Backpacker

Kenapa Solo Traveling Itu Menyenangkan?

alasan solo traveling - YOEXPLORE.co.id
image source : navimumbai.com

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, pernah gak sih kalian bayangin untuk pergi traveling di dalam atau luar negeri sendirian? Kalau memang pernah, pasti khayalan kalian seru-seru deh ya. Tapi, apakah kalian benar-benar punya keinginan untuk melakukannya? Belum tentu kayaknya ya, he he he. Padahal, Solo Traveling itu sangat menyenangkan loh. Selain itu, banyak juga manfaat yang akan kalian dapat sepulang melakukan Solo Traveling. Memang sih, kalau dibayangin agak sedikit ngeri juga, karena pastinya kita sendiri dan bingung kalau amit-amit tersesat. Namun, itu semua cuma bayangan belaka, selama kalian memiliki itinerary yang jelas, kalian pasti tidak akan tersesat. Banyak sekali alasan kenapa Solo Traveling itu menyenangkan. Alasan Solo Traveling tersebut, memang masuk akal bagi kalian yang memang menyukai kesendirian.

Kenapa Alasan Solo Traveling Itu Menyenangkan? Karena Banyak Manfaatnya!

Kira-kira ada apa saja ya alasannya? Sahabat explorer mungkin penasaran? Mari kita simak ulasan berikut ini. Harapannya adalah, setelah kalian membaca artikel ini, kalian akan memberanikan diri untuk melakukan Solo Traveling. Dijamin, pasti akan menyenangkan dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan!

1. Membuat Kalian Lebih Mandiri

alasan solo traveling - YOEXPLORE.co.id

image source : trainingindoor

Alasan Solo Traveling itu menyenangkan yang pertama adalah kalian dapat belajar atau menjadi lebih mandiri. Bagaimana tidak? Semua yang kalian lakukan  di kota ‘orang’ itu serba sendiri. Tidak ada yang membantu kalian kecuali kalau kalian tidak malu bertanya kepada penduduk sekitar. Selain itu, kalian juga harus menentukan tempat wisata kalian sendiri, mencari makan sendiri, mencari penginapan juga sendiri, dan lain-lainnya yang dilakukan sendiri. Pokoknya, apapun hal yang kalian lakukan, pasti kalian akan memutuskannya sendiri. Disinilah kemandirian kalian terlatih dengan sendirinya. Walaupun mungkin akan ada banyak kesalahan yang kalian lakukan karena baru pertama kali, tapi itu jelas menjadi bahan pembelajaran untuk Solo Traveling selanjutnya.

Kalau kalian ingin latihan hidup mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain, maka Solo Traveling adalah hal yang sangat cocok untuk kalian lakukan. Dijamin, pasti kalian akan merasakan perubahan dalam diri kalian setelah melakukan Solo Traveling ini. Pastinya, kalian akan lebih mandiri lagi!

2. Lebih Percaya Diri

alasan solo traveling - YOEXPLORE.co.id

image source : tonisolih

Alasan Solo Traveling menyenangkan yang selanjutnya adalah lebih percaya diri. Memang hal ini sedikit menyangkut dengan kemandirian tadi. Dengan melakukan semua hal serba sendiri, maka kalian secara tidak langsung juga harus percaya terhadap insting, rasional, dan intuisi kalian sendiri. Hal tersebut, tentunya bisa menambah kepercayaan diri kalian, apalagi kalau misalkan feeling dan insting kalian itu benar. Pasti kalian akan senyum-senyum sendiri sambil memuji diri di dalam hati.

Dengan menambahnya kepercayaan diri kalian, maka dalam kehidupan sehari-hari, akan terasa juga dampak positifnya. Kalian lebih pede jika menemui orang baru, atau bahkan dalam hal pekerjaan dan sekolah. Wuih, rasanya pasti jadi pengen coba Solo Traveling deh, iya gak? Iya dooonggg. He he he

3. Keluar Dari Zona Nyaman

alasan solo traveling - YOEXPLORE.co.id

image source : michaelbliss.co

Keluar dari zona nyaman, pasti ini merupakan sebuah tantangan yang sangat menarik ya sahabat explorer. Dengan melakukan Solo Traveling, jelas ini merupakan sebuah langkah besar dalam hidup kalian. Keluar dari zona nyaman bukan berarti kalian akan menemukan zona yang tidak nyaman, melainkan menemukan zona nyaman yang baru. Pemandangan baru, destinasi baru, atau bahkan teman baru, tentunya membuat sebuah lingkaran zona nyaman tersendiri. Kalau kalian berani, maka cobalah untuk Solo Traveling. Jika kalian takut, maka beranikan diri dong!

4. Mendapatkan Teman Baru

alasan solo traveling - YOEXPLORE.co.id

image source : kulkulbali

Hal ini tentu sangat memungkinkan sahabat explorer. Saat kalian sedang Solo Traveling, bisa jadi kalian bertemu dan berkenalan dengan sesama Solo Traveler. Lumayan kan untuk sekedar ngobrol-ngobrol santai sambil menikmati pemandangan di sekitar kalian. Menemui orang baru, karakter yang berbeda dan lingkungan yang berbeda pula, tentu akan menjadi pengalaman unik tersendiri. Bisa saja jika kalian bertemu dengan jodoh kalian!

Namun, hal yang harus kalian ingat adalah, saat bertemu dengan orang baru, jangan langsung percaya begitu saja dengan mereka. Kalian harus tetap mawas dan menjaga diri, sekedar berkenalan sih boleh-boleh saja, tapi tetap waspada ya sahabat explorer. Oya, selain itu, jika memang kalian sudah mengenal dengan baik orang tersebut, jangan jadinya traveling berdua ya, nanti judulnya bukan Solo Traveling lagi, tapi Duo Traveling. 😀

5. Menemukan Jati Diri

alasan solo traveling - YOEXPLORE.co.id

image source : blog.ub.ac.id

Alasan Solo Traveling yang selanjutnya adalah dapat menemukan jati diri sendiri. Mungkin selama ini kalian sedang mencari tau siapa diri kalian. Mungkin juga kalian sering membanding-bandingkan diri kalian dengan orang lain. Hal tersebut memang diperlukan, karena biar kita mengetahui diri kita yang sebenarnya. Dengan melakukan Solo Traveling, kalian pasti akan menemukan jati diri kalian. Perjalanan tersebut akan mengajarkan kalian bahwa banyak sekali perbedaan yang tidak perlu kalian bandingkan dengan diri sendiri. Dengan menjadi diri sendiri, maka kalian akan menjadi lebih baik. Carilah satu tempat yang sangat hening dan tenang, agar kalian bisa merenung dan memikirkan semua hal tersebut. Bisa jadi nanti kalian dapat Ilham nih sahabat explorer, jadi kalian bisa mengetahui jati diri kalian!

Beranikan Diri Kalian Untuk Solo Traveling!

Sahabat explorer, itulah alasan Solo Traveling yang mungkin bisa jadi pertimbangan kalian untuk pergi Solo Traveling. Manfaatnya pasti banyak deh, kalian pasti akan merasakannya langsung setelah pulang dari perjalanan. Banyak hal positif yang kalian dapatkan sambil menikmati keindahan alam yang disuguhkan dengan sendirinya. Jadi, bagaimana sahabat explorer? Sudah siap untuk Solo Traveling? Share pengalaman kalian di kolom komen kita yah!

Baca Juga : Rekomendasi Hotel Bintang Empat Dari YoExplore

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar