Berita

Berikut Adalah Bencana Alam Terdahsyat Yang Ada di Indonesia

bencana alam terbesar di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : tandapagar

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, bencana alam memang bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Tanpa ada pemberitahuan dan persiapan masyarakat yang ada di lokasi. Baru-baru ini negeri kita diterpa musibah Tsunami di Palu dan Dongala, Sulawesi. Kejadian yang cukup mengagetkan dan memakan banyak korban jiwa dan juga kerusakan bangunan yang cukup parah. Sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk saling membantu pada saat adanya musibah alam seperti ini terjadi. Indonesia memang negara kepulauan yang sangat besar, dengan demikian bencana alam seperti tsunami dan gempa itu rentan terjadi. Ada beberapa bencana alam terbesar di Indonesia yang pastinya sangat mengagetkan dunia. Bagi kalian yang belum tau ada apa saja, maka kebetulan sekali bisa membaca tulisan ini.

Bencana Alam Terbesar di Indonesia

Dalam artikel hari ini, YoExplore akan membahas mengenai bencana alam terbesar di Indonesia yang pernah ada. Bencana alam ini memakan korban yang sangat banyak, dan bahkan mempengaruhi wilayah negara-negara lainnya! Sungguh luar biasa sekali kejadian-kejadian ini sahabat explorer. Bencana alam tersebut menghancurkan infrastruktur, sarana sekolah, dan juga tempat tinggal para masyarakat. Mungkin ada beberapa dari kalian yang sudah pernah mengalami bencana alam dari skala yang kecil hingga yang besar. Semua hal tersebut merupakan sebuah risiko bila tinggal di Indonesia yang memang terdiri dari banyak pulau, gunung, dan juga dikelilingi oleh lautan samudera. Baikah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya ya sahabat explorer, ada apa saja sih bencana alam terbesar di Indonesia yang pernah ada? Cekidot ulasannya!

Baca Juga : Kuburan Ini Dijadikan Tempat Wisata di Tana Toraja

1. Gempa dan Tsunami Aceh

bencana alam terbesar di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribunbali

Bencana alam terbesar di Indonesia yang pertama adalah Gempa dan Tsunami Aceh pada tahun 2004 yang lalu. Siapa yang tidak tahu bencana yang satu ini? Bencana ini benar-benar luar biasa mengagetkan loh sahabat explorer. Bagaimana tidak, bencana ini terjadi pada siang menuju sore hari saat masyarakat Aceh sedang braktivitas seperti biasa.

Gempa dan Tsunami ini terjadi pada tanggal 26 Desember 2004, dimana gempa bumi berkekuatan 9,3 SR ini terjadi di kedalaman 30 meter di bawah dasar laut dan berjarak 100 km dari pantai barat Aceh. Gempa tersebut pada akhirnya menyebabkan gelombang Tsunami setinggi 9 meter yang kemudian menyapu wilayah Aceh. Bencana ini tak kurang menewaskan lebih dari 220.000 jiwa di Aceh.

Tidak hanya di Aceh saja, peristiwa ini juga memakan korban di Semenanjung Malaysia, Thailand, Srilanka, India, dan Pantai Timur Afrika. Gempa dan Tsunami Aceh ini merupakan bencana alam paling dahsyat dan paling banyak memakan korban jiwa dalam sejarah Indonesia.

Sekarang, Aceh telah bangkit dan membangun beberapa tempat untuk mengingat kejadian ini dan memberikan juga pelajaran kepada Masyarakat. Salah satunya adalah Museum Tsunami di Aceh itu sendiri.

2. Letusan Toba

bencana alam terbesar di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : netralnews

Bencana alam terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah letusan Gunung Toba. Bencana ini terjadi sekitar 77.000 tahun yang lalu. Letusan Gunung Toba ini memuntahkan setidaknya 3000 kilometer lava, yang setara dengan Danau Toba sekarang. Menurut para ahli saat ini, terungkap bahwa danau seluas 3000 kilometer ini hanyalah sebuah kaldera dari gunung berapi tersebut. Letusan Gunung Toba dipercaya sebagai salah satu letusan gunung terbesar sepanjang sejarah yang berhasil menurunkan populasi manusia secara drastis! Wah, gak kebayang deh berapa banyak korban jiwanya!

Letusan ini juga dipercaya terjadi selama berminggu-minggu, dengan demikian jumlah korban yang berjatuhan semakin tidak terkendali loh sahabat explorer. Kebayang gak sih kalau kalian hidup di zaman itu? Wah, pasti mengerikan banget ya, berbagai cara dilakukan agar tetap bisa selamat pastinya.

3. Letusan Krakatau

bencana alam terbesar di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : bbc

Bencana alam terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Letusan Gunung Krakatau. Lagi-lagi gunung, wajar karena Indonesia merupakan tempat tumbuhnya gunung berapi yang aktif. Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda, meletus pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Daya ledaknya bahkan 30.000 kali lipat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki di Jepang.

Bahkan, letusannya terdengar sampai ke negara Australia loh sahabat explorer! Letusan ini juga menyebabkan gelombang Tsunami dan awan panas yang menyapu pesisir Banten dan menewaskan setidaknya 36.000 jiwa.

Abu vulkanik yang disemburkan dari Gunung Krakatau ini mengakibatkan bumi sempat mengalami kegelapan hingga dua setengah hari lamanya. Hal ini dikarenakan sinar matahari tertutup oleh debu vulkanik tersebut. Waw! Luar biasa sekali ya sahabat explorer letusannya, sampai-sampai mengakibatkan kegelapan di Bumi. Ngeri banget deh pasti!

4. Letusan Gunung Merapi

bencana alam terbesar di Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : liputan6

Bencana alam terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Letusan Gunung Merapi. Mungkin, yang paling kita ingat saat meletusnya Gunung Merapi adalah pada tahun 2010 yang lalu. Letusan ini dibilang menjadi letusan terbesar dalam 100 tahun terakhir. Lokasi Gunung Merapi ini berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pada saat tahun 2010, erupsi Gunung Merapi ini memakan 200 korban jiwa termasuk Sang Kuncen yaitu Mbah Maridjan.

Namun, letusan Gunung Merapi juga pernah terjadi pada tahun 1930, dimana letusan tersebut merenggut sekitar 1.300 jiwa dan menjadi salah satu letusan terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang, dalam kurun 2-3 tahun sekali, gunung ini mengeluarkan letupan-letupan kecil hingga besar.

Bencana Alam di Indonesia

Sahabat explorer, itulah beberapa bencana alam terbesar di Indonesia yang pernah terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian. Jangan lupa untuk ceritakan pengalaman dan kisah unik traveling kalian dalam kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar