Acara

Festival Jazz 2018 Di Indonesia

festival Jazz Indonesia 2018 - YOEXPLORE.co.id
image source : nanaimojazzfest.com

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, musik Jazz memang adalah jenis musik yang sangat santai dan enak didengar. Berbagai macam genre dari Jazz juga sangat bervarian. Dari yang Jazz Blues, Latin Jazz, hingga ke Metal Jazz. Musik ini, juga digemari oleh masyarakat Indonesia loh. Sebut saja Indra Lesmana, Tompi, Tohpati, Barry Likumahuwa, dan masih banyak lagi musisi lainnya yang sangat melekat dengan genre Jazz itu sendiri. Biasanya, kita paling umum dengan festival Java Jazz Indonesia yang biasa diselenggarakan di Jakarta. Dalam beberapa tahun terakhir, pengaruh musik Jazz semakin merambah ke pemuda-pemudi di Indonesia. Dengan demikian, genre tersebut melahirkan beberapa musisi baru dan tentunya penggemar yang baru juga. Oleh karena itu, beberapa promotor mulai berani untuk menyajikan konser musik Jazz di luar kota Jakarta. Kali ini, festival Jazz Indonesia 2018 akan diselenggarakan di beberapa kota besar. 

Festival Jazz Indonesia 2018 Yang Menarik Perhatian Turis Mancanegara

Kota besar tersebut meliputi Bali dan Yogyakarta. Mungkin, untuk yang di Yogyakarta sudah umum dengan nama “Prambanan Jazz Festival”. Perpaduan unik antara musik Jazz sambil melihat candi dan budaya lainnya, menjadi kelebihan tersendiri bagi Prambanan Jazz Festival. Ternyata, ada beberapa kota lain yang menyelenggarakan festival Jazz Indonesia 2018 dengan cara dan venue yang unik loh. Penasaran? Yuk, mari kita lihat ada di mana saja festivalnya!

Baca Juga : Lagu Asik Untuk Menemani Traveling

1. Jazz Gunung Bromo, 27-29 Juli 2018

festival Jazz Indonesia 2018 - YOEXPLORE.co.id

image source : beepdo.com

Yang pertama dan terdekat tanggalnya adalah Jazz Gunung Bromo. Festival Jazz Indonesia 2018 yang satu ini akan diselenggarakan selama 3 hari. Hari pertama jatuh pada tanggal 27 Juli 2018, dan hari terakhir pada tanggal 29 Juli 2018. Jazz Gunung Bromo biasa juga disebut dengan Jazz Gunung. Festival ini sudah diadakan sejak 2009 lalu, sehingga pada tahun ini merupakan satu dekade diadakannya Jazz Gunung Bromo. Jazz Gunung Bromo 2018 akan diadakan di Panggung Terbuka Jiwa Jiwa Resort Bromo, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Jazz Gunung sendiri akan dihadiri oleh Tohpati Bertiga, Barry Likumahuwa, Andre Hehanusa, Endah N Rhesa, dan masih banyak lagi musisi Jazz top Indonesia lainnya.

2. Jazz Atas Awan, 3-5 Agustus 2018

festival Jazz Indonesia 2018 - YOEXPLORE.co.id

image source : youtube.com

Festival Jazz Indonesia 2018 yang kedua adalah Jazz Atas Awan. Sebenarnya, festival Jazz ini merupakan bagian dari Festival Budaya Dieng. Selain menampilkan musisi-musisi Jazz Indonesia, festival ini juga dimeriahkan dengan pesta kembang api, pesta lampion, dan tradisi potong rambut anak gimbal. Berbeda dengan festival Jazz lainnya, Jazz Atas Awan selalu merahasiakan bintang tamu yang akan tampil. Tujuannya adalah, mereka ingin para pengunjung datang karena ingin melihat Festival Budaya Dieng, bukan semata-mata ingin melihat musisi favorit mereka tampil. Di tahun 2018 ini, Festival Jazz Atas Awan akan diselenggarakan pada tanggal 3-5 Agustus 2018 di dataran tinggi Dieng. Buat sahabat explorer yang ingin menonton, jangan lupa bawa jaket ya, karena kalian akan merasakan sensasi dingin yang luar biasa!

3. Ubud Village Jazz Festival, 10-11 Agustus 2018

festival Jazz Indonesia 2018 - YOEXPLORE.co.id

image source : ubudvillagejazzfestival.com

Festival Jazz Indonesia 2018 selanjutnya adalah Ubud Village Jazz Festival. Festival yang sudah dimulai sejak 2013 ini, akan diselenggarakan pada tanggal 10-11 Agustus 2018. Lokasi penyelenggaraan berada di Agung Rai Museum Of Art (ARMA), Ubud, Bali. Ubud Village Jazz Festival (UVJF) ini menawarkan sebuah pengalaman menonton Jazz yang cukup unik, dimana kalian dapat menikmati suasana mendengarkan musik Jazz di tengah suasana pedesaan Ubud yang damai dan tentram. Tentunya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Seperti yang dilansir ubudvillagejazzfestival.com, sudah ada beberapa musisi lokal dan internasional yang mengkonfirmasi kehadirannya. Barry Likumahuwa, Pramono Abdi Pamungkas, hingga musisi luar negeri seperti Gerard kleijn , dan Fossile 3.

4. Prambanan Jazz International Music Festival, 17-19 Agustus 2018

festival Jazz Indonesia 2018 - YOEXPLORE.co.id

image source : uzone.com

Selanjutnya di Festival Jazz Indonesia 2018 adalah Prambanan Jazz International Music Festival. Festival yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 – 19 Agustus 2018 ini, berlokasi di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Walaupun Prambanan Jazz Festival ini baru diselenggarakan pada tahun 2015, mereka tetap tidak kalah pamor dengan festival-festival Jazz Indonesia lainnya. Prambanan Jazz Festival juga banyak mengundang musisi terkenal seperti Raisa, Tohpati dan musisi top yang lainnya.

Dilansir situs resmi prambananjazz.com, line up yang sudah mengkonfirmasi kedatangannya pada Prambanan Jazz Festival 2018 ini adalah Tohpati, Sheila Majid, Marcell, KahitRan, Rio Febrian, hingga musisi luar seperti Diana Krall, dan Boyzone, dan masih banyak lagi musisi tanah air yang akan meramaikan festival musik Jazz ini.

Festival Jazz Unik Tersebut Cuma Hanya Ada Di Indonesia!

Nah sahabat explorer, itu dia beberapa Festival Jazz Indonesia 2018 yang akan diselenggarakan pada tahun ini. Masih ada beberapa festival lainnya, namun dari pihak penyelenggara, masih belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai line up yang akan mengisi acara Jazz tersebut. Kira-kira, kalian mau nonton yang mana nih? Share di kolom komen kita yah!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar