingan di media sosialnya.

Setelah belajar tentang pemasaran digital, peserta kemudian dikenalkan dengan aplikasi mobile Qloti. Para peserta sangat antusias untuk mendapatkan informasi mengenai aplikasi baru ini. Sebagai perkenalan, diperlihatkan video tutorial menggunakan aplikasi ini untuk melakukan transaksi pembelian paket wisata. Ternyata para peserta sangat tertarik lho untuk melakukan bisnis tanpa modal dengan aplikasi Qloti. Semua peserta mengunduh aplikasi tersebut langsung ditempat. Setelah hampir 4 jam, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Sesi tanya jawab masih berlangung lho selama makan malam itu.

Kopdar Bali 19 Agustus 2018

Bisnis tanpa modal

Peserta kopdar Bali

Setelah dari Jakarta, Kopdar dilanjutkan di Bali. Bertempat di Warung Ciung Wanara, sebuah warung yang asri meskipun terletak di tengah kota, kopdar kali ini dihadiri oleh 16 orang. Seperti halnya di Jakarta, peserta kopdar Bali juga berasal dari berbagai kalangan. Ada yang dosen, penggiat kegiatan sosial, pekerja paruh waktu, pekerja swasta, wirausaha, hingga ibu rumah tangga. Bahkan ada juga peserta yang terbang jauh-jauh dari Surabaya demi mengikuti acara ini! Peserta termuda dalam kopdar bali adalah seorang anak perempuan berumur 14 tahun. Meskipun masih sangat muda, adik yang satu ini sangat tertarik untuk belajar digital marketing dan berkenalan dengan Qloti. Semangat para peserta juga tidak kalah lho dari peserta kopdar Jakarta.

Materi yang disampaikan pada kopdar Bali tidak berbeda jauh dengan materi kopdar Jakarta. Diawali dengan mengenalkan digital marketing pada para peserta dan pentingnya menguasai pemasaran daring di masa sekarang ini. Yang tidak kalah serunya adalah sesi personal branding. Para peserta dengan sungguh-sungguh menciptakan personal brandingnya dan memaparkannya di depan peserta lainnya. Unik-unik lho personal brandingnya peserta.

Dari personal branding kemudian lanjut ke materi media sosial. Disini selain diajarkan mengenai mengoptimalkan sosial media yang dimiliki seperti membuat akun instagram bisnis dan membuat fanpage di Facebook, peserta juga belajar untuk melakukan penjadwalan posting dengan menggunakan aplikasi khusus. Dengan aplikasi ini, postingan untuk satu bulan dapat dikerjakan dalam beberapa hari saja dan tidak akan kelewatan satu haripun tanpa posting. Keunggulan lainnya adalah bisa posting di tiga media sosial yang dimiliki dapat dilakukan secara bersamaan.

Sesi unggulan dari kopdar ini pun dimulai setelah materi media sosial; memulai bisnis tanpa modal dengan aplikasi Qloti. Sama seperti kegiatan sebelumnya yang dilakukan di Jakarta, para peserta terlihat sangat antusias untuk mengikuti materi ini. Setelah menyimak pemaparan materi tentang Qloti, beberapa peserta mulai mengunduh aplikasi ini ke gawai masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan makan malam. Masih sama seperti di Jakarta, peserta masih bisa bertanya kepada pemateri menganai hal-hal yang ingin ditanyakan. diskusi masih berlangsung dengan cukup seru di sela-sela makan malam lho sobat explorer.

Kopdar Selanjutnya

melihat antusiasnya para peserta, Yoexplore dan Qloti berencana untuk mengadakan lagi kopdar untuk memperkenalkan Qloti kepada masyarakat luas. Aplikasi ini tentunya akan sangat membantu bagi mereka yang mau menjalankan bisnis tanpa modal yang besar.

Tentu saja sangat menarik kan sobat explorer, kita bisa memulai bisnis sendiri hanya berbekal satu aplikasi saja di smart phone kita. Kalian tentunya mau coba dong untuk menjalankan bisnis yang kekinian? Caranya gampang banget kok, kalian bisa mengunduh Qloti di Google Playstore.  Selain berbisnis, kalian juga akan bisa bergabung di grup diskusi digital marketing bersama Qloti melalui whatsapp atau FB grup. Yuk mulai bisnis bersama Qloti dan sampai ketemu di kopdar selanjutnya.

 

 

 

 

Tentang penulis

Ketut Cakra

Ketut Cakra

Hi, para sahabat explorer! Saya adalah Account Executive di YoExplore, bertanggung jawab untuk membangun kemitraan dengan mitra YoExplore, baik Merchant maupun Agen. Saya tinggal di Bali, so, kamu bakalan banyak membaca tulisan saya tentang Bali dan tempat-tempat asyik lainnya di Bali! Selamat membaca!

Tinggalkan komentar