Berita

Penting! Berikut Adalah Aplikasi Untuk Work From Home Yang Bisa Kamu Gunakan!

aplikasi work from home - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: balckxperience

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, seperti yang kita sudah ketahui, bahwa pemerintah menganjurkan sistem kerja work from home atau yang disingkat dengan WFH. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran coronavirus atau Covid-19 di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia saja, hampir di seluruh dunia sekarang sedang menerapkan sistem seperti ini, sahabat explorer. Walaupun begitu memang tidak semua bisa WFH, terutama bagi mereka yang memang pendapatannya harian. Bagi kita yang bisa melakukan hal tersebut, alangkah baiknya kita menurutinya agar kampanye physical distancing ini semakin sukses untuk meredam penyebaran virus tersebut. Untuk itu, tentunya ada beberapa aplikasi work from home yang wajib kamu punya, sahabat explorer

Aplikasi Work From Home

Beberapa aplikasi yang akan kami sebutkan ini mungkin belum pernah kamu coba, sahabat explorer. Silahkan langsung diunduh ya! Semoga bisa memudahkan semua pekerjaan kamu selama masa #dirumahaja ! Berikut adalah aplikasi work from home :

Baca Juga: Apa Itu Airborne Disease? Bisakah Coronavirus Menular Dengan Itu?

1. Google Drive

Aplikasi pertama yang dapat memudahkan kamu work from home adalah Google Drive. Layanan penyimpanan yang berbasis cloud milik Google ini bisa menjadi aplikasi yang penting untuk berbagi data antar sesama karyawan dengan bermodalkan smartphone, laptop, dan tentunya paket data. Jadi, bagi kamu para pekerja di bidang desain grafis, manajemen olah data, sampai ke bagian administrasi penjualan pun bisa dengan mudah mengatur laporan harian secara remote dari rumah. 

2. VPN (Virtual Private Network)

Yang selanjutnya adalah VPN atau virtual private network. Sudah bukan rahasia lagi kalau aplikasi work from home yang satu ini memberikan rasa aman ketika bekerja di tempat yang berbeda-beda. Maka dari itu kamu perlu mengunduh aplikasi VPN ini guna untuk meng-enkripsi jaringan pribadi saat sedang bekerja di rumah. Kamu tentu tidak mau kan jika data-data perusahaan bocor ke tangan orang yang berada diluar instansi.

3. Workplace By Facebook

Bagi sebagian orang, mungkin banyak yang belum tahu dengan layanan Workplace by Facebook. Hal ini wajar, karena aplikasi work from home yang satu ini sejatinya memang mengambil fokus pasar untuk kalangan korporasi dan profesional di berbagai bidang. Namun, dengan adanya kebijakan yang  terkait dengan work from home dari pemerintah, tidak ada salahnya jika perusahaan tempat kamu bekerja mulai melirik platform media sosial pengirim pesan dan juga file ini untuk digunakan oleh seluruh karyawan. Akses Workplace by Facebook via Link berikut ini: https://web.facebook.com/workplace?_rdc=1&_rdr

4. Trello

Aplikasi Trello mungkin sudah akrab di telinga kamu, sahabat explorer, terutama bagi freelancer atau pekerja lepas. Salah satu manfaat dari aplikasi work from home Trello adalah fleksibilitasnya dalam menghubungkan sebuah tim dalam menyelesaikan masalah bersama-sama. Pola alur penggunaannya pun  juga cukup jelas serta menyenangkan, yakni terdiri dari board, list dan card.

5. Microsoft Team

Aplikasi berikutnya yang bisa membantu memperlancar aktivitas work from home kamu adalah Microsoft Teams. Hampir sama sistem kerjanya dengan Google Docs, layanan ini bisa menghubungkan seluruh karyawan dengan fitur-fitur yang handal. Misalnya seperti fasilitas pesan instan, panggilan suara, video call, pengiriman dokumen, dan yang lainnya. Proses penggunaannya pun juga cukup mudah karena sudah terintegrasi dengan paket Office 365. 

6. Discord

Discord adalah aplikasi pesan bagi kalangan gamers. Walaupun demikian platform ini masih cukup mumpuni ketika digunakan sebagai alternatif aplikasi untuk keperluan work from Home. Selain sudah terdapat fitur komunikasi seperti pesan teks, panggilan suara, panggilan video, dan juga pengaturan khusus sesuai job-desk, Discord juga memiliki keunggulan lain dalam hal kapasitas resource CPU yang digunakan. 

7. WhatsApp

Siapa yang tidak menggunakan aplikasi yang satu ini? Semua orang pasti sudah tahu ya, sahabat explorer. Melalui aplikasi work from home, WhatsApp, seorang manajer bisa lebih mudah mengatur anak buahnya dengan pola komunikasi yang lebih jelas serta mudah diakses. Jika diperlukan, kamu juga bisa mengirim file dokumen atau melakukan panggilan video dengan kualitas menakjubkan dan maksimal 4 orang. Selain itu, WhatsApp juga bisa diakses di desktop laptop atau PC kamu, sahabat explorer, kamu tinggal membuka web.whatsapp.com dan langsung scan barcode melalui menu Whatsapp Web yang ada di  smartphone kamu. 

8. Slack

Slack sudah lama dikenal sebagai aplikasi partner untuk para pekerja lepas atau freelancer. Kinerja dan fitur dari aplikasi work from home yang satu ini memang sangat powerfull untuk mendukung aktivitas work from home, terutama bagi para pekerja di bidang IT. Keunggulan lain yang akan kamu dapatkan jika menggunakan Slack adalah kemudahan untuk integrasinya yang bisa terkoneksi langsung dengan Dropbox, Google Docs, dan lain sebagainya. 

9. Zoom

Aplikasi yang satu ini sedang ramai dibicarakan dan digunakan saat masa work from home dimulai di Indonesia, sahabat explorer. Aplikasi work from home yang satu ini adalah salah satu aplikasi terbaik saat ini yang bisa kamu gunakan untuk menggelar video atau audio konferensi. Dengan aplikasi ini kamu tidak perlu khawatir jika ingin menggelar meeting dengan seluruh karyawan karena jumlah user maksimal bisa mencapai 1,000 partisipan. Kelebihan lainnya adalah dengan Zoom kamu bisa share dokumen agar bisa dilihat semua orang yang bergabung dalam video konferensi. 

10. Skype For Business

Yang selanjutnya adalah Skype For Business. Komunikasi merupakan hal yang paling krusial ketika bekerja dari tempat yang berlainan. Maka dari itu, kamu perlu aplikasi khusus seperti Skype for Business untuk kemudahan dalam panggilan suara, video, maupun transfer file ke banyak orang. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi Zoom, Skype for Business bisa kamu jadikan pilihan untuk mengantisipasi kebutuhan rapat dengan klien. Angka maksimal dalam partisipannya juga lumayan besar, yaitu mencapai 250 orang.

Sahabat explorer, itulah beberapa aplikasi work from home yang bisa memudahkan kamu dalam pekerjaan sehari-sehari selama masa karantina ini. Semoga artikel ini bermanfaat, tetap #dirumahaja , stay safe dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar