Backpacker

Lagi, Pulau Tersembunyi di Indonesia Yang Memukau

wisata pulau dodola - panduan traveling, YOEXPLORE - yoexplore
image source : backpackerjakarta

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memang membentang dengan luas. Dari Pulau Banyak hingga Raja Ampat, semua lengkap dengan keindahan alamnya masing-masing. Mungkin, butuh waktu yang sangat lama untuk benar-benar menjelajah Indonesia secara keseluruhan. Tentunya juga harus memiliki kantong yang ekstra ya sahabat explorer. Namun, mungkin ada sedikit perbedaan dalam urusan kantong apabila kita pergi berwisata dengan konsep Backpacker. Nah, kali ini, ada destinasi wisata yang pasti bakal kalian suka banget deh nih para Backpackers. Tempatnya berada di wilayah Maluku, tepatnya Maluku Utara. Di sana, ada pulau yang bernama Pulau Dodola. Wisata Pulau Dodola, masih belum banyak diketahui oleh orang-orang loh. Dengan demikian, bagi kalian para backpackers silahkan jelajah pulau yang satu ini!

Baca juga : Kenapa Solo Traveling Itu Menyenangkan?

Wisata Pulau Dodola, Maluku Utara

Pulau Dodola, mungkin akan mengingatkan kalian akan cantiknya Pulau Maladewa. Itulah hebatnya Indonesia, kita juga punya Maladewa asli Nusantara. Warna biru laut yang jernih dan pasir putih yang sangat lembut, tentu akan memanjakan mata kalian. Dijamin, kalian akan betah untuk berlama-lama di sini. Kalau kalian berangkat dari Ternate, kalian masih harus melakukan penerbangan sekitar 45 menit ke Morotai. Setelah itu, kalian bisa pergi ke pelabuhan untuk berpindah menggunakan transportasi laut. Kalian bisa menaiki speed boat atau kapal Katinting untuk menyebrang ke Pulau Dodola. Bagaimana sahabat explorer? Kalau untuk ukuran Backpacker, ini mah gampang pasti ya, gak ribet sama sekali!

Oia, sekilas informasi, Pulau Dodola ini terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Uniknya, kedua pulau tersebut terpisah dan dijembatani dengan pasir apabila air sedang surut. Wah, unik banget ya sahabat explorer, jadi kalau kalian mau nyebrang dari Pulau Dodola Besar ke Pulau Dodola Kecil, kalian harus melihat situasi dan kondisi air laut ya, hehe. Namun, itu menjadi sebuah daya tarik, selain memiliki pantai yang sangat panjang seperti di Maladewa. Memang, misalkan laut sedang pasang, kalian tetap dapat melihat keindahan, tetapi pemandangan yang sangat unik adalah saat kalian dapat melihat lautan yang “terbelah” pada saat air sedang surut. Duh, rasanya gak sabar mau wisata Pulau Dodola deh sahabat explorer! Keren parah!

Jembatan Pasir Putih Yang Ajaib!

Untuk berpindah pulau (maksudnya dari Pulau Dodola Besar ke Pulau Dodola Kecil) kalian membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit, namun kalian pastinya akan terpana dengan keindahan gradasi warna laut yang sangat menyihir. Oia sahabat explorer, jangan lupa untuk bawa lotion anti nyamuk ya, karena di sana nyamuknya cukup ganas. Selain itu, terdapat juga situs bangkai kapal bekas perang dunia ke II. Bisa jadi pemandangan yang menarik juga nih tentunya sahabat explorer.

wisata pulau dodola - panduan traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source ; travelingyuk

Nah, kira-kira seperti ini nih sahabat explorer pemandangan laut yang “terbelah” di Pulau Dodola. Bagaimana? Indah banget bukan? Yang bagian atas itu Dodola Besar, dan yang bawah adalah Dodola kecil, pasir yang ditengahnya tersebut adalah “jembatan” yang muncul secara alami apabila air sedang surut. Jika air sedang pasang, maka yang terlihat hanya warna biru laut saja sahabat explorer. Masih mau menolak keindahan pulau yang satu ini?

Cek Juga : 6Hari 5 Malam Menjelajahi Pulau Komodo dan Flores

Sebenarnya, pengelola sekitar juga menyewakan jetski bagi kalian yang ingin mengelilingi pulau kecil tersebut. Namun, karena harganya yang lumayan mahal, maka pilihan terbaik adalah snorkeling atau diving. Pulau yang satu ini, memiliki 13 titik penyelaman yang tersedia di sekitaran pulau. Tentunya, pemandangan bawah lautnya juga spektakuler loh sahabat explorer. Bisa dibayangin kan, dari kejauhan saja sudah bisa terlihat gradasi warna air laut yang sangat jernih, bagaimana jika kalian menyelam? Tentu pemandangannya akan membuat kalian berdecak kagum!

Sabet Anugerah Pesona Indonesia 2017

Sahabat explorer, kira-kira seperti itulah wisata Pulau Dodola yang bagai surga tersembunyi. Pulau ini juga masuk dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017. Tentunya karena kecantikan alam yang dimilikinya. Udah pasti bakalan seru banget deh sahabat explorer kalau mau berkunjung ke sini. Kira-kira kapan kalian berangkat? Kalau sudah, share ceritanya di kolom komentar kami yah! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar