Berita

Berikut Adalah Langkah Antisipasi Bencana Banjir!

langkah antisipasi banjir - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia khususnya Jakarta sedang dilanda hujan yang deras sehingga menyebabkan banjir. Bisa dibilang banjir beberapa waktu yang lalu dan mungkin masih ada sampai artikel ini terbit terbilang cukup parah dibanding yang sebelumnya. Seperti yang kita ketahui kali ini banjir tidak hanya menyerang daerah Jakarta saja, di Bekasi dan Tangerang pun kondisinya juga memprihatinkan. Bantuan selalu berdatangan dan juga warga sudah mulai banyak yang dievakuasi. Ini merupakan pembelajaran bagi kita, bagi kalian yang juga daerahnya rawan bencana banjir, maka ada beberapa langkah antisipasi banjir yang harus dilakukan. Seperti yang kita ketahui, penyebab banjir bukan hanya intensitas hujan yang tinggi saja, namun juga air kiriman dari wilayah lain juga bisa menyebabkan banjir. 

Langkah Antisipasi Banjir

Langkah antisipasi banjir ini alangkah lebih kalian lakukan dari sekarang sahabat explorer. Kenapa? Karena kita masih berada di dalam musim hujan yang dimana puncaknya juga masih belum diketahui kapan. Dengan demikian lebih baik mencegah daripada barang-barang kita ludes semua sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya! Kira-kira ada apa saja ya sahabat explorer? Cekidot!

Baca Juga: Berikut Adalah Skater Paling Berpengaruh Di Dunia!

1. Amankan Soket dan Kabel Listrik

Langkah antisipasi banjir yang pertama adalah mengamankan soket dan juga kabel listrik yang ada di rumah sahabat explorer. Ingat sahabat explorer, mengamankan soket dan kabel listrik merupakan langkah antisipasi yang paling penting. Kalian tentu tahu bahwa listrik dan air tidak boleh bersatu ya sahabat explorer. Oleh sebab itu, periksa kembali soket-soket dan kabel listrik yang berada dekat dengan lantai.

Lepas semua kabel listrik tersebut ketika hujan mulai  datang dan air mulai menggenang agar kalian tidak panik saat banjir memasuki rumah. Kalian semua juga perlu menutup soket listrik dengan penutup tahan air agar tidak ada air yang bisa masuk.

2. Amankan Furnitur Yang Terbuat Dari Kain

Langkah antisipasi banjir yang selanjutnya adalah mengamankan furnitur yang terbuat dari bahan material kain sahabat explorer. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan sahabat explorer. Ungkapan yang satu ini juga berlaku ketika mengantisipasi rumah dari bencana banjir. Lebih baik kalian mengamankan furnitur kalian yang terbuat dari material kain daripada menyesal nantinya.

Umumnya, furnitur yang bahannya terbuat dari kain, seperti sofa, akan sulit dikembalikan seperti sedia kala jika sudah terendam banjir.

Kalian  perlu mencucinya dengan sabun khusus agar sofa tidak berbau apek ataupun berjamur.

Bahkan, jika sudah terendam cukup parah, sofa kalian perlu dibuang agar tidak menjadi sarang bakteri yang berbahaya untuk keluarga terutama anak-anak!

3. Pindahkan Benda Elektronik Ke Tempat Tinggi

Langkah antisipasi banjir yang selanjutnya adalah memindahkan benda elektronik ke tempat yang lebih tinggi sahabat explorer. Jika rumah kalian berada di wilayah yang sering dilanda banjir, ada baiknya jika kalian memindahkan benda-benda elektronik ke tempat yang lebih tinggi sebelum musim hujan datang.

Kalian tentu tidak ingin benda elektronik yang ada di rumah, seperti televisi, komputer, mesin cuci, dan juga benda lainnya rusak karena air kan? Selain rusak, benda elektronik yang terendam air juga bisa menyetrum yang dapat mengakibatkan kebakaran. Wah, yang ada jadi tambah kacau ya sahabat explorer!

Nah, cobalah memprediksi ketinggian banjir berdasarkan ketinggian banjir yang pernah terjadi sebelumnya, lalu letakkan benda elektronik di tempat yang lebih tinggi dari tinggi banjir tersebut.

4. Simpan Persediaan Makanan Instan dan Juga Simpan Dokumen Penting Di Satu Tempat

Langkah antisipasi banjir yang berikutnya adalah menyimpan persediaan makanan instan yang cukup banyak. Seperti yang kita ketahui, banjir datang begitu cepat namun tidak dengan bantuan dan evakuasi. Mungkin saja kita harus menunggu dulu beberapa jam atau bahkan beberapa hari agar banjir bantuan datang. Dengan demikian, supaya bisa bertahan hidup kalian harus menyediakan berbagai macam makanan instan untuk keluarga sementara bantuan belum datang. Ingat ya, simpan di tempat yang tinggi dan juga aman!

Selain itu yang tidak kalah penting adalah menyimpan dokumen-dokumen penting dalam satu tempat yang aman dari air atau banjir, kalau perlu di tempat yang tinggi sahabat explorer. Karena banjir bisa datang kapanpun sebelum kita bisa melakukan persiapan. Lebih baik lakukan dari sekarang saja ya sahabat explorer!

Sahabat explorer, itulah beberapa langkah antisipasi banjir yang bisa diberikan oleh YoExplore. Stay safe ya teman-teman semua! Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti bisa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar