Gaya Hidup

Buah-Buahan Ini Pas Untuk Diet Kalian Loh!

buah yang cocok untuk diet - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: detikfood

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mendengar kata diet, apa yang kira-kira timbul di benak kalian? Tentunya merubah pola makan menjadi lebih ‘hemat’ dari biasanya ya sahabat explorer. Baik hemat dalam porsi atau jumlah nutrisi dan lemak yang biasa kita makan sehari-harinya. Berbagai macam jenis diet itu tersedia, hanya masalah cocok-cocokan saja yang mana yang menurut kalian pantas. Namun, alangkah lebih baik jika kalian ke dokter ahli gizi atau nutrisi terlebih dahulu, jadi kalian tau nih diet mana yang cocok dengan badan kalian. Selain itu, dietnya juga jelas lebih terkontrol dan lebih sehat sahabat explorer. Tetapi, apapun dietnya, makan buah adalah kewajiban bagi siapapun. Selain menyehatkan, buah ini memiliki segudang vitamin dan manfaat lainnya. Ada beberapa buah yang cocok untuk diet sahabat explorer, manfaatnya sangat terasa sekali deh!

Buah Yang Cocok Untuk Diet

Buah yang cocok untuk diet ini memang wajib kalian konsumsi saat sedang melakukan program diet. Tujuannya jelas, agar kalian memiliki berat badan dan postur ideal yang kalian idamkan. Dengan demikian, walaupun berat badan menurun kalian akan tetap sehat-sehat saja sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya yuk! Cekidot!

Baca Juga: Mau Bikin Komunitas? Simak Tips-Tips Berikut Ini Ya!

1. Apel

Salah satu program diet yang aman bagi tubuh adalah diet dengan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah segar. Program seperti ini jauh lebih baik karena dari sayuran dan buah yang segar banyak ditemukan fiber atau serat sebagai komponen makanan yang penting untuk diet. Salah satu buah yang cocok untuk diet yang pertama adalah apel. Apel mengandung banyak karbohidrat terutama ketika sedang tumbuh dan kaya pectin (sejenis serat). Selain itu, apel juga mengandung flavonol yang disebut quercetin yang dalam beberapa penelitian memiliki zat anti kanker.

Kandungan quercetin di dalamnya juga berfungsi sebagai bahan anti radang, dengan demikian bermanfaat bagi penyakit seperti arthritis. Bagaimana dengan kandungan gizi apel? Buah untuk cara diet sehat yang satu ini ternyata mengandung vitamin C, namun tidak sebanyak buah jeruk.

2. Stroberi

Buah yang cocok untuk diet selanjutnya adalah Stroberi. Stroberi banyak mengandung ellagic acid sebagai Antioksidan. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan, ellagic acid terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor di dalam paru-paru, esophagus, payudara, cervix, dan juga lidah.

Sebagai obat tradisional, stroberi diyakini memiliki antibakteri yang digunakan sebagai pembersih alami sistem pencernaan. Stroberi banyak mengandung vitamin C yang juga sangat cocok untuk program diet sehat kalian sahabat explorer

3. Pisang

Buah yang cocok untuk diet selanjutnya adalah Pisang. Pisang adalah buah yang kaya akan vitamin B6. Vitamin ini sangat dibutuhkan untuk membuat serotonin di dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat merasa rileks dan mengurangi ketegangan.

Sebagai obat tradisional juga, pisang digunakan untuk menyembuhkan bisul di perut. Tidak seperti buah-buahan lain, pisang mengandung banyak karbohidrat, sedikit mengandung karotin dan vitamin C namun kaya akan potasium.

Adanya kandungan karbohidrat yang tinggi pada pisang membuat buah yang satu ini dapat menekan nafsu makan. Oleh karena itu, buah pisang sangat cocok untuk cara diet yang sehat. Kalian bisa menjadikan makanan pengganjal di jam-jam untuk ngemil.

4. Melon

Buah yang cocok untuk diet selanjutnya adalah Melon. Buah melon mengandung kadar gula yang tinggi dan lycopene yang juga berfungsi sebagai anti kanker.

Melon merah dan oranye juga mengandung carotenoid yang dapat melindungi sel tubuh kalian terhadap kerusakan radikal bebas dan dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Melon merupakan sumber carotenoid dan juga mengandung vitamin C. Adanya kandungan gula alami di dalam buah melon ini, mampu memberikan energi pada tubuh ketika mulai lapar sahabat explorer. Jadi, buah melon sangat cocok untuk dijadikan cemilan sore ketika sedang program diet sehat. Mantul banget nih buah yang satu ini!

Semoga Diet Kalian Sukses!

Sahabat explorer, itulah beberapa buah yang cocok untuk diet yang dapat YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga dietnya menjadi sukses dan artikel ini bermanfaat bagi kalian ya! Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar