Berita

Sahabat Explorer, Ada Berita Baik Nih! Yuk, Coba Intip!

berita baik hari ini - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: guardian

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, beberapa hari terakhir kita telah membahas mengenai coronavirus atau Covid-19, baik dari gejala, obat, maupun himbauan pemerintah.a. Sekarang sudah waktunya kita membahas berita baik hari ini yang muncul dari beberapa hari yang lalu dibanyak grup Whatsapp, sahabat explorer. Banyak dari berita tersebut yang memang sudah benar, valid dan juga dipublikasikan oleh media-media online yang kredibel. 

Berita Baik Hari Ini

Kira-kira ada apa saja ya berita baik tersebut? Yuk, kita simak saja ulasannya!

1. Tes Massal Covid-19 Sudah Dilakukan Di Jakarta Selatan

Mari kita awali berita baik hari ini dengan informasi mengenai tes massal yang waktu itu diutarakan dalam himbauan Presiden Joko Widodo terkait penanganan coronavirus, sudah dimulai di wilayah Jakarta Selatan. 

Seperti yang dilansir dari detik.com, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, menjelaskan bahwa pemerintah tidak menargetkan daerah-daerah yang akan dilakukan rapid test virus Corona. Pemeriksaan rapid test menurutnya, hanya dilakukan berdasarkan data tracing pasien positif corona. Sehingga prioritasnya adalah orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif. 

“Prioritasnya bukan Jakarta, prioritasnya ialah pasien, kalau pasiennya memang banyak di Jakarta Selatan, ya, berarti di Jakarta Selatan. Tapi kan ada juga yang pasien yang memang tinggal di luar Jakarta, misalnya pasien yang ada di Solo, di Madiun, jadi bukan daerah ya, orientasinya adalah kepada orang yang sakit” kata Yuri. 

2. Wisma Atlet Siap Untuk Tampung Coronavirus

Walaupun sudah mulai berlaku pada tanggal 23 Maret 2020 yang lalu, namun yang satu ini juga menjadi berita baik hari ini yang mungkin belum kamu ketahui, sahabat explorer. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa persiapan Wisma Atlet Kemayoran untuk menampung Pasien Corona sudah siap 100 persen. Lokasi itu, kata dia, merupakan lokasi khusus bagi pasien corona kedua, setelah di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Kapasitas masing-masing terdapat 24 lantai dan siap untuk menampung 2000 pasien positif coronavirus. 

Sumber: tempo.co

3. Indonesia Sudah Memesan 500ribu Alat Tes Covid-19

Yang selanjutnya adalah mengenai alat tes coronavirus. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang farmasi dan juga agroindustri, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sedang melakukan kerjasama dengan China untuk mendatangkan alat pendeteksi virus Corona atau rapid test Covid-19.

Staf Khusus Menteri BUMN yaitu Arya Sinulingga menyatakan, bahwa rapid test tersebut akan segera diproduksi. Nantinya, deteksi gejala awal infeksi Corona bisa muncul hanya dengan dalam beberapa belas menit sampai 3 jam saja. Seperti yang dilansir dari liputan6.com, Indonesia memesan 500 ribu alat tes ini, sahabat explorer!

Source: liputan6.com

4. Keadaan Menteri Budi Karya Membaik

Kabar yang selanjutnya adalah mengenai Menteri Budi Karya yang sudah dinyatakan positif coronavirus minggu lalu sudah berada dalam keadaan yang membaik sekarang, sahabat explorer. Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman, saat sedang menghadiri diskusi bertajuk Ujian Kebersamaan Kita, pada hari Sabtu (21/3/2020) mengatakan, bahwa kondisi kesehatan Budi Karya berangsur-angsur membaik.

“Saya sempat dua hari lalu ke RSPAD, dan melihat dia semakin membaik situasinya. Seperti yang digambarkan oleh dokter di RSPAD,” kata Fadjroel.

Fadjroel juga menuturkan bahwa Budi Karya merupakan salah satu menteri yang berada pada garda terdepan saat pemerintah melakukan evakuasi WNI dari Wuhan, China.

Budi Karya, kata Fadjroel, juga menjadi ujung tombak saat pemulangan WNI dari  dalam 2 kapal terinfeksi corona, yaitu Kapal World Dream dan juga Kapal Diamond Princess.

Source: suara.com

5. Drive-thru Untuk Tes Coronavirus

Kabar yang selanjutnya adalah mengenai pemerintah yang akan mengkaji rencana Drive-thru tes coronavirus seperti di Korea. Pakar epidemi, dokter, sampai ke anggota Dewan menyerukan tes virus Corona secara masif agar segera dilakukan di Indonesia. Korea Selatan yang menjadi rujukan. Pemerintah menyatakan sudah mempunyai rencana menggelar drive-thru tes Corona ala Korea Selatan di Indonesia. Dengan adanya drive-thru tes Corona tersebut, warga bakal lebih mudah menjangkau tes tersebut, sahabat explorer. Korea bisa melakukan tes itu dengan ketersediaan test kit yang memang mereka produksi sendiri. Lalu bagaimana dengan test kit yang akan dipakai drive-thru tes Corona di Indonesia nanti? Achmad Yuri mengatakan bahwa test kit-nya juga berasal dari Korea.

Source: detik.com

6. Hotel Patrajasa Siap Menampung Pasien Coronavirus

Staf Khusus Menteri BUMN yaitu Arya Sinulingga membenarkan jika Kementerian BUMN sudah menyiapkan RS Pertamina Jaya dan juga Hotel Patra Jasa Jakarta untuk menampung pasien dalam pengawasan COVID-19. Jumlahnya sebanyak 155 tempat tidur yang sudah disiapkan untuk menampung para pasien tersebut. Menurutnya, rumah sakit khusus tersebut bakal dibekali dengan laboratorium diagnostik yang dapat juga mendeteksi virus corona, fasilitas radiologi, ruang gawat darurat dan juga ruang isolasi.

Source: tagar.id

Sahabat explorer, itulah beberapa berita baik hari ini yang bisa menjadi pencerah bagi kita semua dikala waktu yang sedang mencekam ini. Semoga Indonesia dan juga negara lainnya bisa cepat pulih dari wabah Covid-19! Tetap waspada, #dirumahaja dan stay safe, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar