Bali Gaya Hidup

Tips Bagi Kalian Yang Ingin Ke Bali Naik Mobil

5 tips perjalanan ke bali naik mobil - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : ajakanak

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, kalian suka dengan yang namanya long trip traveling? Atau dalam bahasa Indonesia berarti perjalanan jarak jauh? Kalau iya, gak ada salahnya jika kalian mencoba tips yang akan YoExplore persembahkan dalam episode kali ini. 5 tips perjalanan ke Bali naik mobil ini mungkin bisa kalian terapkan jika ingin bepergian dengan jarak yang jauh ini. Berbagai macam kota di Jawa akan kalian lewati, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan tentunya Jawa Timur. Mungkin dengan dibukanya kawasan tol baru yang katanya Jakarta – Surabaya hanya 8 jam saja, bisa membuat perjalanan kalian terasa lebih cepat. Namun, sepertinya bukan road trip namanya kalau kalian langsung bablas ke Bali dalam waktu sehari. Tujuan dari Road Trip itu sendiri adalah untuk memuaskan hati dengan berjalan-jalan menikmati pemandangan kota dari satu kota ke kota yang lain sampai ke tujuan.

5 Tips Perjalanan ke Bali Naik Mobil

Kegiatan yang satu ini memang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Berbagai kota memiliki ciri khasnya sendiri dan tentunya kuliner khas! Jadi kalau lagi road trip, semuanya dinikmatin deh sahabat explorer, mulai dari tempat wisata, kuliner, sampai ke penginapan dan juga oleh-oleh khas ya dibeli aja. Intinya, kalian seakan pernah ‘memiliki jejak’ di kota-kota di Pulau Jawa tersebut. Selain itu, kalau cerita ke orang juga kan enak sahabat explorer, kalian bisa menjadi seorang influencer yang memiliki tips-tips seru untuk traveling. Bagi kalian yang penasaran dengan tips-tipsnya, YoExplore punya 5 tips perjalanan ke Bali naik mobil yang mungkin bisa kalian tiru. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya!

Baca Juga : 4 Tempat di Pulau Jawa Ini Punya Misteri Yang Wajib Kalian Kunjungi!

1. Berangkat Pada Hari Minggu Pagi

5 tips perjalanan ke Bali naik mobil yang pertama adalah berangkat pada hari minggu pagi. Roadtrip itu memang bukan perjalanan yang sebentar. Oleh karena itu, kegiatan yang satu ini memang sedikit susah dilakukan di Indonesia yang memang hanya mendapatkan cuti 14 hari dalam satu tahun. Mungkin di luar negeri yang bisa sampai 3 bulan, sangat tertarik dengan kegiatan yang satu ini.

Anggap saja kalian masih kuliah atau memang pengusaha yang usahanya bisa ditinggal-tinggal. Berangkatlah pada hari minggu pagi, karena jalanan terutama tol ke arah Cikampek itu belum terlalu padat. Sama seperti kalian mau ke Bandung sahabat explorer, jalanan arah Jatiwarna (Bekasi) itu pasti sangat padat jika di jam-jam siang, oleh karena itu berangkat lah dari pagi hari. Kira-kira jam 7an paling lambat minimal sudah di dalam tol arah Cikampek tersebut. Kalau bisa lebih pagi lagi ya lebih baik sahabat explorer. Tujuannya agar kalian bisa sampai tepat waktu pada pemberhentian kota pertama kalian.

Kami sih sangat menyarankan tips yang pertama ini sahabat explorer, karena sesuai dengan pengalaman,berangkat di pagi hari itu sangat menyenangkan.

2. Sarapan di Rest Area Atau Bawa Sendiri

5 tips perjalanan ke Bali naik mobil yang selanjutnya adalah sarapan di Rest Area atau lebih baik bawa makanan sendiri. Sarapan ini tentunya dilakukan setelah masuk jalur Cikampek sahabat explorer. Karena kalian berangkat pagi-pagi sekali, mungkin perut sudah kelaparan, dan perkiraan waktu saat di Cikampek itu sekitar jam 8, oleh karena itu langsung sarapan. Baik di Rest Area atau bawa makanan sendiri, yang penting jangan pernah sarapan di rumah (kecuali jika kalian sarapan pagi-pagi sekali). Tentunya akan membuat waktu perjalanan jadi molor, dan akhirnya kalian terjebak macet deh! Kalau sudah terjebak macet di Jakarta, maka jadwal kalian sudah bisa dipastikan akan berantakan sahabat explorer.

3. Menentukan Tempat Menginap Dari Kota Pertama

Bisa dipastikan kalian akan sampai Pekalongan itu pada siang hari saat jam makan siang. Tentu saja Kota Batik ini layak untuk dieksplorasi terutama dari segi budayanya. Kalian bisa pergi mengunjungi Museum Batik dan juga menikmati makan siang dengan makanan khas Pekalongan yaitu Tauto atau Nasi Megono.

Rasanya juara banget deh sahabat explorer! Banyak hal yang bisa kalian lakukan di sini. Mumpung masih menghabiskan waktu di Pekalongan, kalian bisa browsing hotel atau penginapan untuk wilayah di Semarang atau Jogja karena kedua kota tersebut sudah tidak jauh lagi dari Pekalongan. Jika kalian ingin menikmati keindahan Semarang, maka kalian bisa langsung memesan hotel atau penginapan saat masih di Pekalongan. Agar tidak kerepotan saat sampai di Semarang sudah terlalu sore atau bahkan malam. Apalagi jika kalian berencana untuk langsung bablas ke Yogyakarta, wah tentu sudah harus diurus dari siang hari ya sahabat explorer, jangan sampai engga!

4. Jangan Berlama-lama Santai di Hotel/Penginapan

Saat road trip, kalian harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Kenapa? Karena kalau kalian berlama-lama ya kalian sendiri yang akan rugi. Baik waktu ataupun masalah finansial, karena pengeluaran akan lebih banyak tentunya. Apalagi jika kalian melakukan ini bersama keluarga dan anak-anak, wah pasti pengeluaran bisa dipastikan membengkak sahabat explorer. Nikmati kota yang kalian datangi dengan benar-benar sampai puas. Lebih baik uang keluar untuk berwisata daripada keluar untuk kegiatan yang gak jelas, karena rasa puas dan kenangannya itu akan ada untuk selama-lamanya sahabat explorer!

5. Menyebrang Pagi Hari Dari Banyuwangi

5 tips perjalanan ke Bali naik mobil diakhiri dengan menyebrang dari Kota Banyuwangi tepatnya di Pelabuhan Ketapang, menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali. berangkat pagi hari tentu akan sangat menyenangkan sahabat explorer, karena suasana masih sangat sejuk dan pemandangan biru laut terlihat sangat jelas dengan matahari juga masih belum tinggi alias tidak panas. Perjalanan hanya sekitar 30-45 menit saja kok sahabat explorer, tidak memakan waktu yang lama. Nikmati pemandangan sekitar. Dan bagi kalian yang hobi fotografi, kapal-kapal yang sedang mangkal ini juga bisa menjadi objek foto yang ciamik!

Sesampai di Bali, kalian bisa langsung menyantap kuliner ayam betutu Men Tempeh! Yang merupakan ayam betutu pertama di Bali! Lokasinya tidak jauh dari pelabuhan.

Kami menyarankan berangkat dari pagi hari karena ada alasannya sahabat explorer. Selain bisa menyantap kuliner Men Tempeh yang jam 2 siang biasanya sudah habis, kalian juga masih harus melakukan perjalanan sekitar 2-3 jam dari pelabuhan Gilimanuk untuk sampai ke Denpasar. Oleh karena itu, kalau kalian sampai pada siang hari, sore harinya kalian masih sempat untuk menikmati sunset di pantai-pantai di Bali seperti Seminyak atau Kuta!

Tips Ala YoExplore!

Sahabat explorer, itulah 5 tips perjalanan ke Bali naik mobil yang dapat YoExplore rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar