Berita

Tips Merawat Anggota Keluarga Yang Positif Covid-19 Untuk Isolasi Di Rumah

isolasi di rumah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: theglobeandmail

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, melihat bagaimana pandemi global coronavirus atau Covid-19 ini semakin serius, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk mengikuti anjuran-anjuran yang diberikan oleh pemerintah. Jumlah korban terinfeksi yang makin bertambah juga menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Dengan demikian, sudah menjadi kewajiban juga bagi kita untuk mematuhi anjuran untuk beraktivitas di dalam rumah dan menerapkan physical distancing agar mencegah penyebaran coronavirus lebih lanjut. Selain itu, pemerintah juga menganjurkan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang dinyatakan positif mengidap COVID-19 setelah melalui tes cepat (rapid test), tidak serta merta dirawat di rumah sakit. Tentunya dengan alasan tertentu yaitu bagi mereka yang hanya mengalami gejala ringan sampai sedang saja. Ada dari mereka yang diminta untuk melakukan isolasi  di rumah masing-masing.

Isolasi Di Rumah

Baca Juga: Berikut Adalah 7 Arahan Terbaru Jokowi Dalam Penanganan Virus Corona

Bagi mereka yang memang sudah positif Covid-19 dengan gejala ringan, bisa melakukan isolasi di rumah tentunya dengan keluarga yang saling membantu. Membantu dalam arti juga mematuhi pedoman yang diberikan ya, sahabat explorer. Mengingat sifat dari coronavirus atau Covid-19 ini yang mudah menular, tentu anggota keluarga yang membantu anggota keluarga lainnya yang terinfeksi harus tetap waspada agar tidak tertular. Anggota keluarga yang sehat bisa saja tertular apabila menghirup udara yang sama setelah pasien batuk atau bersin. Atau juga bisa tertular dari benda yang disentuh oleh penderita covid-19 dan disentuh oleh kamu yang sehat kemudian menyentuh wajah dan lupa untuk mencuci tangan setelahnya. Hal itu tentu bisa terjadi dikarenakan virus corona ini bisa bertahan lama di permukaan benda yang tersentuh, bahkan sampai berhari-hari, tergantung dari jenis barang. 

Kemudian petunjuk praktis seperti apa yang bisa dilakukan untuk merawat anggota keluarga yang positif Covid-19 saat isolasi di rumah tanpa khawatir ada anggota keluarga lain yang tertular?

Berikut adalah langkah-langkahnya, dan juga beberapa tips di sini sudah sesuai dengan rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Tips Merawat Anggota Keluarga Positif Covid-19 Di Rumah

  1. Siapkan kamar dan kamar mandi terpisah dari anggota keluarga lain. “Rumah adalah lingkungan bersama yang sangat kecil dengan kemungkinan besar adanya virus hadir”, kata Raphael Viscidi, pakar penyakit menular di John Hopkins Medical, Amerika Serikat. Pentingnya kamar dan juga kamar mandi sendiri karena  kedua ruangan tersebut memiliki banyak sekali permukaan yang bisa disentuh secara rutin, baik oleh penderita yang positif Covid-19 maupun anggota keluarga kamu yang sehat. Terutama bagian kamar mandi, di mana ruangan ini memiliki keran, gagang pintu, sampai ke wastafel yang sering dipegang.
  2. Batasi atau kalau perlu, larang tamu seperti kerabat, teman, tetangga untuk berkunjung sementara waktu isolasi di rumah tersebut dilakukan. 
  3. Jangan lupa beri pasien positif Covid-19 masker wajah apabila mereka terpaksa berdekatan dengan kamu atau anggota keluarga yang lainnya. Jika memang memungkinkan jaga jarak setidaknya satu meter dari anggota keluarga yang lain.
  4. Kamu dan juga anggota keluarga yang lain yang sehat, wajib menggunakan masker saat berada di dekat pasien.
  5. Usahakan juga udara untuk bisa keluar masuk dengan leluasa di rumah kamu, perbanyak ventilasi. Hal ini dikarenakan mudahnya virus Corona SARS-CoV-2 menyebar melalui partikel-partikel yang ada di udara.
  6. Pasien yang mengidap Covid-19 tidak memerlukan diet yang khusus. Namun, saat kamu mengantarkan makanan kepada pasien, kamu direkomendasikan untuk meninggalkan nampan berisi makanan tersebut di depan pintu saja. Mungkin memang terdengar kejam, namun ini salah satu cara yang terbaik untuk mencegah penularan virus corona ke anggota keluarga yang lain.
  7. Dalam situasi pasien Covid-19 harus keluar sendiri dan menuju dapur atau meja makan, kamu juga bisa siapkan nampan berisi makanan di atas meja. Setelah makanan disantap, kemudian bersihkan permukaan meja dengan disinfektan.
  8. Pisahkan semua peralatan makan si pasien dengan anggota keluarga yang lain, dan cuci semuanya sampai bersih, sahabat explorer
  9. Jangan berbagi pakaian, selimut, seprei atau apa pun dengan pasien pengidap Covid-19.
  10. Gunakan sarung tangan yang sekali pakai untuk melindungi diri kamu ketika harus mencuci baju, seprei, selimut atau apa saja yang digunakan oleh pasien Covid-19. 

 

Sahabat explorer, itulah beberapa tips untuk merawat anggota keluarga yang positif Covid-19 saat harus isolasi di rumah masing-masing. Tetap semangat, yang terpenting adalah kita harus berpikir positif dan optimis agar tidak mudah stres dan juga mempercepat proses penyembuhan.

Semoga artikel ini bermanfaat, tetap #dirumahaja, stay safe dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar