Backpacker

Mau Camping di Hutan? Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini Ya!

perlengkapan camping di hutan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: phinemo

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, kegiatan camping memang sangat seru sekali. Terutama jika dilakukan bersama keluarga. Namun, jika bersama keluarga terutama dengan anak-anak, kalian harus lebih memilih tempatnya ya. Jangan yang terlalu alam banget, usahakan yang memiliki fasilitas lengkap seperti toilet umum untuk mandi juga. Kasian jika anak-anak langsung camping di hutan yang memang fasilitasnya tidak lengkap bahkan bisa dibilang tidak ada. Tapi, jika kalian camping bersama teman-teman atau sendiri, maka menikmati camping di hutan bisa menjadi keseruan tersendiri. Perlengkapan camping di hutan juga harus menjadi perhatian sahabat explorer. Intinya, kalian harus mempersiapkan semuanya untuk segala risiko yang terjadi. Camping juga erat kaitannya dengan mendaki gunung, jadi kurang lebih perlengkapan yang dibawa itu sama.

Perlengkapan Camping Di Hutan

Beberapa perlengkapan camping di hutan yang akan kita bahas ini tentunya selain dari obat-obat P3K dan tenda tentunya. Cuaca dan juga binatang buas yang mungkin ada di sekitar kalian juga perlu menjadi pertimbangan. Pilihlah tempat yang memang aman untuk camping, biasanya kalau naik gunung, kalian bisa camping di pos-pos istirahat yang ada. Tapi, jika kalian memang camping saat menjelajah hutan misalnya, tentu akan terbiasa dengan membangun tenda di tempat yang antah berantah. Perlengkapan ini menjadi penting saat kalian sedang berkemah! Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama ya sahabat explorer. Mari langsung kita simak ulasannya yuk!

Baca Juga: Suka Wall Climbing? Usahakan Kalian Punya Sendiri Perlengkapan Ini Ya!

1. Makanan Praktis

Perlengkapan camping di hutan yang pertama adalah membawa makanan praktis. Tidak selalu mie instant kok sahabat explorer. Kalian bisa membawa nugget, sosis, kornet, kentang goreng atau makanan lainnya yang praktis dan tinggal goreng saja. Yang harus kalian perhatikan adalah tanggal kadaluarsanya sahabat explorer, harus yang masih lama! Kenapa? Karena makanan cepat saji ini kan tidak ditaruh di dalam kulkas, jika masa berlakunya tinggal sedikit, kemungkinan besar akan cepat basi.

Jangan lupa juga untuk membawa bumbu masak yang praktis. Jadi, kalian tetap bisa makan enak walaupun sedang berada di tengah-tengah hutan dengan makanan yang serba keterbatasan. Jadi, pilihlah makanan praktis yang bijak ya sahabat explorer! Jangan yang akhirnya jadi menyusahkan bawaan kalian!

2. Alat Masak Praktis

Perlengkapan camping di hutan yang selanjutnya adalah alat masak yang praktis. Ini berkaitan dengan yang nomor 1 sahabat explorer. Bawalah piring atau gelas plastik dan juga sabun cuci agar bisa kalian bersihkan dimanapun. Tentunya yang plastik akan lebih ringan dan praktis sahabat explorer.

Selain itu, kalian juga bisa bawa kompor portable atau kompor spirtus dan spatula kecil. Sepertinya membawa satu panci saja sudah cukup kok sahabat explorer. Bawalah minyak atau mentega secukupnya sebagai bahan dasar untuk menggoreng. Bawa juga botol untuk memasukkan minyak yang baru sekali pakai agar lebih hemat sahabat explorer. Jangan lupa juga untuk membawa korek api ya, untuk jaga-jaga apabila kompor kalian rusak atau susah untuk dinyalakan.

3. Senter

Perlengkapan camping di hutan yang selanjutnya adalah senter. Tentunya kami sarankan kalian untuk membeli atau membawa senter yang LED sahabat explorer. Kenapa? Karena lebih hemat energi dan cahaya yang ditimbulkan lebih terang dari senter biasa pada umumnya. Selain itu kalian juga bisa bawa alat penerangan yang menggunakan baterai sahabat explorer. Dan jangan lupa juga untuk membawa baterai cadangannya ya!

Sebaiknya hindari penggunaan alat penerangan yang berbahan dasar minyak. Kenapa? Agar tidak repot untuk mengisi ulang saat cahayanya sudah mulai redup.

4. Peluit dan Jas Anti Air

Perlengkapan camping di hutan yang selanjutnya adalah peluit dan jas hujan. Jas anti air ini biasanya sudah sepaket dengan anti angin juga sahabat explorer. Dengan demikian, kalian tidak perlu takut saat kedinginan atau kehujanan. Gunakan selimut juga saat sedang di tenda agar tidur menjadi lebih hangat.

Lalu kenapa satu lagi peluit? Ini tidak kalah penting sahabat explorer! Saat kalian berada di tengah hutan, GPS mati dan kalian tidak pandai membaca peta biasa, maka tiuplah peluit ini. Ini menandakan kalau kalian tersesat. Biasanya bagi mereka yang sudah sering menjelajah hutan, sudah paham dengan kode yang satu ini. Cari yang memang bisa dikalungkan di leher sahabat explorer, agar mudah menggunakannya.

Jangan Lupa Download Aplikasi Qloti Ya!

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan camping di hutan yang dapat YoExplore share kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar