Bali Makanan Dan Minuman

Jajanan Pasar yang Unik di Bali

Jajanan Pasar di Bali - YOEXPLORE.co.id

YOEXPLORE.co.id – Saat berkunjung ke suatu daerah, selain keindahan alam serta keragaman budayanya, ada satu hal yang sobat explorer gak boleh lewatkan. Menikmati kuliner setempat merupakan salah satu agenda wajib saat berlibur. Gak terkecuali pas sobat explorer mengunjungi Pulau Dewata. Kali ini kita akan ngulik-ngulik makanan khas Bali, tapi yang gak berat-berat amat, hehehe. Kita akan ngebahas beberapa jajanan pasar di Bali yang bisa sobat coba pada saat berkunjung ke Bali.

1. Jaje Laklak

 

Jajanan Pasar di Bali - YOEXPLORE.co.id

Jaje (huruf e diucapkan seperti dalam kata “betul”) artinya jajan. Laklak adalah kue yang dibuat dari tepung beras dan dibuat di atas cetakan yang terbuat dari tanah liat. Ada dua jenis Laklak yang bisa sobat explorer temui di Bali: Laklak Putih dan Laklak Gadang (hijau). Perbedaanya  sih hanya pada warna dan proses pembuatannya. Saat membuat Laklak Gadang, adonan dicampur dengan air daun suji dan daun pandan. Penyajian Kue Laklak dengan ditambahkan parutan kelapa dan gula merah cair. Cocok banget nih untuk teman minum kopi atau teh.

2. Jaje Bendu

Jajanan Pasar di Bali - YOEXPLORE.co.id

Jaje yang satu ini sudah agak langka lho sobat explorer. Jaje Bendu dibuat dari tepung ketan dan kelapa. Cara membuatnya adalah dinyayah (disangrai). Setelah Jaje ini matang, kemudian diberi unti. Setelah dibentuk, Jaje Bendu dibungkus dengan daun pisang. Kebayang dong rasanya, gurihnya tepung ketan dan unti gula merah yang bikin kita merasa gak cukup kalo cuma makan satu, hehehe.

3. Jaje Bantal- Jajanan pasar di Bali

jajaban Pasar di Bali - YOEXPLORE.co.id

Yang ini bukan bantal yang dipake tidur ya sobat explorer. Jaje Bantal ini dibuat dari beras ketan, kelapa, dan gula pasir. Bahan tersebut dimasukkan dalam sebuah tempat yang dibuat dari janur lalu diikat dan direbus hingga 3 sampai 4 jam. Selain ketiga bahan tersebut, beberapa bahan yang dipakai sebagai isian adalah pisang, kacang merah, dan jagung manis. Kebayang kan sobat explorer betapa legitnya si Bantal ini.

4. Jaje Pasung

Jajanan Pasar di Bali - YOEXPLORE.co.id

Satu lagi jajanan pasar di Bali yang punya nama unik. Pasung yang satu ini bukan diikat kakinya ya sobat explorer, tapi kue yang dibuat dari tepung ketan. Selain tepung ketan, bahan lain yag dipakai adalah kelapa dan gula merah. Gula merah diiris tipis lalu dimasukkan sebagai filling-nya. Setelah dikukus, gula merah akan mencair dan sobat explorer harus makan kue ini dengan hati-hati karena si gula kelapa cair bisa muncrat kemana-mana.

 

5. Jaje Sumping

Jajanan Pasar di Bali - YOEXPLORE.co.id

Setidaknya ada tiga jenis Sumping yang bisa kita temui di Bali. Ada Sumping Biu atau Sumping dengan isian pisang yang serupa  dengan Kue Nagasari di Jawa. Sumping Waluh adalah Sumping yang diisi dengan labu manis yang dikukur. Karena si labu ini berwarna oranye, maka Sumping Waluh ini juga punya warna yang menarik lho sobat explorer. Yang ketiga adalah Sumping Kacang. Dari namanya, kita sudah bisa menebak isi dari jajanan yang satu ini. Yes, isinya adalah kacang merah. Bedanya dengan Sumping pisang dan Sumping Waluh adalah adonan tepung berasnya dicampur dengan gula merah. Gimana sobat explorer, pengen atau pengen banget nyobain trio sumping ini?

6. Jaje Bali

Jajanan Pasar di Bali - YOEXPLORE.co.id

Yup, ini dia yang paling enak. Jaje Bali sendiri merupakan beraneka jenis kue yang dihidangkan menjadi satu porsi. Isi dari seporsi Jaje Bali bisa bermacam-macam, tapi yang paling umum berisi Jaje Kukus (ketan atau ketan hitam yang dikukus), Laklak, Lukis (jajan ketan yang berbentuk segi tiga), Pisang Rai, dan Giling-giling (kue yang  bentuknya bulat panjang dan meruncing di kedua ujungnya). Semua jaje itu dihidangkan dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair. Dijamin sobat explorer bakalan ketagihan setelah nyobain makanan yang satu ini.

Nah itu dia beberapa jajanan pasar di Bali. Sobat explorer dapat menemukan jajanan ini di berbagai tempat,mulai dari pasar tradisional hingga beberapa restoran juga menyajikan jajanan ini.  Jangan lupa saat menjelajahi Bali untuk menyempatkan diri menikmati jajanan unik tersebut

Tentang penulis

Ketut Cakra

Ketut Cakra

Hi, para sahabat explorer! Saya adalah Account Executive di YoExplore, bertanggung jawab untuk membangun kemitraan dengan mitra YoExplore, baik Merchant maupun Agen. Saya tinggal di Bali, so, kamu bakalan banyak membaca tulisan saya tentang Bali dan tempat-tempat asyik lainnya di Bali! Selamat membaca!

Tinggalkan komentar