Liburan Keluarga Makanan Dan Minuman Malaysia

Panduan Lengkap 9 Tempat Menarik di Penang Untuk Wisata Keluarga

pelataran Kho Kongsi

Pelataran Kho Kongsi

Sahabat Eksplorer, pernah dengar Pulau Penang atau Pinang? Pulau di Semenanjung Malaysia ini ternyata terkenal bagi sebagian penduduk Indonesia sebagai destinasi untuk wisata kesehatan. Ini terbukti saat saya bertemu petugas imigrasi yang menyambut saya dengan pertanyaan, “Banyak orang sakit di pesawat?”. Selain terkenal karena pelayanan rumah sakitnya yang bagus dan harganya yang terjangkau, ternyata Penang juga terkenal sebagai tempat wisata budaya dan kuliner yang mesti Sahabat Eksplorer kunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Kali ini saya mau cerita tempat-tempat menarik di Penang.

Kenapa Sahabat Eksplorer mesti coba wisata kuliner di Penang ?

Karena Penang selain merupakan tempat wisata kuliner yang harganya jauh lebih murah dari kota lain di Malaysia, Penang juga punya banyak tempat wisata menarik. Selain itu pulau ini juga mudah dijangkau dengan penerbangan berbudget dari Kuala Lumpur. Saya yakin Sahabat Eksplorer akan menikmati liburan setelah mengunjungi beberapa tempat menarik di Penang.

Salah satu spot terbaik untuk selfie di Art Street

1.Berburu foto dan pose lucu di Art street

Tempat ini adalah salah satu tempat menarik di Penang yang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Kalau Sahabat Eksplorer googling kata Penang akan muncul foto-foto lucu turis dengan gaya unik dan lucu di depan lukisan karya seniman Ernest Zacharevic. Mural atau street art painting ini menjadikan Art Street yang terletak di ibukota Penang ini menjadi tempat menarik di Penang nomor satu yang harus dikunjungi. Mural karya pelukis asal Lithuania ini menghiasi beberapa dinding. Ernest bahkan memadukannya dengan beragam properti seperti sepeda, motor dan ayunan sehingga berkesan hidup. Sahabat Eksplorer sudah siap dengan pose andalan ?

Ini pose saya, mana pose kamu ?

2. Menyaksikan toleransi beragama di Street Of Harmony

Penang terkenal sebagai perpaduan beberapa budaya yang telah bercampur ratusan tahun. Semuanya berawal ketika umat Katolik Thailand, pekerja Migran Cina, Pedagang Muslim India, dan Armenia mencari perlindungan dari perang. Menampilkan empat bangunan keagamaan utama yang berdiri kokoh di sepanjang jalan ini adalah Goddess of Mercy Temple, Masjid Kapitan Keling, Kuil Sri Mariamman, dan Gereja St George.

Masjid Kapitan Keling

Tempat menarik di Penang lainnya adalah Street of Harmony. Jalan yang mempunyai nama asli Buckingham street ini letaknya berdekatan dengan Art Street. Kalau Sahabat eksplorer datang ke kawasan ini  tepat di jam makan siang, Sahabat Eksplorer akan melihat barisan orang dari beberapa suku antri mengambil makan siang dan minum yang diberikan oleh pengurus keempat rumah ibadah di Street of Harmony ini. Pemandangan yang sangat menyentuh kemanusiaan ini saya jadikan tempat menarik di Penang kedua setelah Art Street.

Kuil Kuan Yin (Goddess of Mercy Temple)

3. Mengagumi keindahan bangunan -bangunan tua di George Town.

Untuk penyuka sejarah, George Town adalah tempat menarik yang harus dikunjungi. Ibukota Penang ini terletak di sisi timur pulau Penang. Bangunan-bangunan tua berusia ratusan tahun masih kokoh berdiri dan difungsikan sebagai sekolah, museum, kantor, bank dan hotel. Gaya arsitektur gedung-gedung tersebut terdiri dari gaya India, China, hingga kolonial Inggris. Saya salut pada pemerintah Penang yang tetap menjaga bangunan-bangunan tua dengan baik. Tak heran jika di tahun 2008 UNESCO menetapkan George Town sebagai world Heritage Site. Salah satu bangunan tua yang saya kunjungi adalah Eastern and Oriental Hotel yang terletak di tepi pantai.

Bangunan Tua di George Town

4. Mengintip budaya peranakan di ‘Pinang Peranakan Mansion’.

Rumah Megah ini menjadi tempat menarik di Penang yang wajib dikunjungi untuk penikmat sejarah. Peranakan atau Baba Nyonya adalah istilah yang digunakan oleh para keturunan imigran Tionghoa yang sejak akhir abad ke-15 dan abad ke-16 telah berdomisili di Malaysia. Menyusuri setiap ruangan di dalam Mansion ini serasa kembali ke kemegahan hidup keluarga Baba Nyonya  beberapa abad silam.

Turis mancanegara mengagumi koleksi di Mansion

Lantai dua Mansion

Saya kagum kepada keluarga penerusnya yang tetap menjaga warisan keluarga dengan baik. Mansion ini menjelaskan kehidupan warga Peranakan di Malaysia pada abad ke 19 yang menarik. Rumah megah ini  masih dimiliki oleh keluarga yang sama selama ratusan tahun dan memiliki berbagai artefak mengenai kehidupan peranakan seperti upacara pemakaman, pernikahan, melahirkan anak dan lain lain yang sudah menghilang dari dunia modern. Dari cerita pemandu tur kami, saya baru tahu kalau di jaman itu perempuan tidak boleh keluar rumah. Perempuan di masa itu menghabiskan waktu dengan membuat bordir.

Kerajinan Bordir

Lantai kedua berisi tempat tidur

5. Menikmati kemegahan dan  keindahan arsitektur Koo Kongsi

Bagi Sahabat Eksplorer penyuka arsitektur dan sejarah,tempat menarik di Penang ke lima ini wajib dikunjungi. Koo Kongsi masih terletak di George Town nih Sahabat Eksplorer. Walau bentuknya seperti klenteng, tapi Koo Kongsi adalah rumah keluarga klan Tionghoa yang terkenal dan sukses di jamannya. Di salah satu ruangan kita bisa melihat silsilah trah keluarga ini.

Arsitektur Koo Kongsi yang memukau

Atraksi wisata di Penang ini adalah rumah suku Cina yang megah dengan arsitektur yang rumit dan dihiasi ornamen keemasan. Bangunan kuno ini juga merupakan salah satu atraksi bersejarah utama kota ini. Halamannya luas dan ada panggung teaternya. Ukiran kayunya menakjubkan. Bangunan megah ini dibangun mengikuti aturan Fengsui.

ornamen keemasan di Koo Kongsi

Di  bagian depan depan Sahabat eksplorer bisa melihat dua patung, patung sebelah kiri tersenyum sedangkan patung sebelah kanan cemberut. Kedua patung itu mencerminkan dua sisi kehidupan yang selalu manusia hadapi. Di tangga masuk ada keping koin tersembunyi yang merupakan simbol kemakmuran. Buat saya memang Koo Kongsi ini tempat menarik di Penang yang harus dikunjungi. .

6. Mengagumi Kuil Budha terindah dan terbesar di Asia Tenggara, Kek Lok Si

Tempat menarik di Penang ke enam adalah Kek Lok Si.  Kuil terbesar di Asia Tenggara ini terletak di puncak bukit di daerah bernama Air Itam yang menanjak di dekat Penang Hill. Saat terbaik mengunjungi Kek Lok Si adalah pada saat perayaan Tahun Baru China, ketika kuil dihiasi dengan ribuan lentera gantung yang bercahaya.Yang paling menarik di Kuil ini adalah saat naik lift menuju bagian puncak kuil, Sahabat Eksplorer bisa menikmati panorama Kuil dan pemandangan Bukit di sekitarnya. Di bagian atas Kuil ini terdapat Patung Budha tertinggi di Asia Tenggara.

Bagian Bawah Kuil

patung Buddha tertinggi

7. Berelaksasi di Penang Hill

Penang Hill merupakan tempat menarik di Penang yang harus dikunjungi. Tempat ini sedikit berbeda dengan atraksi wisata lainya di Pulau Penang karena terletak di ketinggian. Dari kawasan Bukit ini jika cuaca cerah, Sahabat Eksplorer bisa melihat Pulau Penang dari atas. Penang Hill juga dikenal dengan sebutan Bukit Bendera.

Penang Hill memang cocok untuk berelaksasi

Melihat Pulau Penang dari ketinggian

Hal yang paling menarik dari atraksi wisata ini adalah untuk mencapai tempat wisata ini, dari pintu masuk Sahabat Eksplorer harus antri untuk naik funicular (sejenis kereta pendek) yang menanjak ke puncak bukit. Pemandangan di atas bukit sangat indah dan ada tempat observasi yang disediakan untuk turis. Bukit ini terletak di atas ketinggian 833 meter dari permukaan laut.

Penang Hill

8. Wisata kuliner di beberapa restoran.

Wisata tanpa icip-icip masakan setempat rasanya kurang lengkap ya Sahabat Eksplorer. Penang terkenal sebagai tempat wisata kuliner di Malaysia dengan harga murah dan kaya ragam makanan. Yang mesti dicoba adalah masakan peranakan, India, cendol dan Sea food. Ada beberapa tempat makan yang saya jadikan tempat menarik di Penang untuk wisata kuliner.

Roti Canai pinggir jalan

Untuk sarapan bisa coba Roti Canai di Transfer Road. Kedai pinggir jalan ini sangat ramai. Walaupun murah, 1 porsi roti canai, Kari daging anak domba dan teh Tarik tidak sampai dua puluh ribu rupiah, tapi kedai pinggir jalan ini terkenal dan dikunjungi pengunjung dengan mobil sebelum pergi ke kantor.

Siang hari Sahabat Eksplorer bisa coba Nasi Kandar ‘Sayid’ di daerah Butterworth dekat Penang Bridge.

Nasi Kandar

Nasi Kandar ‘Sayid’

Malam hari Sabahat Eksplorer mesti ke Gourney Penang Drive/ Pesiaran Gourney. Aneka masakan khas Melayu, Peranakan, India, dan sea food tersedia di sini.

Sea food ala peranakan

Wajib didatangi untuk pencinta kuliner

 

Kalau mau icip icip sea food sambil menikmati deburan ombak di tepi pantai, saya rekomendasikan Restoran Tsunami  Village. Di sini Seafood disajikan dengan resep peranakan.

Restoran di tepi Pantai, Tsunami Village

Pantai di depan Tsunami Village

Seafood dengan bumbu peranakan

Kalau mau merasakan dapur peranakan yang lezat, Sahabat Eksplorer mesti melipir ke Perut Rumah Nyonya. Restoran berinterior Peranakan ini. Saat makan di Perut Rumah Nyonya, Sahabat Eksplorer coba deh pesan minuman yang menjadi signature restoran ini, yaitu minuman yang terbuat dari pala disajikan dingin. Minuman ini sepertinya kuliner khas Penang, tapi yang terbaik adalah minuman pala di Perut Rumah Nyonya.

Segarkan siang yang panas dengan ‘Nutmeg Drink’

Sup ikan rasa peranakan

Desser bubur ketan hitam

Kalau sore hari Sahabat Eksplorer lapar, saya sarankan datang ke restoran India Sri Ananda Bahwan di kawasan George Town. Di restoran yang selalu ramai ini saya mencoba ‘dosa’ dengan teh tarik.

Restoran India murah di George Town

Dosa yang ini enak lho

Dosa dimakan dengan cocolan bumbu dan sambal

9. Menyusuri Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Tempat menarik di Penang terakhir sebelum pulang  yang mesti dilihat adalah Penang Bridge. Jembatan sepanjang 23,5 kilometer ini dinamakan Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah. Selesai makan siang menikmati nasi Kandar, saya hanya bisa tersenyum dibuai angin sejuk menikmati jembatan yang megah

Menyusuuri Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Bagaimana Sahabat eksplorer, tertarik untuk mengunjungi Pulau Penang? Yuk siapkan tas dan pergi ! Untuk cerita dengan destinasi Malaysia bisa dilihat di sini.

 

Tentang penulis

Sari Musdar

Sari Musdar

Hai, Saya adalah kontributor untuk Majalah YOEXPLORE. Saya memiliki kualifikasi sebagai pelatih tersertifikasi Google, praktisi di bidang SDM, pelatih kewirausahaan untuk UMKM, dan penulis 3 buku laris, diantaranya "Cinderella In Paris" dan "Panduan Hemat Keliling Amsterdam, Brussel, Paris, Luxemburg, & Trier"

Tinggalkan komentar