Backpacker

Beberapa Tips Liburan Yang Gak Bikin Kantong Kering!

cara traveling murah di Indonesia, YOEXPLORE
image source : vebma.co

Cara Traveling Murah, YOEXPLORE – Sahabat explorer, bagi kalian yang menyukai traveling, pasti akan selalu ada cara dan waktu yang diluangkan untuk memenuhi keinginan kalian tersebut. Berbagai macam jenis traveling juga banyak, kalian hanya tinggal memilih yang mana yang sangat cocok untuk kalian. Dari yang Backpacker, Flashpacker, bahkan hingga yang paling mewah sekalian. Semua itu tentu tergantung kemampuan kalian, karena hal itu menyangkut kenyamanan yang kalian dapat saat berlibur. Kali ini, kita akan sedikit membahas mengenai tips cara traveling murah di Indonesia yang bisa kalian lakukan. Dengan budget yang miring, kalian tetap bisa berlibur dengan nyaman dan tentunya menjadi pengalaman baru bagi kalian yang belum pernah melakukannya. Tentunya, kalian akan membutuhkan perjuangan yang lebih ekstra nih sahabat explorer, karena ini tidak senikmat jika kalian traveling dengan mewah.

Cara Traveling Murah di Indonesia Namun Tetap Menyenangkan

Tips-tips yang akan YoExplore berikan untuk cara traveling murah ini tentu bisa menjadi acuan kalian yang ingin pergi berlibur. Namun harus diingat, untuk pergi traveling dengan cara ini, kalian harus memiliki kondisi badan yang sehat ya sahabat explorer. Minimal tidak lupa untuk membawa obat-obatan yang dibutuhkan dan vitamin agar kalian tetap fit selama liburan. Kalian gak mau dong kalau lagi liburan malah sakit dan akhirnya malah gak bisa nikmatin apa-apa. Benar kan sahabat explorer? Yaudah yuk, langsung kita simak ada apa aja tips-tipsnya!

Baca Juga : 10 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Jalan-Jalan ke Paris

Memilih Kereta Daripada Pesawat

Tips yang pertama dalam cara traveling murah di Indonesia adalah, memilih kereta sebagai transportasi kalian. Jika kalian berasal dari Jakarta, dan ingin traveling ke wilayah yang masih berada dalam Pulau Jawa, maka gunakanlah kereta sebagai transportasi kalian. Kenapa? Jelas, untuk harga tiket akan lebih murah dibandingkan dengan pesawat. Walaupun tiketnya murah, tapi kenyamanan kereta sekarang sudah jauh lebih membaik loh sahabat explorer. Kelas Ekonomi sekarang sudah pakai AC dan tersedia colokan listrik di setiap tempat duduknya, sehingga kalian tidak perlu kebingungan lagi jika baterai smartphone kalian habis. Tinggal colok!

Selain itu, waktu perjalanan juga akan lebih cepat dibanding dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Memang tidak lebih cepat dari pesawat sih, tapi kalau dihitung dari sisi budget, memilih kereta sebagai transportasi kalian untuk traveling adalah jawaban yang sangat tepat!

Mengandalkan Transportasi Umum Saat di Lokasi Tujuan

Setelah sampai di lokasi destinasi yang kalian tuju, sebaiknya kalian menggunakan transportasi umum untuk menuju ke tempat yang akan kalian datangi. Dikarenakan harganya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan taksi, kalian juga bisa melihat dan berinteraksi dengan penduduk lokal selama perjalanan menggunakan transportasi umum tersebut. Tetapi ingat ya sahabat explorer, tetap waspada, karena kejahatan bisa terjadi di mana saja. Yang terpenting adalah kalian tetap fokus menjaga barang kalian, jangan sampai lengah.

Untuk trayek dari angkutan umum itu sendiri, kalian bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan googling atau bertanya di sekitaran terminal.

Memilih Homestay Daripada Hotel

Cara traveling murah di Indonesia selanjutnya adalah masalah penginapan. Ini merupakan hal yang sangat penting, dikarenakan banyak hal-hal yang harus dipertimbangkan. Jika hotel berbintang memang sudah jelas akan kenyamanan kamar, dan fasilitas lainnya. Namun, itu sudah pasti harganya mahal. Alternatif lainnya adalah dengan memanfaatkan Homestay atau rumah warga yang menyewakan kamar tidur. Tentunya, ini lebih murah jika dibandingkan dengan hotel, nah sebelum memilih, kalian bisa mengeceknya terlebih dahulu. Yang terpenting adalah kebersihan dan keamanannya terjaga. Dengan demikian, saat kalian sedang bepergian, kalian tidak merasa was-was saat meninggalkan beberapa barang bawaan di Homestay tersebut.

Makan di Pinggiran atau Tenda-Tenda

Tentu ini sudah menjadi pilihan yang sangat mutlak ya sahabat explorer. Dibanding jika kalian makan di restoran, harganya sudah pasti jauh lebih mahal. Makan di pinggiran, tentunya harganya bisa lebih murah dan kalian bisa langsung ngobrol dengan pedagangnya. Biasanya, rasa makanannya juga khas banget dengan daerahnya. Jadi bisa banyak banget deh hal yang kalian dapat selain makanan dengan rasa yang enak.

Kira-kira seperti itulah sahabat explorer tips cara traveling murah di Indonesia yang bisa kalian lakukan. Dijamin, liburan kalian tetap terasa sangat menyenangkan. Selain itu, dengan kita membiasakan berkomunikasi dengan orang lokal, maka wawasan dan sosial kalian juga akan bertambah. Jadi bagaimana sahabat explorer? Sudah punya rencana mau traveling ke mana? Boleh share cerita kamu di kolom komen kita yah! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar