Destinasi Laos

Berlibur ke Kota Wisata Luang Prabang Laos

Luang Prabang - Panduan Liburan YoExplore - thelondonfoodie
Image source: thelondonfoodie

Laos, Panduan Liburan YoExplore – Kalau disuruh memilih liburan ke salah satu negara ASEAN, kamu akan memilih negara apa? Mungkin banyak dari kamu nggak kepikiran mau berlibur ke Laos. “Ada apa sih di Laos?”, “Emang bisa kemana di Laos, kayaknya nggak pernah dengar rekomendasi destinasi wisata di Laos”. Nah, mungkin inilah alasannya kenapa sahabat explorer nggak berani membuat keputusan yang mantap untuk menjelajahi Laos. Maka dari itu, YoExplore akan memberikan Panduan Liburan di Laos. Ada banyak tempat yang worth to visit di negara ini, tapi kita akan secara khusus berwisata ke kota tua Luang Prabang. Namanya bisa aja masih asing di telinga kamu, tapi di akhir artikel ini kamu akan dibuat takjub dengan segala keunikan kota ini. Siapkah kamu?

Bukan Kota Tua Biasa

Luang Prabang - Panduan Liburan YoExplore - thelondonfoodie

Image source: thelondonfoodie

Yup, memang benar Luang Prabang adalah kota tua. Tapi, kota tua ini bukan kota tua biasa, loh! Kota yang terletak di utara Laos ini dulunya merupakan ibukota Kerajaan Laos. Kemudian Kerajaan Laos terpecah dan kekuatan militer kerajaan ini menjadi melemah di abad ke-16. Di tahun 1887, Perancis memberikan bantuannya dan hal inilah yang menyebabkan banyaknya bangunan-bangunan bergaya Perancis bermunculan di tengah bangunan tua. Hingga akhirnya di tahun 1975, revolusi terjadi oleh pemerintah komunis Laos yang mengambil alih Luang Prabang.

Kota tua tapi bukan berarti nggak nyaman untuk ditinggali. Disini kamu akan menikmati berkeliling kota karena kondisi jalanan yang bersih dan rapi. Melihat pemandangan bangunan dengan sentuhan gaya Perancis dan rumah tradisional khas kota Luang Prabang juga merupakan hal yang lumrah kalau kamu berkeliling kota ini. Kesan kota tua juga akan kamu dapatkan dari kuil-kuil Buddha yang sudah sangat tua dan tersebar di kota ini.

Atraksi Wisata Khas Luang Prabang

Luang Prabang - Panduan Liburan YoExplore - planetjanettravels

Image source: planetjanettravels

Kalau Indonesia punya Bali yang adalah kota wisata religi, maka Laos punya Luang Prabang. Tradisi sakral yang telah menjadi atraksi wisata di kota ini adalah Upacara Sai Bat atau sering juga disebut Alms Giving Ceremony. Dalam upacara ini, warga lokal akan memberi sedekah berupa nasi ketan, buah, dan camilan tradisional kepada biksu yang berjalan mengitari kota. Kamu bisa menyaksikan upacara ini setiap harinya sekitar pukul 05:00 waktu setempat. Dan ingat untuk tetap menjaga tata karma karena atraksi wisata ini tetap merupakan ritual keagamaan di kota ini.

Selain ritual sedekah, kamupun bisa menikmati atraksi wisata lainnya yaitu pasar malam. Pasar Malam Luang Prabang dijamin akan menambah semaraknya liburan kamu di malam hari. Pasar malam dengan luas 1 km ini mempunyai lebih dari 300 warung yang menjual cinderamata dan kerajinan tangan khas Laos. Eits, selain membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang, jangan lupa juga mencoba makanan lokal yang dijual di pasar ini. Dan seperti pasar malam kebanyakan, aksi tawar-menawar jangan sampai kamu lewatkan yah!

Baca Juga: Bersenang-Senang di Laos Bersama Keluarga

Pesona Alam Luang Prabang

Luang Prabang - Panduan Liburan YoExplore - explorateurvoyages

Image source: explorateurvoyages

Setelah banyak membahas tentang sejarah, kebudayaan dan bangunan di Luang Prabang, ini saatnya untuk membahas pesona alam yang ada kota ini. Bukit Phu Shi atau Chamsy adalah lokasi favorit turis untuk menikmati keindahan kota ini. Selain menjanjikan keindahan alam, ternyata pendakian menuju ke atas Bukit Phu Shi juga nggak sulit kok, sahabat explorer. Bukit ini mempunyai ketinggian 150 meter dan untuk itu kamu hanya perlu menaiki 328 anak tangga. Jumlah anak tangga ini tentunya nggak sebanding dengan pemandangan kota Luang Prabang yang menakjubkan yang menanti di atas bukit. Jangan lewatkan juga untuk menikmati sunset yang indah dari tempat ini.

Tak hanya Bukit Phu Shi aja yang bisa kamu eksplor disini, ada juga Air Terjun Tad Sae. Yang menarik dari air terjun ini yaitu kamu bisa melihat “banjir” di air terjun! Loh, kok bisa sih? Air terjun ini memiliki aliran yang bertingkat dan begitu luas sehingga membuat batang pepohonan berada di dalam aliran air seperti ketika banjir. Disini kamu pun bisa mencoba menunggangi anak gajah yang akan membawamu menyusuri aliran air. Seru banget kan? Nah, karena cerita sejarah, budaya, gaya bangunan, serta wisata alam yang dimiliki oleh Luang Prabang menjadikannya sebagai Kota Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1995.

Gimana, udah nggak sabar berwisata ke Luang Prabang? Yuk, segera pesan Paket Tour Luang Prabang Laos di YoExplore marketplace dan buatlah kenangan indah versimu di Laos!

Tentang penulis

Emily Emanuela

Emily Emanuela

Hi, Sahabat explorer! Saya adalah kontributor untuk konten di Majalah YoExplore. Saya suka banget menulis, termasuk menulis puisi. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di President University pada jurusan Public Relation. Saya berharap Sahabat explorer bakal menyukai tulisan saya. :)

Tinggalkan komentar