Berita

Jika Kamu Merasakan Gejala Ini, Segera Hubungi Rumah Sakit Rujukan!

Ciri-ciri terjangkit virus corona - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: cnn

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana perkembangan coronavirus atau Covid-19 di dunia khususnya di Indonesia. Berbagai macam upaya sedang dilakukan oleh pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat. Penyebaran virus ini memang sangat cepat, sahabat explorer, bahkan WHO sendiri sudah memberikan status pandemi global untuk coronavirus ini. Saking berbahayanya, orang yang tidak terlihat memiliki ciri-ciri terjangkit virus corona juga kemungkinan sudah tertular, sahabat explorer

Ciri-Ciri Terjangkit Virus Corona

Penting bagi kita semua untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri terjangkit virus corona. Yang mengerikan dari bagian ini adalah karena gejalanya seperti flu atau demam biasa, sahabat explorer. Oleh karena itu, kita harus tetap waspada dan menjaga imunitas tubuh kita agar tetap fit. Namun, kira-kira seperti apa sih ciri-ciri orang yang terjangkit virus corona tersebut? Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya!

Baca Juga: Cara Mencegah Virus Corona Menurut WHO

1. Hari ke-1 – Hari ke-2

Sebagian besar kasus yang terpapar virus corona tau COVID-19 ini baru hanya mengalami gejala ringan, hanya kurang lebih 20 persen pasien yang tingkatannya menjadi parah atau menjadi sakit kritis. Gejala awal atau ciri-ciri terjangkit virus corona ini terhadap seseorang biasanya dimulai dengan demam.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap hampir 140 pasien di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan mengidentifikasi pola yang khas gejala terhadap orang yang terpapar COVID-19 yakni sekitar 99% pasien mengalami suhu badan yang tinggi, sementara lebih dari setengahnya mengalami kelelahan dan juga batuk kering. Sekitar sepertiga juga mengalami nyeri otot dan kesulitan untuk bernapas. Jika kamu sudah merasakan gejala seperti ini, jangan keluar rumah ya, sahabat explorer!

2. Hari ke-5

Setelah gejala pada hari pertama sampai hari ke-4, biasanya muncul gejala lain seperti kesulitan untuk bernapas, sahabat explorer. Gejala ini muncul terutama bagi pasien yang sudah lanjut usia atau yang memang memiliki riwayat penyakit kronis lainnya. Segera ke dokter ya, sahabat explorer jika gejala seperti ini sudah mulai dirasakan. 

3. Hari ke-7

Seminggu pertama, gejala-gejala yang sebelumnya sudah disebutkan di atas biasanya akan semakin memburuk pada hari ke-7 ini, sahabat explorer. Kalau sudah seperti ini, biasanya pasien sudah harus langsung dilarikan ke rumah sakit agar dapat tindakan dari dokter dan tenaga medis yang lainnya. 

4. Hari ke-8

Pada titik ini, biasanya pasien dengan kasus yang parah (15 persen, menurut CDC China) akan mengalami ciri-ciri terjangkit virus Corona berupa gangguan pernapasan akut (Acute Respiratory Distress Syndrome atau ARDS), penyakit ini terjadi ketika cairan terkumpul di paru-paru. ARDS ini seringkali berakibat fatal, sahabat explorer. Jangan disepelekan penyakit yang satu ini, sahabat explorer!

5. Hari ke-10

Jika pasien memiliki gejala yang semakin memburuk, ini adalah waktu dalam perkembangan penyakit ketika mereka kemungkinan besar harus dirawat di dalam ruangan ICU, sahabat explorer. Pasien-pasien dengan ciri-ciri terjangkit virus Corona yang lebih parah ini mungkin lebih sering mengalami sakit perut dan juga kehilangan nafsu makan daripada pasien dengan kasus yang lebih ringan gejalanya. Namun hanya sebagian kecil saja yang meninggal: Tingkat kematian karena virus corona saat ini hanya berkisar sekitar 2%, sahabat explorer. Kita dianjurkan untuk tetap waspada, namun tidak panik. 

6. Hari ke-17

Rata-rata orang yang sudah sembuh dari gejala-gejala virus corona  ini akan diperbolehkan pulang dari rumah sakit setelah 2,5 minggu dan tentunya tidak melihatkan lagi gejala-gejala yang terkait, sahabat explorer

Sahabat explorer, itulah beberapa ciri-ciri terjangkit virus corona yang bisa kami sampaikan kepada kamu. Tetap waspada, dan selalu mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer atau dengan air mengalir dan sabun. Jangan lupa juga untuk menjaga pola hidup sehat agar imun kita tetap dalam keadaan yang baik, sahabat explorer

Semoga artikel ini bermanfaat, stay safe dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar