Liburan Keluarga Nusa Tenggara Barat

Sudah Pernah Mendengar Kota Dompu? Tempat Wisatanya Keren-Keren!

tempat wisata di dompu - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: kampungmedia

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, wisata di Indonesia itu tidak akan pernah ada habisnya. Setelah muncul satu ‘jagoan’ wisata, maka muncul lagi jagoan lainnya. Seperti kemunculannya Raja Ampat pada waktu itu sebagai destinasi wisata air terbaik di dunia, lalu menyusul Kalimantan dan sebagainya. Baik sejarah, budaya atau wisata alam, Indonesia itu punya semua sahabat explorer. Kalian tinggal pilih saja mana yang kalian suka, sepertinya tidak perlu ke luar negeri deh kalau untuk berlibur. Salah satu tempat yang kami akan bahas berada di NTB atau Nusa Tenggara Barat nih sahabat explorer, tepatnya di kota Dompu. Biasanya kalau NTB orang taunya hanya Lombok saja, namun tempat wisata di Dompu juga tidak kalah menarik loh. Mungkin memang kalah tenar dengan Lombok, atau mungkin kalian berpikir kalau di NTB itu hanya ada Lombok saja. Bener gak? Hehe 

Tempat Wisata Di Dompu

Keindahan alam dari kota Dompu juga bisa kalian kunjungi apabila memang sudah pernah mengunjungi Lombok. Ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Dompu yang akan YoExplore bagikan ke kalian. Semuanya dijamin indah, alami dan tentunya Instagramable! Kalau sudah berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk fotonya di tag ke Instagram YoExplore ya! Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer! Cekidot

Baca Juga: Tempat Ini Bakal Bikin Kalian Serasa Di Surga!

1. Gunung Tambora

tempat wisata di dompu - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: travelkompas

Tempat wisata di Dompu yang pertama adalah mengunjungi Gunung Tambora. Sebuah gunung yang telah menjadi kebanggaan dari masyarakat Dompu. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang memiliki pemandangan yang sangat cantik. Keindahan pemandangan gunung Tambora ini tidak kalah dengan indahnya pemandangan wisata di gunung Bromo ataupun gunung-gunung lain yang juga menjadi pusat objek wisata turis. 

Gunung Tambora, bahkan juga disebut sebagai The Greatest Crater in Indonesia. Penyebutan tersebut bukannya tanpa alasan sahabat explorer, hal ini berasumsikan pada data yang ada. Gunung ini sendiri memiliki diameter kawah dengan panjang 7 km dan kedalaman kawah kurang lebih 800 meter. Kawah ini merupakan salah satu kawah terbesar yang ada di Indonesia. Gunung Tambora ini sendiri juga merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Dompu. Gunung Tambora sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak Supervolcano yang ada di Dunia. Bahkan letusan dari gunung Tambora pada masanya merupakan salah satu letusan yang terbesar di dunia.

Karena letusan tersebut, banyak sekali daerah-daerah di sekitar lereng gunung ini yang lenyap dan tertimbun oleh sisa-sisa letusan. Maka tidak heran jika di sekitar kawah gunung ini banyak sekali ditemukan berbagai macam bukti peninggalan-peninggalan sejarah yang menunjukan keberadaan kehidupan dari desa-desa tersebut. Dengan potensi wisatanya yang sangat tinggi, maka pemerintah daerah setempat telah membuat berbagai macam usaha untuk menjadikan Gunung Tambora sebagai destinasi wisata baru di daerah Dompu. Mantul banget nih sahabat explorer! Coba dikunjungi ya terutama anak-anak gunung!

2. Pulau Satonda

tempat wisata di dompu - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: gunungindonesia

Tempat wisata di Dompu yang selanjutnya adalah mengunjungi Pulau Satonda. Taman wisata alam laut Pulau Satonda atau bisa disebut dengan Pulau Satonda saja. Pulau yang satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak bukti kekayaan wisata alam (terutama Bahari) yang ada di Dompu dan juga Indonesia. Pulau ini bisa menjadi salah satu destinasi baru wisata bahari di Indonesia yang pastinya akan menarik untuk dikunjungi sahabat explorer. Pulau yang memiliki luas 2,600 hektar memiliki kontur dan susunan alam yang sangat menarik dan juga unik.

Disini kalian akan menemukan beberapa jejeran perbukitan yang hijau dan mengelilingi pulau. Kemudian di tengah pulau kalian akan menemukan sebuah danau air asin yang sangat cantik dan juga eksotis. Keberadaan bukit-bukit ini, seakan ingin menyembunyikan keindahan danau yang berada tepat di tengah pulau. Banyak sekali cerita-cerita rakyat yang menceritakan mengenai asal-usul danau Satonda ini terbentuk. Cerita yang ada kebanyakan ingin menjelaskan darimana asal-usul air danau Satonda terasa asin, padahal terletak tepat di tengah-tengah pulau. Unik juga ya sahabat explorer! Tertarik berkunjung ke tempat ini?

3. Pantai Lakey

tempat wisata di dompu - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: travelkompas

Tempat wisata di Dompu yang selanjutnya adalah Pantai Lakey. Pantai yang satu ini sangat terkenal di kalangan wisatawan asing yang datang dan berkunjung ke Dompu. Nama Pantai Lakey ini sendiri mungkin belum terlalu banyak dikenal oleh wisatawan lokal secara garis besar. Namun, bagi kalian yang menyenangi olahraga Surfing pasti nama pantai ini bukanlah sebuah nama yang asing di telinga.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang memiliki ombak terbaik untuk melakukan olahraga surfing. Dengan ketinggian ombak yang pas dan terkadang cukup tinggi, pastinya hal tersebut akan memberikan tantangan sendiri bagi  para pemburu ombak. Mereka yang datang dan sering melakukan kegiatan berselancar di Pantai ini, menyebut ombak yang ada di Pantai ini adalah ombak Kidal. Karakteristik ombak kidal ini sangat berbeda-beda dari ombak biasanya sahabat explorer. Jika ombak pada umumnya memiliki arah sapuan ombak ke arah kanan, maka ombak kidal memiliki arah sapuan ke kiri. Pantai yang satu ini harus masuk kedalam daftar destinasi wisata kalian saat berkunjung ke Dompu ya sahabat explorer. Disini kalian akan banyak sekali ditawari keindahan pemandangan pantai yang indah dan menawan. Selain itu pemandangan sunset-nya juga tidak kalah menakjubkan!

4. Padang Savana Doro Ncanga

tempat wisata di dompu - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: bobogrid

Tempat wisata di Dompu yang selanjutnya adalah mengunjungi Padang Savana Doro Ncanga. Siapa bilang menikmati keadaan alam seperti Afrika harus jauh-jauh datang ke Afrika? Yang kalian perlu lakukan hanya berkunjung ke Dompu saja! Disini kalian akan menemukan sebuah padang savana yang memiliki suasana dan iklim yang mirip dengan padang savana yang ada di Afrika sana sahabat explorer. Tempat ini sendiri memiliki suasana mirip seperti wisata Baluran yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Jika kalian berkunjung ke Doro Ncanga ini, maka kalian akan disambut dengan suasana yang panas, gersang dan juga cukup kering. Sepertinya akan menjadi spot foto yang bagus banget nih sahabat explorer!

Nikmati Wisata di Indonesia Yang Beragam!

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Dompu yang bisa YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar