Nusa Tenggara Timur

Pernah Dengar Misteri Pulau Yang Satu Ini?

misteri pulau sembilan komodo - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : radiodms

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, misteri di Indonesia tidak hanya terletak pada keragaman kepercayaan dan juga adat istiadat. Sampai ke Pulau pun juga memiliki misteri yang terbilang cukup unik. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang dikenal memiliki wisata bahari yang fantastis. Tidak heran jika semakin banyak turis asing yang berkunjung ke negara kita ini untuk menikmati keindahan alam yang tersedia. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai salah satu pulau kecil di Indonesia yang menjadi misteri. Namanya adalah Misteri Pulau Sembilan Komodo. Mungkin kalian masih banyak yang belum pernah mendengar keberadaan pulau yang satu ini. Pulau ini masih termasuk dalam perairan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Berbeda dengan Labuan Bajo dan pulau lainnya yang populer, Pulau Sembilan ini memang jarang mendapat sorotan, terutama bagi para turis.

Misteri Pulau Sembilan Komodo

Pertanyaan yang sering timbul yaitu, kapan pulau tersebut muncul dan juga keberadaan dari ubur-ubur tidak menyengat (stingless jellyfish) yang berwarna biru keunguan hidup di dalam perairannya. Semua hal tersebut masih menjadi misteri hingga saat ini. Para local guide dan juga masyarakat setempat juga menyebutkan bahwa pulau kecil tersebut terbentuk dari kumpulan karang mati.

Indonesia memang banyak hal yang berkaitan dengan misteri seperti ini, namun pasti ada penjelasan ilmiah yang berkaitan dengan hilang dan timbulnya Pulau Sembilan ini. Keberadaannya yang misterius bahkan ‘terdukung’ oleh peta online yang terlihat janggal. Ada yang menampilkan pulau tersebut “belum terbentuk” dan juga ada yang memang menyebutkan kalau pulau yang satu ini tidak ada. Kira-kira yang mana ya sahabat explorer? Apakah kalian mungkin sudah pernah melihat misteri Pulau Sembilan Komodo ini? Apa betul bentuk pulaunya seperti angka 9? Sepertinya memang sangat menarik untuk ditunggu hasil penelitiannya ya sahabat explorer.

Baca Juga : Rencana Penutupan TN Komodo Semakin Nyata, Kalian Setuju?

Pada foto satelit yang ditampilkan oleh HERE Map, pulau sembilan itu malah tidak tampak. Hanya ada sebuah gundukan kecil yang berbentuk cekungan yang tampak pada ujung semenanjung pulau Mangiatan. Kalian bisa perhatikan gambar berikut ini :

misteri pulau sembilan komodo - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : florespos

Seperti yang kalian lihat pada gambar, Pulau Sembilan adalah yang diberi lingkaran hitam tersebut. Memang terlihat sangat kecil dan seperti gundukan pasir saja ya sahabat explorer, mungkin saja karena air laut sedang pasang maka pulau itu ‘tenggelam sementara’ hingga air menjadi surut lagi. Namun, hal ini diperlukan penelitian yang lebih lanjut.

Paket Tour Pulau Komodo

Sedangkan dalam pantauan Google Map, Misteri Pulau Sembilan Komodo ini cukup terjawab. Kalian dapat melihat keberadaannya yang berada di ujung semenanjung Pulau Mangiatan. Pulau dengan ubur-ubur tanpa sengat ini memang terlihat jelas membentuk seperti angka 9. Kalian dapat melihat foto berikut ini :

misteri pulau sembilan komodo - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : florespos

Terlihat jelas kan sahabat explorer? Pulau kecil tersebut memang membentuk seperti angka 9. Mengenai kapan Misteri Pulau Sembilan Komodo ini terbentuk pasti akan terjawab pada suatu hari nanti sahabat explorer, bagi kalian yang penasaran mohon untuk bersabar ya, hehe. Namun, pesona dan keindahannya memang sudah menunggu di sana. Mungkin bagi kalian yang beruntung, kalian dapat menemukan pulau kecil tersebut saat sedang berkeliling menikmati perairan di Taman Nasional Komodo.

Kunjungi Keindahan Pulau Komodo

Sambil menunggu, kalian bisa mengunjungi keindahan lain yang ada di Taman Nasional Komodo ya sahabat explorer. Sekian ulasan mengenai Misteri Pulau Sembilan Komodo ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur, dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar