Backpacker Sulawesi

Island Hopping di Sulawesi Utara? Kenapa Tidak!

taman laut di Sulawesi - panduan liburan di sulawesi - yoexplore
image source : seratus.id

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, bisa kita ketahui bahwa kebanyakan wisata di Indonesia adalah keindahan laut dan gunung. Hal tersebut dikarenakan Indonesia didominasi oleh kepulauan, baik kecil maupun besar. Dengan demikian, pemandangan laut lepas yang dibumbui dengan panorama matahari terbenam atau sunset, merupakan hal yang diburu oleh para turis, baik lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, di salah satu pulau besar di Indonesia, menyajikan pemandangan laut dan bawah laut yang luar biasa. Tempat itu berada di Sulawesi. Taman laut di Sulawesi tersebut tersebar di beberapa pulau kecil lagi yang ada di dekatnya. Pastinya, untuk kalian yang menyukai kegiatan island hopping sangat cocok untuk ke gugusan pulau ini.

Taman Laut di Sulawesi

Selain banyak menyimpan destinasi wisata, Sulawesi juga memiliki berbagai macam kebudayaan dan seni yang khas. Tidak terlepas juga dalam bidang kuliner, bagi kalian yang pecinta kuliner Indonesia, jangan sampai tidak wisata kuliner di sini ya. Makanan khas Sulawesi juga banyak yang menjadi makanan favorit kebanyakan orang Indonesia. YoExplore, memberikan rekomendasi bagi kalian untuk menikmati taman laut di Sulawesi bagi kalian para pecinta bahari. Ada beberapa hidden paradise di salah satu pulau yang masih belum banyak diketahui oleh orang-orang. Oleh karena itu, simaklah ulasannya berikut ini. Semoga ini bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin berkunjung ke Sulawesi!

Baca Juga : Jangan Panik! Ini Beberapa Hal Yang Kalian Lakukan Saat Gempa

1. Pulau Mahoro

taman laut di Sulawesi - panduan liburan di sulawesi - yoexplore

image source : cakapcakap

Taman laut di Sulawesi yang pertama berada di Pulau Mahoro. Pulau ini berada di wilayah Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara. Wilayah ini juga masih berada dalam lingkup Nusa Utara. Tempat ini memiliki panorama pantai dan perbukitan hijau yang sangat memukau. Tidak kalah juga dengan Bunaken nih sahabat explorer. Gugusan pulau kecil di Pulau Mahoro, biasa disebut dengan Cluster Buhias. Diantara gugusan pulau tersebut, ada beberapa pulau yang tidak berpenghuni, dan salah satunya adalah yang paling ujung dari Cluster Buhias. Pulau tersebut merupakan pulau yang berada di paling timur Pulau Mahoro, sehingga terlihat menjadi benteng dari pulau-pulau yang lainnya.

Tempat ini juga dikenal sebagai tempat paling bagus untuk melihat pemandangan Gunung Karangetang atau yang biasa disebut The Real Volcano. Selain itu, pulau ini juga sangat cocok bagi kalian yang suka menikmati sunrise dan sunset.

Yang menakjubkan, pantai di pulau ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan belum tersentuh sedikitpun dengan sampah. Kalian bisa menikmati pemandangan terumbu karang dengan bersnorkeling dan cukup dengan kedalaman 1 meter saja. Kalian juga hanya perlu berenang sedikit dari bibir pantai untuk dapat menikmati pemandangan luar biasa tersebut. Masih terdapat banyak biota laut yang menakjubkan, dan yang terkenal dari pulau ini adalah pemandangan Ikan Purba. Binatang tersebut merupakan binatang yang langka.

Kalian gak akan menyesal deh sahabat explorer, ini tempatnya bagus banget!

2. Pulau Lembeh

taman laut di Sulawesi - panduan liburan di sulawesi - yoexplore

image source : idntimes

Taman laut di Sulawesi yang berikutnya berada di Pulau Lembeh. Masih berada di Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di Kota Bitung. Kalau tempat ini, lebih dikenal oleh para wisatawan sebagai tempat untuk diving. Bagi sahabat explorer yang merupakan fotografer underwater, maka siap-siap takjub dengan pemandangan bawah laut dari pulau ini. Banyak orang yang bilang bahwa pemandangan bawah laut di pulau ini tidak kalah dengan pemandangan bawah laut yang ada di Raja Ampat.

Selat Lembeh, memiliki kurang lebih 92 titik untuk penyelaman yang tentunya memiliki pemandangan bawah laut yang luar biasa. Kalian bisa menyewa kapal untuk berkeliling di sekitar Selat tersebut.

Selain itu, kalian juga dapat melihat pemandangan dari Gunung Dua Saudara, kapal-kapal yang sedang menambat, dan tentunya biota laut yang spektakuler.

Memiliki beribu macam spesies bawah laut yang tentunya akan mengundang decak kagum kalian. Primadona atau biota yang terkenal di pulau ini adalah Mini Octopus. Kalian juga bisa berkunjung ke Taman Margasatwa Tandurusa bagi kalian yang ingin melihat berbagai macam aneka satwa yang ada di pulau ini.

3. Pulau Gangga

taman laut di Sulawesi - panduan liburan di sulawesi - yoexplore

image source : seputarsulut

Taman laut di Sulawesi yang berikutnya adalah Pulau Gangga. Inilah surga tersembunyi yang kami sempat sebutkan tadi. Pulau ini, lebih alami daripada Bunaken loh sahabat explorer. Sebagian masyarakat di sini berprofesi sebagai Nelayan, dan merekalah yang menjaga keasrian pulau ini. Banyak spot yang masih belum terjamah di pulau ini loh sahabat explorer. Bagi kalian yang suka backpacker-an dan menemukan spot baru dalam suatu wilayah, tentu sangat cocok untuk berkunjung ke pulau yang satu ini.

Pastinya, ini merupakan sebuah tempat yang sangat bagus bagi kalian yang menyukai kegiatan snorkeling dan diving. Selain itu, masih ada beberapa bunga-bunga karang yang belum terjamah. Tentunya, ini akan menjadi pemandangan yang sangat unik. Berbagai macam biota bawah laut juga tersedia di sini. Karena memang belum semua terjamah oleh orang banyak, maka kalian akan merasakan sensasi berdekatan dengan alam yang sangat luar biasa.

Oia, sekedar informasi, di pulau ini, hanya ada dua desa yang di diami oleh para penduduk lokal di sini loh. Kesempatan bagus untuk kalian berinteraksi dengan mereka, siapa tahu kalian akan menemukan lagi spot bagus yang tidak diketahui oleh turis lain!

Mumpung Masih Sepi, Yuk Berangkat!

Nah sahabat explorer, itulah beberapa taman laut di Sulawesi yang bisa kalian kunjungi. Sebetulnya terdapat banyak sekali pulau-pulau lainnya yang memiliki taman laut yang menakjubkan. Namun, seperti biasa, kami hanya memberikan tempat dengan pemandangan yang terbaik bagi kalian. Jadi, sudah siap untuk island hopping di Sulawesi? Share cerita kalian di kolom komentar kita ya! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar