Berita Nusa Tenggara Timur

Rencana Penutupan TN Komodo Semakin Nyata, Kalian Setuju?

penutupan pulau komodo - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : beritasatu

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, siapa sih yang tidak mengakui keindahan dari Taman Nasional Komodo atau biasa disebut dengan Pulau Komodo? Tentunya semua orang yang pernah berkunjung, pasti akan mengakui keindahannya. Labuan Bajo memang menjadi salah satu destinasi wisata yang memang sedang digalakkan oleh pemerintah selain Banyuwangi. Keindahan alam dan juga panorama lainnya menjadi daya tarik tersendiri yang wajib dikunjungi oleh para traveler. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, beredar rumor bahwa ada rencana penutupan Pulau Komodo. Lebih spesifik lagi, rencana penutupan ini memang dikhususkan untuk urusan wisata. Mungkin menjadi sebuah kabar yang buruk bagi para traveler, terutama bagi mereka yang belum pernah mengunjungi Taman Nasional Komodo.

Penutupan Pulau Komodo

Memang ada apa sih sampai ada rencana untuk penutupan Pulau Komodo? Seperti informasi yang dilansir oleh kompas.com, penutupan ini direncanakan karena murni alasan penjagaan habitat. Perlu diketahui, bahwa Taman Nasional Komodo berada di wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur), Kabupaten Manggarai Barat. Namun, informasinya menyebutkan bahwa penutupan ini hanya sementara saja kok sahabat explorer, walaupun belum ada informasi detail kapan akan dibuka kembali. Kira-kira kalian sudah pernah berkunjung ke sana belum nih sahabat explorer? Kalau belum, mumpung sekarang masih buka, langsung berkunjung aja gih! Soalnya, ini merupakan salah satu situs warisan dunia yang sudah diakui oleh UNESCO loh. Kapan lagi melihat habitat asli dari hewan predator langka yang satu ini? Jangan sampai tidak ya sahabat explorer!

Baca Juga : Menikmati Liburan Keluarga di Lampung Tengah

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berencana untuk membentuk Tim Terpadu untuk melakukan observasi dan kajian tentang rencana penutupan Pulau Komodo untuk sementara. Rencana ini sudah disepakati oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), bersama dengan Pemprov (Pemerintah Provinsi) Nusa Tenggara Timur, dan pemerintahan Kabupaten Manggarai Barat. Rapat ini sudah dilakukan pada 6 Februari 2019 yang lalu.

Tim Terpadu Mulai Beroperasi Pada Juli 2019

Setelah tim ini usai dibentuk, kira-kira mereka akan mulai beroperasi pada bulan Juli 2019 nanti. Direktorat Jenderal KSDAE, Wiratno memberi penjelasan bahwa semua pihak sudah bersepakat bahwa Taman Nasional Komodo merupakan situs warisan dunia yang benar-benar harus dikelola dengan baik, dan juga dengan prinsip kehati-hatian. Wajar saja ya sahabat explorer, karena ini cuma ada satu di dunia loh! Bagaimana tidak bangga menjadi warga negara Indonesia karena memiliki kekayaan ini?

“Perlu dilakukan perbaikan tata kelola, khususnya terkait dengan pengamanan dan perlindungan satwa Komodo dan juga termasuk ketersediaan mangsanya, terutama rusa”. Ungkap Wiratno dalam wawancara bersama kompas.com

Nantinya, Tim Terpadu akan memberikan rekomendasi kepada KLHK mengenai Taman Nasional Komodo melalui Direktorat Jenderal KSDAE di bulan Agustus 2019 mendatang. Kira-kira bagaimana sahabat explorer memandang kebijakan penutupan Pulau Komodo ini? Positif atau tidak?
Tentunya, rekomendasi yang diserahkan ke KLHK tersebut sesuai dengan pertimbangan ilmiah dan juga beberapa kondisi tertentu. Untuk menjaga habitat hewan yang satu ini, memang dibutuhkan berbagai macam hal yang ekstra nih sahabat explorer. Demi menjaga kelangsungan dari hewan asli Indonesia ini.

Pemasaran Wisata Tetap Bisa Berjalan, Namun di Luar Pulau Komodo

Apabila Tim Terpadu merekomendasikan penutupan, maka kegiatan pemasaran destinasi wisata yang sudah dilakukan, tetap bisa berjalan namun di luar dari Pulau Komodo. Dengan kata lain, kalian tetap bisa mengunjungi Labuan Bajo, namun tidak ke Pulau Komodo nih sahabat explorer. Seperti yang utarakan oleh Bapak Wiratno, “Rencana penutupan Pulau Komodo, memang hanya pada Pulau Komodo saja, jadi tidak semua kawasan Taman Nasional Komodo”. Mungkin pernyataan barusan merupakan angin segar bagi para traveler khususnya di Indonesia. Soalnya, keindahan alam dari Taman Nasional Komodo tidak terletak pada Pulau Komodo saja. Ada Pulau Padar, dan pulau-pulau kecil lainnya yang tidak kalah menakjubkan!

Dikutip dari Antara.com, rencana penutupan Pulau Komodo baru bisa dilakukan setelah adanya keputusan dan hasil observasi dari Tim Terpadu. Andaikan sudah benar-benar terjadi, maka penutupan akan dimulai per Januari 2020. Hmm, sepertinya memang harus buru-buru ke sini ya sahabat explorer. Karena belum ada kejelasan juga andaikan sudah ditutup akan memakan waktu berapa lama supaya dibuka kembali.

Berangkat ke Pulau Komodo Sebelum Resmi Tutup!

Bagi kalian yang belum mengunjungi tempat ini, langsung pesan perjalanan kalian dari sekarang ya, sebelum diresmikan tutup sementara oleh pemerintah! Nikmati keindahan dari Taman Nasional Komodo dan juga Labuan Bajo.

Semoga artikel ini bermanfaat, seperti biasa jangan lupa untuk membagikan cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar