Berita Jawa Tengah

Catat Tanggalnya! Demi Perbaikan Ekosistem Gunung Merbabu Tutup Sementara!

penutupan gunung merbabu - yoexplore - yoexplore.co.id
image source : trubus

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mendaki gunung memang menjadi salah satu hobi dan bahkan profesi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Terang saja, gunung di Indonesia itu sangat banyak, mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, hingga Papua. Pulau Jawa memang bisa dibilang sebagai surganya para gunung. Gunung-gunung banyak tumbuh di Pulau Jawa ini sahabat explorer, hampir di setiap kotanya ada gunung, kecuali Jakarta ya! Hehe. Tidak heran mengapa banyak sekali para pendaki di Indonesia. Salah satu gunung yang sering didaki oleh para pendaki tersebut adalah Gunung Merbabu. Banyak yang bilang, gunung yang memiliki ketinggian 3.145 Mdpl ini merupakan gunung terindah di Jawa. Gunung ini selalu ramai dikunjungi oleh para pendaki dari berbagai macam daerah. Selain karena keindahannya, menaklukkan puncak dari gunung ini juga menjadi tantangan sendiri bagi para pendaki tersebut. Namun, akhir-akhir ini ada berita mengenai penutupan Gunung Merbabu sahabat explorer. Sudah dengar belum?

Penutupan Gunung Merbabu Sementara

Tentu saja ini menjadi informasi penting bagi kalian yang memang memiliki rencana untuk mendaki gunung tersebut setelah lebaran nanti atau mungkin dalam waktu dekat ini. Penutupan ini murni karena alasan perbaikan jalur pendakian, dan juga pemulihan ekosistem Taman Nasional Gunung Merbabu. Surat ini resmi dikeluarkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia. Penutupan akan dimulai pada tanggal 20 Mei 2019 sampai dengan 20 Juni 2019. Berikut ini adalah foto dari surat resmi penutupan Gunung Merbabu tersebut.

Baca Juga : Api Biru Kawah Gunung Ijen

penutupan gunung merbabu - yoexplore - yoexplore.co.id

image source : yoexplore.co.id

Dengan adanya penutupan dengan surat resmi ini, pemerintah memohon kerjasamanya dengan seluruh pendaki, porter, dan juga pengelola basecamp untuk mengindahkan dan mentaati aturan yang diberlakukan ini. Penutupan ini dilakukan untuk penyegaran wilayah agar menjadi lebih baik untuk para pendaki juga sahabat explorer. Sebagai alternatifnya, kalian bisa mengunjungi Gunung Ijen yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk pemandangan jauh tidak kalah keren! Bahkan ada kawah Blue Fire yang merupakan fenomena alam yang hanya ada 2 di dunia! Gak bakalan nyesel deh kalau berkunjung ke kota paling timur Pulau Jawa ini, keindahannya layak disandingkan dengan Bali!

Gunung Lain Masih Bisa Didaki!

Sahabat explorer, itulah berita resmi penutupan Gunung Merbabu yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Melalui surat yang dikeluarkan oleh Kementrian di Boyolali, semoga menjadi perhatian khusus bagi kalian terutama para pendaki. Masih banyak gunung lain di Indonesia yang menantang dan tidak kalah menarik pemandangan indahnya. Semoga tulisan ini bermanfaat, seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berpuasa dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar