Gaya Hidup

4 Tempat di Pulau Jawa Ini Punya Misteri Yang Wajib Kalian Kunjungi!

4 tempat misteri di pulau jawa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : youtube

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, bukan Indonesia namanya kalau tidak kental dengan yang namanya mitos dan juga misteri. Negara kepulauan kita ini memang memiliki begitu banyak kisah, legenda, mitos, dan juga kerajaan-kerajaan gaib yang katanya pernah menguasai Nusantara. Selain pada masa itu, masa peperangan kemerdekaan juga memberikan ampas-ampas kejadian sejarah yang mistis. Berbagai macam cerita dan spekulasi juga bermunculan yang berkaitan dengan sejarah dari tempat tersebut. Tidak tanggung-tanggung, ada beberapa tempat pembantaian orang yang disinyalir menjadi tempat angker dan tidak pernah dikunjungi oleh orang banyak. Kira-kira kalian tertarik untuk mengunjungi 4 tempat misteri di Pulau Jawa yang akan YoExplore bahas kali ini? Tentunya ini akan menjadi aktivitas wisata yang sangat menantang loh sahabat explorer.

4 Tempat Misteri di Pulau Jawa

Wisata mistis mungkin akhir-akhir ini mulai digemari oleh masyarakat di Indonesia nih sahabat explorer. Apalagi kalau bukan untuk Youtube? Biasanya sih kegiatan Ngevlog di tempat wisata mistis ini cukup menarik untuk ditonton sahabat explorer. Orang Indonesia memang masih suka juga nih untuk menonton hal-hal yang seperti ini. Ada banyak vlogger yang sekarang memiliki konten yang berhubungan dengan mistis, seperti bisa melihat dan merasakan hantu dan juga sebagainya. Balik lagi kepada kalian untuk percaya atau tidak. Namun, yang YoExplore akan bahas kali ini adalah 4 tempat mistis di Pulau Jawa yang tentunya ceritanya akan bikin kalian merinding! Mari langsung kita simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : 4 Suku di Indonesia Yang Memiliki Cerita Mistik Paling Mengerikan!

1. Gunung Merapi, Jawa Tengah

4 tempat misteri di pulau jawa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : detak.co

4 tempat misteri di Pulau Jawa yang pertama adalah Gunung Merapi, Jawa Tengah. Siapa yang tidak tahu dengan gunung legendaris di Indonesia satu ini? Atau mungkin kalian sudah mendengar sosok Mbah Maridjan yang merupakan penjaga dari Gunung Merapi tersebut. Beliau juga meninggal pada saat erupsi merapi beberapa tahun yang lalu di Gunung Merapi tersebut. Banyak kisah yang berbau mistis yang pernah diutarakan oleh masyarakat sekitar Gunung Merapi tersebut. Salah satunya adalah misteri Pasar Bubrah atau Pasar Gaib.

Sebuah pasar yang memang diisi oleh para makhluk halus, jadi saat kalian melewatinya maka akan terdengar seperti suara gaduh orang ramai di pasar sahabat explorer. Konon, banyak pendaki yang hilang setelah mereka masuk ke dalam pasar bubrah ini. Ada juga dari mereka yang selamat! Tidak tahu rahasianya apa, namun banyak cerita mistis yang bermunculan. Seperti ada orang yang mendengar seperti suara wanita sedang berteriak, dan juga kemunculan sosok makhluk halus di depan mata kalian.

Bagaimana sahabat explorer? Tertarik untuk mendaki gunung yang satu ini? Kalau iya, silahkan cek kondisi gunungnya sekarang, jika aman dan tidak ada pemberitahuan bahaya dari BMKG, langsung saja kalian daki!

2. Kamar Nomor 308 Hotel Samudra Beach

4 tempat misteri di pulau jawa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : blogger.com

4 tempat misteri di Pulau Jawa yang selanjutnya adalah mengunjungi kamar nomor 308 di Hotel Samudra Beach. Entah sejak kapan dari mana kisah legenda Ratu Pantai Selatan ini mulai berkembang di Yogyakarta dan sekitarnya. Menurut kepercayaan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, Nyai Kanjeng Ratu Kidul adalah sosok mistis yang sangat dihormati dalam mitologi Jawa karena diyakini sebagai istri spiritualis dari raja-raja keraton Yogyakarta dan juga Surakarta.

Sebagai sebuah bentuk penghormatan, salah satu hotel membuat sebuah kamar khusus, tepatnya di kamar 308. Masih belum jelas informasinya mengapa kamar nomor 308 tersebut yang dipilih, yang pasti nuansa serba hijau dan aroma melati di kamar ini sangat menusuk hidung sahabat explorer. Suasana tersebut menambah kesan mistis pada kamar ini, dan banyak orang yang datang ke sini untuk minta petunjuk. Namun, ini semua kembali lagi kepada kalian mau percaya atau tidak sahabat explorer. Saran kami, tidak usah ya, cukup datang dengan niat berwisata saja sudah cukup kok! Gak usah minta yang aneh-aneh! Hehe

3. Goa Jepang, Lembang, Bandung

4 tempat misteri di pulau jawa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : netralnews

4 tempat misteri di Pulau Jawa yang selanjutnya adalah Goa Jepang yang berada di Lembang, Bandung. Goa yang satu ini memang terkenal dengan keangkerannya sahabat explorer. Pada hari biasa dan sore hari, jika kalian beruntung maka kalian akan menemukan tempat yang satu ini sepi dari pengunjung.

Ada sebuah kisah dari seseorang yang menyebutkan bahwa saat datang ke tempat ini, dia yakin hanya dirinya dan dua orang temannya saja. Namun, seketika mereka mau pergi keluar, mereka mendengar suara ribut yang berasal dari dalam Goa.

Jika dihubungkan dengan cerita masyarakat di Lembang yang berkembang, maka suara jeritan itu memang kerap muncul sahabat explorer. Namun memang tidak sering, hanya sesekali saja. Konon itu adalah jeritan dari rakyat pribumi yang merintih kesakitan karena mengalami kerja paksa oleh Jepang, yang biasa disebut dengan Romusha.

4. Lawang Sewu

4 tempat misteri di pulau jawa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : detik

4 tempat misteri di Pulau Jawa yang selanjutnya tentu saja Lawang Sewu di Semarang. Biasanya, saat kalian sedang traveling ke Semarang, maka tempat ini akan menjadi pilihan awal untuk dituju. Lokasinya yang berada di pusat kota Semarang dan juga aksesnya yang mudah, bisa menjadi pilihan sebelum kalian beranjak menikmati wisata alam di Semarang. Namun, wisata ini juga bukan hanya sekedar belajar mengenai sejarah kemerdekaan saja. Aura mistis dari bangunan yang satu ini lebih kental dibandingkan dengan sejarahnya sahabat explorer.

Bagian ruang bawah tanahnya, tentu menjadi tempat yang sering dibicarakan oleh orang. Di bagian bawah tanahnya itu konon adalah sebuah tempat penyiksaan dan pembantaian pada saat zaman Belanda dan juga Jepang berkuasa di Indonesia. Ada beberapa orang yang pernah merasakan uji nyali di tempat ini, ceritanya bermacam-macam deh sahabat explorer! Berani gak kalian mencobanya?

Wisata Mistis di Indonesia!

Sahabat explorer, itulah 4 tempat misteri di Pulau Jawa yang bisa kalian kunjungi. Apakah kalian berani untuk mencoba pengalaman yang tidak mungkin bisa dilupakan ini? Kalau iya, ceritakan pengalaman kalian nanti di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya! Semoga artikel ini bermanfaat, sampai bertemu di tulisan berikutnya! Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar