Jawa Tengah

Ada 4 Tempat Terbaik Untuk Menikmati Sunrise di Dieng!

tempat sunrise di dieng - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : ladypinem

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, nama Dieng dari tahun ke tahun memang semakin naik saja. Pemandangan  gunungnya yang spektakuler dan juga dalam setahun diramaikan dengan berbagai macam festival, berhasil mengundang banyak wisatawan. Baik lokal maupun asing, tujuan mereka yang datang ke sini bermacam-macam, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga ke wisata sejarah. Pemandangan alam di Dieng yang masih asri memang menjadi panorama andalan dari salah satu tempat yang masuk ke dalam wilayah Jawa Tengah ini. Apabila membahas mengenai gunung atau dataran tinggi, maka tidak lepas dengan yang namanya sunrise atau matahari terbit. Ada banyak tempat sunrise di Dieng yang bisa kalian nikmati selama berlibur di sini. Dijamin tidak akan kalah dengan pemandangan sunrise yang ada di Bromo deh sahabat explorer.

Tempat Sunrise di Dieng

Tentunya, kalau mau melihat sunrise dengan jelas, kalian harus mengorbankan berbagai macam hal. Seperti bangun pagi-pagi buta, lalu rela trekking menuju tempat sunrise tersebut terlihat dengan jelas. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas beberapa tempat sunrise di Dieng yang bisa kalian kunjungi. Baik bersama teman, keluarga, atau bahkan pasangan kalian. Selagi di Dieng, kalau bisa datangi semuanya ya sahabat explorer, karena pemandangan alamnya berbeda dan cantik-cantik. Pasti bakalan memanjakan mata kalian banget deh! Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Berani Mencoba Yang Namanya Wisata Horor?

1. Gunung Pakuwaja

tempat sunrise di dieng - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: journesia

Tempat sunrise di Dieng yang pertama adalah mengunjungi Gunung Pakuwaja. Gunung atau Bukit Pakuwaja ini merupakan salah satu puncak tertinggi yang ada di kawasan Dieng. Waktu tempuh yang singkat dan juga jalur dan medan yang bersahabat menjadi sebuah keunggulan dan keuntungan bagi para wisatawan untuk menuju summit dari gunung ini.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.410 meter dari atas permukaan laut dan menjadi salah satu gunung yang memiliki pemandangan sunrise terbaik di Dieng. Selain itu, tempat wisata ini juga masih terbilang cukup sepi dan nyaman sahabat explorer. Tidak terlalu banyak pendaki yang mencoba tantangan untuk menuju puncak gunung Pakuwaja ini sahabat explorer, mungkin karena medannya kurang menantang kah? Yang tau boleh jawab di kolom komentar ya!
Setelah menikmati keindahan sunrise yang luar biasa, kalian bisa melihat pemandangan lainnya yang tidak kalah cantik dari ketinggian ini. Pokoknya dijamin betah deh berlama-lama di puncak gunung yang satu ini!

2. Gardu Pandang Tieng

tempat sunrise di dieng - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : penginapandieng

Tempat sunrise di Dieng yang bisa kalian kunjungi selanjutnya adalah Gardu Pandang Tieng. Tempat yang satu ini berlokasi di Desa Tieng sahabat explorer, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Gardu pandang ini memang merupakan tempat yang sudah terkenal dikalangan wisatawan sahabat explorer. Pemandangan yang disajikan itu luar biasa banget deh.

Bagi kalian yang memang malas mendaki pegunungan di Dieng, maka kalian bisa mengunjungi tempat yang satu ini. Tentu lebih rendah dibanding yang lain, karena hanya memiliki ketinggian sekitar 1.789 meter dari atas permukaan laut. Kelebihannya adalah tempat yang satu ini sangat mudah untuk dicapai sahabat explorer, selain itu juga pemandangan sunrise-nya tidak kalah cantik dengan yang lainnya! Gak percaya? Silahkan kunjungi aja dulu, dan buktikan sendiri keajaibannya!

3. Bukit Skoter

tempat sunrise di dieng - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; wisatadieng

Tempat sunrise di Dieng yang selanjutnya adalah Bukit Skoter. Memang Dieng ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk para pemburu matahari terbit sahabat explorer. Spot-nya banyak banget! Pemandangannya juga berbeda dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Salah satunya adalah Bukit Skoter ini!

Bukit yang satu ini memiliki ketinggian 2.150 meter dari atas permukaan laut. Tentunya, pemandangan yang disuguhkan ini sangat luar biasa sahabat explorer. Dari Desa Dieng Kulon, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai tempat yang satu ini.

Termasuk salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Karena jaraknya yang singkat tersebut lah maka kawasan bukit ini cukup ramai dikunjungi masyarakat.

Dengan adanya sedikit rumput ilalang tersebut, menambahkan konsep dramatis pada foto kalian sahabat explorer! Kalau lagi menikmati sunrise jangan lupa untuk siapkan baterai kamera kalian ya! Karena gak mungkin 5 sampai 10 kali doang foto-fotonya!

4.  Bukit Sikunir

tempat sunrise di dieng - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : lensanasrul

Tempat sunrise di Dieng yang selanjutnya adalah mengunjungi Bukit Sikunir. Dieng memang termasuk dalam wilayah dataran tinggi sahabat explorer, oleh karena itu jangan heran dengan banyaknya spot cantik untuk melihat sunrise ya. Keindahan bukit yang satu ini tidak kalah indah dengan pemandangan Bukit Panguk, Jogja dan juga Puncak Becici sahabat explorer. Bahkan, keunikan yang lainnya adalah kalau Bukit Sikunir ini berada di wilayah desa tertinggi di Indonesia!

Namanya adalah Desa Sembangun yang berada di ketinggian 2.306 meter di atas permukaan laut. Wah, kayaknya seru banget ya sahabat explorer mengunjungi desa yang satu ini! Jalur untuk mencapai puncak bukitnya juga bersahabat kok, jadi kalian tenang saja. Ini termasuk salah satu puncak terindah di Indonesia, maka dari itu kalian wajib banget mengunjungi Bukit Sikunir ini ya sahabat explorer! Jangan lupa fotonya tag ke Instagram YoExplore!

Wisata Dieng Bersama YoExplore

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat sunrise di Dieng yang bisa kalian kunjungi. Pokoknya dijamin tidak ada satupun yang mengecewakan deh! Masih ada juga tempat lainnya seperti di Gunung Prau, Bukit Sidengkeng dan lain-lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Selain itu, download juga aplikasi Qloti di tautan ini ya!

Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar