Berita

Coronavirus Sedang Mewabah, Jaga Imunitas Tubuh Kita!

cara menjaga imunitas tubuh - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: merdeka

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, sudah semestinya memang kita setiap hari mencari dan menggali informasi terkait dengan coronavirus yang sedang mewabah di Indonesia. Hari demi hari jumlah orang yang terjangkit juga meningkat, namun tingkat kesembuhannya juga meningkat, sahabat explorer. Penting bagi kita sekarang untuk tetap waspada dan juga tidak panik berlebihan. Virus ini memang berbahaya, namun bukan berarti tidak bisa diantisipasi, sahabat explorer. Salah satunya adalah dengan cara menjaga imunitas tubuh kita agar virus tersebut tidak mudah masuk ke tubuh kita. 

Cara Menjaga Imunitas Tubuh

Ada berbagai cara agar kita tetap bisa menjaga imun kita agar tidak gampang sakit, sahabat explorer. Salah satunya adalah dengan konsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi. Dalam kesempatan kali ini, YoExplore akan memberikan rekomendasi makanan atau minuman agar dapat menjaga imun kita. Ingat ya, ini bukan obat atau makanan yang dapat mencegah Covid-19, namun hanya untuk menjaga imun kita dalam kondisi yang baik, sahabat explorer.  Kira-kira ada apa saja ya? Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya!

Baca Juga: Penting! Berikut Adalah Himbauan Kemlu Tentang Traveling Ke Luar Negeri Terkait Virus Corona

1. Konsumsi Bawang Putih

Bawang Putih adalah bahan anti-virus kuat yang dapat dikonsumsi secara mentah, dihaluskan atau dapat ditambahkan ke dalam sup dan salad kamu, sahabat explorer. Untuk membuat obat rumahan yang sederhana, campur bawang putih mentah dan cengkeh bersama dengan satu sendok makan madu mentah agar ada sedikit rasa manisnya. 

Cobalah untuk konsumsi makanan yang satu ini setiap hari, sahabat explorer. Ini merupakan cara menjaga imunitas tubuh yang terbilang mudah. Kenapa? Sudah jelas karena bawang putih ini mudah dicari. Tidak hanya di pasar, biasanya di warung sembako juga menjual bawang putih ini, sahabat explorer!

2. Berries

Yang selanjutnya adalah Berries. Makanan yang kaya akan zat resveratrol  seperti kacang tanah, pistachio, anggur, blueberry, cranberry, stroberi, dan bahkan dark chocolate juga bisa membantu melawan infeksi jamur, radiasi ultraviolet, stres, dan juga cedera. Makanan jenis ini juga melindungi tubuh kita dari serangan virus. Makanan ini juga mudah dicari di toko online, sahabat explorer

3. Minyak Kelapa

Yang selanjutnya adalah konsumsi minyak kelapa. Hindari variasi minyak yang lainnya dan gunakan minyak kelapa murni yang dingin atau mentah. Asam laurat dan asam kaprilat yang ada di dalam minyak kelapa tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus.

4. Jahe

Jahe dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Jahe memiliki sifat anti-virus. Selain itu jahe juga dapat mengurangi peradangan yang membantu mengurangi sakit radang tenggorokan dan radang lainnya dan juga dapat mengurangi rasa mual. 

5. Yogurt

Yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh kamu untuk membantu melawan penyakit. Cobalah untuk mengkonsumsi yogurt tawar daripada jenis-jenis yang banyak mengandung gula.

Kamu dapat memaniskan yogurt tawar dengan buah-buahan sehat dan madu. Yoghurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang baik, sahabat explorer.  Jadi, cobalah untuk memilih merek yang diperkaya dengan vitamin D yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan diduga meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap berbagai macam penyakit.

6. Buah Sitrus

Yang selanjutnya adalah buah sitrus. Cara menjaga imunitas tubuh yang satu ini juga terbilang ampuh, sahabat explorer. Kenapa? Karena jelas mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu membangun sistem imun tubuh. Buah sitrus yang populer biasanya adalah jeruk bali, jeruk, jeruk keprok, lemon, jeruk nipis, dan juga clementine. Karena tubuh KITA tidak memproduksi atau menyimpannya, kamu memerlukan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan. Hampir semua buah jeruk kaya akan namanya vitamin C. Dengan variasi yang bisa dipilih, kamu dapat dengan mudah untuk menambahkan perasan vitamin ini ke sajian makanan atau minuman kamu. 

Imbangi Juga Dengan Hal Berikut Ini

Selain konsumsi makanan atau minuman yang kami sebutkan di atas, ada beberapa cara menjaga imunitas tubuh yang lainnya. Misalnya dengan rutin berolahraga, tidak hanya bisa membuat tubuh kamu merasa lebih bugar, olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur juga dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.  

Perbanyaklah olahraga untuk melancarkan sistem peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu, sahabat explorer. Dalam memilih jenis olahraga, kamu bisa melakukan jenis olahraga yang mudah dan tidak terlalu berat seperti push up, sit up, lari dengan treadmil, sampai lompat tali selama 30 menit.

Yang lainnya adalah dengan istirahat yang cukup, hindari stress, dan jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih, sahabat explorer. Cara menjaga imunitas tubuh ini memang sangat penting terlebih dengan kondisi coronavirus yang sekarang sedang melanda negeri kita tercinta ini. 

Semoga artikel ini bermanfaat, sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya. Stay safe, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar