Berita

Berikut Adalah 13 Fakta Tentang ASEAN!

negara pendiri ASEAN - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: asean

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, ASEAN adalah sebuah asosiasi untuk negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Asosiasi ini sendiri sekarang sudah berumur 52 tahun, sahabat explorer. Negara-negara pendiri ASEAN itu ada Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura. Berdasarkan sejarahnya, ASEAN ini lahir di Bangkok pada 8 Agustus 1967. Sekarang, ASEAN sudah memiliki 10 anggota negara tetap, dimana yang 5 lagi itu baru bergabung, sahabat explorer. Negara yang baru gabung tersebut adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar, Vietnam, dan Laos. Sebagai sebuah asosiasi besar yang terdiri dari 10 anggota negara tersebut, tidak heran jika ASEAN ini memiliki beberapa fakta yang luar biasa hebat, sahabat explorer

Negara Pendiri ASEAN

Seperti yang dilansir oleh straitstime, berikut adalah 13 fakta-fakta negara pendiri ASEAN tersebut. Mari langsung kita simak ulasannya yuk, sahabat explorer!

Baca Juga: 5 Tokoh Pendiri ASEAN

  1. ASEAN memiliki populasi terbesar dari setiap blok geopolitik. Populasi penduduknya mencapai lebih dari 628 juta orang atau hampir 10 persen dari populasi seluruh dunia, sahabat explorer
  2. Negara anggotanya memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) gabungan sebesar US$ 2,5 Triliun!
  3. Perekonomian ASEAN merupakan yang terbesar ketiga di Asia dan terbesar keenam di dunia, dengan tingkat pertumbuhan PDB regional lebih tinggi dari rata-rata global. 
  4. Lebih dari separuh penduduknya berusia di bawah 30 tahun.
  5. Memiliki gap yang besar dalam ukuran populasi. Perbedaan tersebut dapat terlihat dari jumlah penduduk Brunei yang hanya 417.000 jiwa dan penduduk Indonesia yang jumlahnya mencapai 255 juta jiwa. 
  6. PDB Indonesia masih tiga kali lebih besar daripadai gabungan PDB Vietnam, Kamboja, Laos, dan Myanmar. PDB Indonesia itu sendiri juga mendekati PDB Malaysia, Thailand dan Singapura. PDB Indonesia pada tahun 2016 mencapai US$933 miliar. 
  7. Pengekspor teratas ke pasar di ASEAN adalah Singapura, diikuti oleh Malaysia kemudian Thailand. Meski menjadi ekonomi terbesar di ASEAN, Indonesia berada di posisi keempat sebagai eksportir ke ASEAN.
  8. Thailand tetap menjadi negara adidaya perihal manufaktur di Asia Tenggara, dengan lebih dari 420.000 perusahaan manufaktur. Kamboja memiliki 71.000 perusahaan, Vietnam 63.000 dan kemudian Indonesia dengan 24.000 perusahaan.
  9. Ada 227 perusahaan di ASEAN dengan pendapatan di atas US$1 miliar.
  10. Ada perbedaan pendapatan per kapita yang sangat besar, mulai dari US$1,245 di Myanmar sampai dengan US$52.000 di Singapura.
  11. Secara keseluruhan, index daya saing sudah membaik. Menurut Laporan Daya Saing Global Forum Ekonomi Dunia 2016-2017, Singapura berada di peringkat (2) Malaysia (18), Thailand (32), Indonesia (37), Filipina (47) Dan Vietnam (56). 
  12. Di negara ASEAN, Malaysia mengirimkan jumlah siswa terbanyak untuk studi ke luar negeri yaitu sebanyak 53.000 pelajar, diikuti oleh Vietnam dengan 52.000 pelajar kemudian Indonesia dengan 33.000 pelajar.  
  13. Malaysia dan Thailand menduduki peringkat teratas sebagai tempat wisata favorit bagi wisatawan internasional. Malaysia (27 juta)  dan Thailand (24 juta) wisatawan.

Semoga Pariwisata Indonesia Menjadi Yang Terbaik!

Sahabat explorer, itulah 13 fakta negara pendiri ASEAN yang YoExplore rangkum untuk kalian. Kira-kira untuk urusan tempat wisata favorit, dalam 10 tahun ke depan bisa gak ya Indonesia menjadi posisi yang teratas? Kita doakan saja, ya, sahabat explorer!

Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar