Gaya Hidup

Yuk Belajar Jadi Blogger!

belajar jadi blogger - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: blogger.com

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, zaman internet seperti sekarang memang mengharuskan kita untuk selalu melek teknologi. Dengan majunya zaman, tentu cara untuk mendapatkan uang juga jadi bermacam-macam sahabat explorer. Bahkan, hanya dengan di rumah saja bermodalkan laptop dan juga internet, kalian sudah bisa mendapatkan uang. Jumlahnya memang tergantung bagaimana usaha dan jerih payah kalian. Selain itu kalian memang harus konsisten dalam menjalankannya sahabat explorer. Namanya juga dunia maya, banyak juga orang yang berpikiran sama dengan kalian. Dengan demikian kalian harus pintar-pintar melihat kesempatan yang ada. Salah satu caranya adalah dengan belajar jadi blogger. Menjadi blogger itu memang sama saja dengan vlogger, bedanya ini melalui tulisan dan bukan melalui video. Enaknya menjadi blogger, dalam tulisannya kalian bisa memasukkan juga link video dan juga sosmed kalian. 

Belajar Jadi Blogger

Belajar menjadi blogger itu banyak manfaatnya loh sahabat explorer, kalian bisa memperluas keahlian kalian hanya dengan menjadi seorang blogger. Dalam episode kali ini, YoExplore akan membahas mengenai manfaat belajar menjadi blogger yang bisa kami share bersama kalian semua. Pastinya, apabila kalian lakukan dengan serius, manfaat-manfaat ini akan terasa semua kok sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya yuk!

1. Memahami Konsep Penulisan

Manfaat belajar jadi blogger yang pertama adalah memahami konsep penulisan. Biasanya, pada saat awal penulisan, kalian akan melakukan banyak kesalahan dalam menulis. Bukannya tidak bisa atau tidak belajar, namun memang karena faktor kebiasaan untuk menulis saja yang kurang. Bisa dibilang tepatnya adalah kalian lupa sahabat explorer. Dengan belajar menulis blog, maka kalian pelan-pelan akan mencari tahu sendiri dan pada akhirnya akan paham lagi konsep penulisan yang baik dan benar. 

Selain itu, kalian juga bisa memahami alur-alur sebuah tulisan, dimana bisa mengajak para pembaca untuk memahami cerita yang kalian tulis. Jangan pernah takut untuk typo sahabat explorer, itu sangat lumrah terjadi. Semakin kalian sering menulis, lama-lama typo itu akan hilang sendirinya kok! Jari-jari kalian juga sudah semakin terbiasa dengan laptop yang biasa kalian pakai. 

Semakin memahami konsep penulisan, kalian juga pada akhirnya akan mendapatkan ide-ide menulis yang bagus dan segar. Dengan demikian, blog kalian semakin hari akan semakin menarik untuk dibaca!

2. Memahami SEO

Manfaat belajar jadi Blogger yang selanjutnya adalah kalian bisa memahami yang namanya SEO atau Search Engine Optimization. Ini adalah mengenai kata kunci di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Agar blog kalian berada di halaman pertama pada mesin pencari, maka kalian harus menggunakan kata kunci yang sering orang cari namun tidak memiliki banyak kompetisi (pengguna lain). Jika berada pada halaman pertama, besar kemungkinan pengunjung blog kalian akan lebih banyak dari biasanya sahabat explorer

Penggunaan kata kunci ini memang sangat penting untuk dipahami oleh para blogger. Namun, jika belajar sebelum menulis blog, kemungkinan besar kalian akan bingung. Jadi, lebih baik belajar menulis dulu, lalu pelan-pelan sambil memahami secara dalam apa itu yang namanya SEO. 

3. Mengerti Design Web

Manfaat belajar jadi blogger yang selanjutnya adalah perlahan-lahan mengerti Web Design. Semakin kalian mencintai dunia blogging, maka kalian akan erat atau akrab juga dengan yang namanya design. Mengapa? Karena blog juga perlu dipercantik loh sahabat explorer, agar pengunjung betah dan semakin sering untuk melihat blog kalian. Tentunya, selain design yang cantik, blog juga diperlukan tulisan yang tidak kalah menarik juga!

Saat kalian belajar mempercantik blog, otomatis kalian juga akan mempelajari bagaimana sedikit design web. Ada beberapa yang memerlukan coding dan ada juga yang memang sudah disediakan oleh pengelola jasa blog tersebut. Lama-kelamaan kalian juga jadinya pasti ingin bikin website sendiri deh sahabat explorer. Dengan demikian, kalian perlahan-lahan akan suka dengan sendirinya kok sahabat explorer! Gak percaya? Coba bikin aja dulu blognya!

4. Memberikan Backlink Ke Sosmed

Manfaat belajar jadi blogger yang selanjutnya adalah dapat memberikan backlink atau bahasa mudahnya adalah promosi ke sosmed kita sendiri atau orang lain. Biasanya, yang berbayar itu adalah kita mempromosikan brand atau sosmed orang lain sahabat explorer. Namun sebelum kita bisa menguangkan blog kita dengan cara tersebut atau lainnya, lebih baik kita untuk memberikan backlink ke sosial media kita sendiri. Pengunjung blog kita itu pasti random, kebanyakan dari mereka berdasarkan dari kata kunci, sosial media, atau jika kalian pernah menulis Guest Post di web orang lain. Salah satu caranya adalah menulis Guest Post di YoExplore misalnya, kalian bisa mendapatkan backlink karena traffic YoExplore sudah ribuan sahabat explorer!

Tulis Guest Post Kalian di YoExplore!

Sahabat explorer, itulah beberapa manfaat belajar jadi blogger yang bisa YoExplore bagikan kepada kalian. Oia, jangan lupa juga untuk menulis di Guest Post YoExplore. Selain bisa memberikan backlink, kalian juga bisa belajar untuk menulis hal lain dari yang kalian pernah tulis sebelumnya, karena kami berhubungan dengan travel dan juga gaya hidup. Untuk syarat dan ketentuannya, kalian bisa liat di slide Home Page Magazine.yoexplore.co.id ya!

Semoga artikel ini bermanfaat, sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar