Gaya Hidup

Yang Harus Dilakukan Ketika Barang Hilang Saat Traveling!

barang yang hilang- yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: blogkhususdoa

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, kehilangan barang saat traveling memang sangat menjengkelkan dan membuat kita stress. Bagaimana tidak, hilang di rumah sendiri saja sudah bisa membuat kita pusing, apalagi jika hilang di tempat yang jauh dan antah berantah. Pasti kepala akan lebih pusing lagi ya sahabat explorer! Jika kejadian barang yang hilang ini terjadi kepada kita, tentu memang tidak akan mengenakkan sahabat explorer. Kalau memang sudah terjadi seperti itu, kira-kira apa yang akan kalian lakukan? Kalau bingung, waktunya pas banget nih untuk baca artikel yang satu ini. Simak terus ulasannya ya!

Barang Yang Hilang

1. Jangan Panik

Yang dilakukan ketika mencari barang yang hilang adalah jangan panik. Kalau kalian panik tentu akan berdampak pada pengambilan keputusan sahabat explorer. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri untuk hal tersebut, karena orang yang sudah berhati-hati saja juga bisa kehilangan barang. Dengan demikian kalian jangan panik, tenangkan diri terlebih dahulu lalu bisa mengambil keputusan yang tepat. 

2. Minta Bantuan

Jika kalian kebingungan, maka sudah hal yang paling tepat adalah untuk meminta bantuan. Jika kalian berada di sebuah tempat wisata, alangkah lebih baik jika menghubungi pihak keamanan setempat untuk menginformasikan barang kalian yang hilang. Jika kalian berada di luar negeri, maka kalian harus mencari bantuan orang yang bisa berbahasa inggris agar bisa membantu kalian untuk menyampaikan informasi hilangnya barang tersebut sahabat explorer. Kalau sudah begitu, kalian bisa lebih nyaman lagi mencari barang yang hilang tersebut. 

Baca juga: Cara Membuat Nasi Briyani Khas Arab!

3. Buat Laporan Kepolisian

Apabila barang yang hilang itu penting seperti identitas, paspor atau benda yang lainnya, maka tidak ada salahnya untuk mendatangi kepolisian setempat. Kalian bisa membuat laporan kehilangan barang agar dapat dengan mudah memproses mengganti atau membuat baru barang yang hilang tersebut sahabat explorer. Ceritakan kronologis saat kalian mulai tidak sadar jika barang itu sudah mulai hilang, agar jika ada yang menemukan dan bertanggung jawab maka kalian akan segera mungkin untuk dihubungi. 

4. Menggunakan Internet

Kalian bisa menggunakan internet untuk mencari tahu lokasi terdekat kantor kepolisian, kedutaan atau tempat lainnya yang berhubungan dengan barang yang hilang tersebut. Tentu saja, itu hanya bisa apabila barang kalian yang hilang itu selain laptop dan handphone ya sahabat explorer!

5. Blokir Kartu Debit & Kredit

Jika yang hilang dompet memang akan kerepotan sahabat explorer. Biasanya di dalamnya terdapat beberapa kartu ATM, Kartu Kredit, KTP dan lain-lain. Dengan demikian, kalian harus segera menghubungi pihak bank agar segera memblokir kartu tersebut. Jika ditemukan orang yang tidak bertanggung jawab akan kerepotan sahabat explorer!

6. Gunakan Tas Pinggang

Jika kalian memang sering menaruh barang di tas yang besar, maka segera ganti kebiasaan tersebut. Lebih baik menggunakan tas pinggang agar barang yang kecil namun penting bisa selalu dengan mudah untuk kalian pegang. Jika menggunakan tas besar, maka repot jika harus membongkarnya dan risiko kehilangan juga sangat tinggi sahabat explorer. Mulai dari sekarang kebiasaan itu dirubah ya sahabat explorer!

Sahabat explorer, itulah beberapa langkah jika ada barang yang hilang saat kalian sedang traveling. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar