Gaya Hidup Jepang

Sekarang Mengurus Visa Ke Jepang Bisa Gratis Loh!

cara bikin visa jepang - YOEXPLORE.co.id
image source : pixabay

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, mungkin banyak nih dari kalian yang sangat menyukai budaya dan hal lainnya yang berbau Jepang. Pastinya, kalian sangat ingin  pergi ke negeri Sakura ini. Sekedar informasi, sekarang ada peraturan bebas visa ke Jepang bagi turis Indonesia. Dahulu, cara bikin visa Jepang memang sangatlah sulit. Namun, dengan adanya peraturan baru ini, tentunya memudahkan kita mengurus visa ke Jepang. Bahkan, hanya dalam hitungan 2 (dua) hari saja sudah selesai! Jadi, kalian ga usah mikir kalau ke Jepang itu sulit sahabat explorer. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang penasaran dengan negeri Sakura ini ya. Apa lagi sebentar lagi mau masuk musim gugur nih di Jepang, hmm pastinya akan sangat indah menikmati momen musim gugur di Jepang.

Cara Bikin Visa Jepang Sekarang Gratis dan Cepat

Cara bikin visa Jepang secara gratis ini tentunya memiliki beberapa syarat administratif tertentu yang akan kita bahas berikut ini. Jadi, buat kalian yang berminat, langsung dicatat nih ya kira-kira apa saja dokumen yang perlu kalian bawa untuk mendapatkan visa gratis ini!

1. Memiliki E-Paspor

Cara bikin visa Jepang gratis yang pertama adalah memiliki E-Paspor. Walaupun biaya pengurusannya lebih mahal dari pada paspor biasa, namun memiliki E-paspor ini mempunyai banyak sekali keuntungan. Salah satunya adalah visa gratis ke Jepang ini sahabat explorer. Di dalam E-Paspor ini, terdapat sebuah chip biometrik yang berisikan data si pemegang paspor. Oleh karena itu, sebelum mengurus bebas visa ke kedutaan besar Jepang bagian visa, kalian harus pastikan untuk memiliki E-Paspor ini. Kalau udah ada ini, semua urusan ke Jepang akan jadi lebih mudah dan cepat.

2. Registrasi E-Paspor

Setelah memiliki E-Paspor, kalian juga harus mengisi form bebas visa ke Jepang. Lalu, setelahnya kalian dapat mengunjungi kedutaan besar Jepang bagian visa atau konsulat Jepang sesuai dengan wilayah pembagian kerja. Akan sangat disarankan untuk mendatangi kantor kedutaan ini di pagi hari, karena antriannya sudah pasti panjang banget nih sahabat explorer.

3. Persiapkan Dokumen Dengan Lengkap

Segera persiapkan E-Paspor kalian dan form ‘Registration Form For Visa Waiver To Enter Japan’ sebelum mendatangi loket A di Kedutaan Besar Jepang. Pengurusan visa di sana tidak akan mengecewakan kalian, mereka sangat profesional dan cepat. Tapi, sahabat explorer tetap harus bersabar nih menunggu antriannya. Pasti akan banyak orang yang ingin pergi ke Jepang setelah mengetahui informasi mengenai bebas visa ini. 😀

4. Menuju Ke Loket A

Setelah semua dokumen telah dipersiapkan, segeralah kalian mengambil nomor antrian di loket A. Oia, sebelumnya, saat memasuki kedutaan kalian harus menunjukkan KTP kalian, sehingga kalian dapat diberikan kartu ‘Visitor Guest’ agar dapat memasuki wilayah Kedutaan Besar Jepang. Semua pengurusan visa akan berada di lantai satu. Jangan lupa untuk perhatikan nomor antrian kalian, jadi nanti tidak kelewatan ya sahabat explorer.

Saat nomor antrian kalian sudah muncul di layar, segera serahkan E-Paspor dan form bebas visa kalian. Setelah itu, kita hanya tinggal menunggu prosesnya dan akan diberikan tanda pengambilan E-Paspor. Lalu, untuk pengambilan visa dan E-paspor ini bisa diwakilkan oleh siapa saja, asalkan mereka membawa tanda pengambilan E-Paspor yang asli dan bahkan surat kuasa jika memang diperlukan. Cukup hanya dua hari saja, kalian sudah bisa mendapatkan visa dan langsung berangkat ke Jepang! Cukup mudah kan cara bikin visa Jepang gratis ini?

Peraturan Ini Berlaku Semenjak September 2017

Peraturan cara bikin visa Jepang gratis ini sudah mulai diberlakukan sejak 15 September 2017. Seperti yang dilansir oleh website resmi kedutaan Jepang di Indonesia http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html :

Bahwa mulai 15 September 2017, proses pengajuan maupun pengambilan visa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang berlokasi di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping XXI). Seluruh aplikan kami harap membaca informasi berikut ini:

  1. Pada dasarnya, Kedutaan Besar Jepang hanya akan menerima pengajuan visa sebagai berikut :
    a. Registrasi Bebas Visa (Visa Waiver) E-Paspor (Bisa juga dilakukan di JVAC)
    b. Visa Diplomatik dan Visa Dinas
    c. Transfer Visa dari paspor lama ke paspor baru
    d. Penerbitan Visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan

 

  1. Seluruh pengajuan visa maupun registrasi bebas visa di JVAC ini akan dikenakan biaya administrasi per paspor. Para aplikan membayar biaya visa dan biaya administrasi saat pengambilan visa

 

  1. Bagi yang berdomisili di wilayah yurisdiksi Konsulat Jenderal Surabaya, Medan, Denpasar dan Kantor Konsuler Makassar, pengajuan tetap dilakukan di konsulat jenderal atau kantor konsuler masing-masing

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa mengunjungi website resmi Kedutaan Besar Jepang yang tertera di atas. Semoga, artikel cara bikin visa Jepang gratis ini dapat memberi manfaat bagi sahabat explorer. Dengan demikian, kalian bisa sesegera mungkin untuk mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan, dan langsung bisa menikmati berlibur ke Jepang bersama keluarga!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar