Acara

Bingung Akhir Oktober Mau Kemana? Festival Ini Mungkin Bisa Jadi Tujuan Kalian!

festival akhir bulan Oktober - YOEXPLORE.co.id - festival budaya Indonesia - yoexplore
image source : kompas

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, masyarakat Indonesia, memang cenderung menyukai kegiatan Traveling. Selain memang memiliki banyak pilihan destinasi wisata, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan budaya dan adat istiadat yang dimiliki di tiap daerahnya. Perbedaan wilayah juga menyebabkan perbedaan adat itu sendiri, walaupun masih dalam satu kota. Hal tersebut yang menjadi daya tarik bagi para turis itu sendiri untuk berkunjung ke Indonesia, atau turis lokal yang berkunjung ke daerah yang dimaksud itu. Biasanya, terdapat sebuah festival adat dan budaya di setiap daerah yang ada di Indonesia. Acara tersebut dilakukan pada bulan atau tanggal tertentu sesuai dengan kepercayaan yang mereka anut. Berhubung sekarang sudah mendekati akhir bulan Oktober, kita akan membahas mengenai festival akhir bulan Oktober yang bisa kalian kunjungi.

Festival Akhir Bulan Oktober 2018

Festival akhir bulan Oktober yang akan kami berikan ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Destinasi tempatnya juga memiliki objek wisata lain yang sangat menarik loh sahabat explorer. Jadi, ada banyak hal yang bisa kalian kunjungi selain festival-festival tersebut. Oia, festival tersebut tidak hanya mengenai budaya saja, mereka juga menampilkan kesenian, sejarah, kuliner dan lain-lain yang pastinya bikin kalian semua betah untuk keliling! Yaudah yuk sahabat explorer, langsung aja kita simak ulasan festivalnya! Scroll ke bawah ya!

Baca Juga : 5 Tempat Snorkeling Terbaik di Dunia

1. Festival Budaya Irau Malinau

festival akhir bulan Oktober - YOEXPLORE.co.id - festival budaya Indonesia - yoexplore

Image source : humas.malinau

Festival akhir bulan Oktober yang pertama adalah Festival Budaya Irau Malinau. Festival ini akan digelar pada tanggal 26 Oktober 2018. Festival ini juga dibilang sebagai pesta rakyat yang dikemas dalam sebuah pertunjukan seni dan budaya. Festival ini diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Festival ini juga selalu diadakan bersamaan dengan hari jadinya Kabupaten tersebut. Wah, pasti kebayang ya sahabat explorer hebohnya festival ini kaya gimana, hehe.

Pertunjukan tari menampilkan antara lain adalah Tarian Perang dan tarian penyambut tamu yang biasa dilakukan oleh sejumlah perempuan. Selain itu, ada juga gelaran seni yang lainnya seperti Anyat, Saung, baju yang terbuat dari manik-manik, Parang, dan juga obat-obatan tradisional Belengla.

Upacara pembukaan ini biasanya dihadiri dengan kepala suku Dayak yang berada di wilayah Malinau. Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk mengakrabkan antar suku yang ada di wilayah Malinau, sehingga keharmonisan antar suku pun bisa sangat terjaga. Bagaimana sahabat explorer? Sudah siap berangkat ke festival yang satu ini?

2. Nusa Dua Fiesta

festival akhir bulan Oktober - YOEXPLORE.co.id - festival budaya Indonesia - yoexplore

image source : bali-indonesia

Festival akhir bulan Oktober yang selanjutnya berada di Bali nih sahabat explorer. Namanya adalah Nusa Dua Fiesta. Festival ini digelar pada tanggal 26 hingga 28 Oktober 2018 di Nusa Dua, tepatnya di Bali Tourism Development Corporation (BTDC).

Festival ini sudah digelar sejak 1996 loh sahabat explorer. Acara ini tentu menampilkan beberapa kegiatan yang sangat menarik seperti atraksi seni, budaya, olahraga, kuliner dan banyak lagi lainnya. Acara yang paling banyak ditonton oleh masyarakat dan turis adalah fashion show dan body painting atau melukis tubuh. Wah, keren nih kayaknya sahabat explorer, kalian akan banyak melihat para pelukis beraksi dan menjadikan tubuh manusia sebagai kanvas untuk cat warnanya.

Selain itu, ada juga informasi yang bisa kalian baca mengenai daerah potensi wisata, pemasaran produk, jasa unggulan Nasional, pariwisata dan industri, kerajinan UKM yang ramah lingkungan dan banyak lagi lainnya.

Tentunya, selain festival yang satu ini, kalian bisa menikmati panorama pantai Bali yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Bisa sekalian liburan ke tempat yang lainnya juga nih sahabat explorer, tunggu apa lagi!

3. Festival Likurai Timor

festival akhir bulan Oktober - YOEXPLORE.co.id - festival budaya Indonesia - yoexplore

image source : festival-indonesia

Festival akhir bulan Oktober yang selanjutnya adalah Festival Likurai Timor. Tahun ini, festival yang satu ini sudah termasuk dalam agenda Pariwisata Nasional. Acara ini akan dijadwalkan pada tanggal 27-28 Oktober 2018, di Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Festival Likurai adalah pesta tarian perang dari masyarakat Pulau Timor, khususnya bagi mereka yang tinggal di wilayah Belu. Tarian ini menggambarkan bagaimana peperangan mengusir penjajah pada saat masa penjajahan dulu. Festival ini dibuat untuk memperkenalkan adat budaya Indonesia yang melimpah, dan juga meningkatkan sektor pariwisata ke wilayah Belu. Tahun lalu, total 6.000 penari Likurai melakukan tarian ini di Bukit Fulan Fehan di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Tarian tersebut berhasil memecahkan rekor MURI dalam kategori jumlah penari tradisional terbanyak. Tentunya, ini sangat meningkatkan nama Indonesia di mata turis asing sebagai salah satu negara yang memiliki adat istiadat dan budaya yang sangat beragam.

Untuk sahabat explorer sendiri, sudah siap untuk melihat tarian yang dilakukan oleh ribuan orang ini? Pastinya ini akan menjadi tontonan yang sangat spektakuler ya!

4. Festival Danau Sentarum Betung Kerihun

festival akhir bulan Oktober - YOEXPLORE.co.id - festival budaya Indonesia - yoexplore

Image source : antaranews

Selanjutnya adalah Festival Danau Sentarum Betung Kerihun. Pos Lintas Batas Negara atau PLB di Kabupaten Kapus Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, kembali menyelenggarakan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun. Festival Danau Sentarum Betung Kerihun akan dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 Oktober 2018.

Ada berbagai macam acara yang bisa kalian kunjungi di sini nih sahabat explorer. Seperti Parade Perahu Tradisional, Festival Minum Madu, Danau Sentarum Cruise, Kontes Arwana Red, dan Sentarum Ethnic Music Festival.

Masih ada kegiatan lainnya yang sangat menarik nih sahabat explorer, seperti lomba foto, bersepeda mengunjungi Jantung Borneo, lomba dan ekspedisi kuliner tradisional, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada tahun lalu, festival ini dihadiri sekitar 15.000 pengunjung loh sahabat explorer! Itu termasuk dengan turis Malaysia yang memang secara jarak juga berdekatan dengan wilayah yang satu ini. Wah, pasti bakalan keren banget nih, sayang banget kalau ga didatangi!

Buka Juga : Wisata Derawan – Labuan Cermin | 4D3N

Kunjungi Festival Budaya Lainnya di Indonesia!

Sahabat explorer, itulah beberapa festival di akhir bulan Oktober yang bisa kalian kunjungi. Masih sempat kok untuk memesan tiket pesawat dan hotelnya dari sekarang. Mumpung pas banget lagi weekend, jadi lumayan untuk sekedar short vacation nih. Semoga artikel ini bermanfaat, dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar