Gaya Hidup

Bukan Piano Atau Gitar! Ini Adalah Alat Musik Tertua Di Dunia!

alat musik tertua di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: gambarbagus

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Bukan gitar, bukan drum atau piano sebagai alat musik tertua di dunia. Ternyata, ada alat musik yang sudah diciptakan dari zaman pra sejarah sahabat explorer. Alat musik ini ditemukan oleh arkeolog dunia yang memang tidak pernah menyerah untuk mengetahui rahasia peradaban manusia di dunia ini. Banyak orang yang mungkin berpikiran bahwa alat musik yang tertua adalah gitar atau piano. Namun, ternyata salah total sahabat explorer! Mulai alat perkusi hingga alat tiup yang menimbulkan bunyi, sudah pernah diciptakan terlebih dahulu oleh nenek moyang kita. Mungkin, pada zaman dahulu mereka juga membutuhkan hiburan untuk sekedar mengisi waktu ya sahabat explorer. Atau bisa jadi untuk merayakan sesuatu, seperti misalnya berhasil menangkap buruan, atau untuk upacara kematian atau melahirkan.

Alat Musik Tertua di Dunia

Musik itu sendiri memang sudah ada pada zaman nabi sahabat explorer. Konon, nabi setelah Nabi Adam yaitu Nabi Syith yang pada zamannya tercipta sebuah alat musik. Banyak versi atau pendapat yang berbeda mengenai asal muasal alat musik ini sahabat explorer. Walaupun begitu, alat musik ini memang sangat erat kaitannya dengan agama maupun sejarah. Oleh karena itu, sepertinya menjadi penting jika membahas mengenai apa sih alat musik tertua yang ada di dunia? Kalau dilihat dari umurnya, mungkin akan sulit menemukan mana yang lebih tua. Tapi, kita bisa lihat dari bentuk dan juga bahan dasar dari alat musik ini terbuat. Tentunya akan sangat mencengangkan ya sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya!

Baca Juga: Review Hotel Atria Malang

1. Seruling Dari Pahatan Tulang

alat musik tertua di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: grid.id

Alat musik tertua di dunia yang pertama adalah seruling yang terbuat dari pahatan tulang ini. Pada tahun 1995 di bulan Juli, seorang arkeolog (seseorang yang ahli mempelajari kehidupan dan kebudayaan di zaman purba) bernama Ivan Turk dari Slovenia, menemukan sebuah tulang yang dipahat di daerah barat laut Slovenia. Benda itu dinamakan “Divje Babe” yang memiliki 4 lubang di tulang tersebut.

Bob Flink, seorang musisi dari Kanada meyakini bahwa lubang tersebut dimainkan untuk menghasilkan 4 nada yang berbeda dari tangga nada. Para peneliti kemudian memperkirakan usia dari seruling tersebut berkisar 67.000 tahun dan merupakan alat musik tertua dan juga satu-satunya alat musik yang ada pada masa Neanderthal.

Bagaimana sahabat explorer? Masih percaya kalau gitar adalah alat musik paling tua? Salah besar!

2. Terompet Dari Gading Mamut

alat musik tertua di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: jawapos

Alat musik tertua di dunia yang selanjutnya adalah terompet yang terbuat dari gading mamut. Mamut merupakan nenek moyang dari gajah sahabat explorer. Konon, ukurannya jauh lebih besar dibanding gajah yang sekarang sering kita lihat di kebun binatang.

Alat musik yang terbuat dari gading mamut ini ditemukan oleh arkeolog yang berasal dari Jerman. Usianya diperkirakan mencapai 43.400 tahun! Terompet ini berukuran 18,7 sentimeter yang terbuat dari gading mamut, dan memiliki 3 buah lubang jari dan dapat mengeluarkan berbagai macam melodi. Alat musik ini ditemukan sebanyak 31 buah di  Geißenklösterle yang ada di Selatan Jerman di dalam gunung dan dekat dengan Ulm.

Untuk membuat satu alat musik terompet, sebuah lekukan gading mamut dibelah kemudian dibuat lubang pada bagian tersebut. Selain tiga lubang jari, satu lubang tadi diikat dan ditempel dengan sebuah lapisan kedap udara.

Waw, ternyata pada zaman ini manusia-manusia sudah kreatif ya sahabat explorer!

3. Genderang Dari Kulit Gajah

alat musik tertua di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : lihat.co.id

Alat musik tertua di dunia yang selanjutnya adalah genderang yang terbuat dari kulit gajah. Tadi mamut, dan sekarang keturunan mudanya nih sahabat explorer yang masih ada hingga saat ini yaitu gajah. Genderang adalah sebuah gendang yang berukuran besar. Alat musik ini pertama kali ditemukan oleh manusia sekitar 30.000 tahun yang lalu. Pada waktu itu, manusia menggunakan kulit binatang yang ditarik untuk menciptakan suara. Genderang yang ditemukan tersebut merupakan genderang yang terbuat dari kulit gajah yang sudah diawetkan.

Hebat ya, pada zaman itu mereka sudah bisa menemukan bahan pengawet sahabat explorer! Sungguh luar biasa penemuan yang satu ini!

4. Seruling Dari Bambu

alat musik tertua di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: indonetwork

Alat musik tertua di dunia yang selanjutnya adalah seruling yang terbuat dari bambu. Alat musik ini juga merupakan salah satu alat musik tertua di dunia yang ditemukan oleh manusia pada saat 30.000 tahun yang lalu. Benda ini dimainkan dengan cara ditiup sahabat explorer. Bahkan, sampai saat ini seruling dari bambu ini masih digunakan di berbagai daerah di Indonesia loh!

Inilah Asal Muasal Alat Musik di Dunia

Sahabat explorer, itulah beberapa alat musik tertua di dunia yang dapat YoExplore informasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar