Backpacker

Ciri Ciri Backpacker Sejati!

backpacker sejati - YOEXPLORE.co.id
image source : loop.co.id

YOEXPLORE.co.id – Backpacker! Kalo didenger-denger emang keren banget ya sahabat explorer istilah tersebut. Buat beberapa orang, backpacker adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan. Bahkan, banyak yang menjadikannya itu sebagai lahan untuk meraup keuntungan dengan menjual foto atau videografi mereka ke majalah-majalah atau website traveling. Selain itu mereka juga bisa menjual tulisan dari blog pribadi mereka. Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk ‘meng-uangkan’ kegiatan backpacker mereka. Enggak heran deh kalo makin banyak orang yang melakukan kegiatan backpacker tersebut. Selain memang mengasyikkan, kegiatan ini juga akan melatih mental kita. Di mana kita akan belajar untuk berhemat dan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk modal kita agar bisa bertahan hidup. Ternyata, kegiatan backpacker ini juga menyehatkan loh sahabat explorer. Kenapa? Karena, kita akan lebih sering berjalan kaki sambil membawa tas besar di punggung kita dari pada menggunakan biro wisata yang memang akan mengantar kita ke tempat-tempat yang ingin kita tuju. Apa sahabat explorer tertarik untuk menjadi backpacker sejati?

Backpacker Sejati Tidak Memandang Umur!

Beberapa perubahan dalam diri akan dapat kita rasakan apabila kita sering melakukan traveling ala backpacker ini. Tak sedikit juga yang akan merubah karakter kita loh sahabat explorer. Tapi, belum tentu juga semua orang yang suka backpacker itu dibilang “backpacker sejati”. Ada beberapa ciri yang membedakan antara yang baru belajar, dan yang sudah menjadi backpacker sejati. Ini ga memandang umur loh sahabat explorer, tapi berdasarkan dari pengalaman yang mereka dapat. Mempunyai sifat untuk berani mengeksplorasi hal-hal baru, sangat berpengaruh terhadap pengalaman yang mereka dapat. Tanpa basa basi lagi, langsung aja yuk kita simak sahabat explorer, apa aja sih ciri-ciri backpacker sejati!

1. Suka Mengumpulkan Peta Gratis

backpacker sejati - YOEXPLORE.co.id

image source : petacitrasatelitindonesia

Walaupun di handphone kalian udah ada aplikasi canggih untuk menemukan rute terbaik seperti Google Maps dan Waze, hal itu tidak berpengaruh besar kepada backpacker sejati. Mereka pasti akan tetap mengoleksi peta-peta gratis yang disediakan di tempat di mana mereka berdiri. Tidak terkecuali di tempat rekreasi sekalipun. Hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi mereka karena pada saat backpacker-an. Hal itu disebabkan karena tidak semua lokasi itu terkoneksi dengan baik oleh provider di handphone kita. Masih banyak wilayah terpencil yang memang belum terjangkau oleh koneksi internet, dan bahkan sekedar sinyal untuk berkomunikasi via telfon.

Untuk mereka, hal ini seperti tertimpa rejeki nomplok. Selain dapat peta secara gratis, mereka juga bisa menambah ilmu pengetahuan mereka dengan belajar membaca peta. Sekedar info, membaca peta itu ga semudah yang kita bayangkan loh sahabat explorer. Butuh kejelian dan ketelitian agar kita bisa mengetahui rute yang kita lalui, posisi kita, hingga jalan-jalan pintas yang bisa dilalui. Kalau kalian melihat orang yang suka mengumpulkan peta apa lagi kalo gratis, bisa hampir dipastikan orang itu menyukai kegiatan traveling ala backpacker-an tuh sahabat explorer :D.

2. Banyak Tahu Penginapan Murah

backpacker sejati - YOEXPLORE.co.id

image source : lakupon

Seorang backpacker sejati, pasti bakalan cari penginapan yang tentunya tidak membuat kanker, alias Kantong Kering. Mereka ga bakalan berhenti sampai dapet penginapan yang murah. Bahkan, banyak dari mereka yang menginap di rumah penduduk lokal yang tentunya harganya sangat jauh dibandingkan dengan di hotel. Biasanya, mereka sudah mempunyai kenalan atau kerabat yang kebetulan tinggalnya di lokasi di mana mereka melakukan traveling. Oleh karena itu,  mereka ga akan malu tuh untuk ‘numpang’ nginep di situ. Namun, jika mereka beramai-ramai, biasanya mereka akan cari penginapan yang memang satu kamar itu bisa di tempati bersama. Persis seperti gambar yang di atas tuh sahabat explorer :D. Selain menghemat budget, sewa penginapan seperti itu juga bisa menambah keakraban kita dengan teman-teman backpacker lainnya, atau pun dapat teman baru.

3.  Sering Browsing Promo Tiket Pesawat

backpacker sejati - YOEXPLORE.co.id

image source : reddoorz.blogspot

Lama-lama depan laptop sambil ngopi tapi bukan lagi kerja. Sepertinya, kalian udah pada tau nih apa yang mereka lakukan. Kebiasaan backpackers yang kaya gini nih ga lain dan ga bukan, pasti sedang memantau perkembangan harga tiket pesawat. Harga yang memang fluktuatif alias berubah-berubah sesuka hati mereka :D. Ya, kebiasaan browsing ini emang sekilas terlihat seperti sedang main game online ya sahabat explorer. Saat browsing, pasti mereka akan terlihat sangat bersemangat dan fokus. Tujuannya juga pasti untuk meminimalisir budget traveling mereka. Dengan demikian, mencari tiket yang sedang promosi menjadi solusi terbaik apabila destinasi yang kita tuju memang tidak bisa diakses melalui jalur selain udara. Sebagai backpacker sejati, mereka ga akan menyerah tuh sampai dapet tiketnya. Walaupun ga dapet hari itu, mereka tetap akan berjuang di keesokan harinya samapi pada akhirnya tiket murah tersebut akan jatuh ke tangan mereka.

4. Gelisah Saat Belum Punya Tujuan Destinasi

backpacker sejati - YOEXPLORE.co.id

image source ; monsterbego.blogspot

Untuk orang-orang yang luar biasa ini, gelisahnya mereka itu berbeda dengan orang lain pada umumnya. Percaya ga percaya, mereka yang sudah kronis untuk backpacker-an itu pasti akan gelisah apabila dalam kurun waktu 6 bulan sampai dengan satu tahun tidak menemukan destinasi tujuan yang baru. Walaupun sebenarnya sih banyak banget destinasi-destinasi lainnya tersebut, tapi yang memungkinkan itu kan tidak semuanya. Berbagai macam faktor seperti jarak yang terlalu jauh, sulitnya transportasi, dan lain sebabnya yang dikarenakan wilayah tersebut belum pernah terjamah manusia. Hal tersebut tentu membuat mereka akan selalu kepikiran loh sahabat explorer. Mereka rela untuk browsing berjam-jam demi mendapatkan destinasi baru untuk backpacker-an.

Buat mereka, mendapatkan destinasi baru itu bagaikan mood booster yang membahagiakan. Walaupun trip tersebut tidak langsung mereka lakukan, namun apabila mereka sudah menemukan destinasi baru tersebut, mereka sudah akan sibuk prepare dari sekarang. Seperti memesan tiket pesawat yang murah, serta mempersiapkan gear travel yang akan mereka butuhkan di sana tentu dengan pemahaman yang matang atas destinasi travel tersebut. Jadi biar ga salah bawa gear nih sahabat explorer, yang ada nanti bikin berat tasnya doang.

Baca Juga : Sejarah Backpacker

Kurang lebih seperti itu lah ciri ciri backpacker sejati, sahabat explorer. Apa diantara kalian yang baca ini ada yang kaya gitu? atau jangan-jangan bisa lebih ekstrim nih. Boleh dong di share dikolom komen kita kalo ada yang tau ciri ciri backpacker sejati lainnya. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar