Gaya Hidup Jepang

Cara Mengurus Visa Ke Jepang Dengan Paspor Biasa

Cara Buat Visa Jepang - YOEXPLORE.co.id
image source : matcha.com

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, sebelumnya kita pernah membahas artikel mengenai cara membuat Visa ke Jepang dengan menggunakan E-paspor. Cara membuat visa tersebut tentunya akan lebih mudah dan tanpa biaya. Akan tetapi, biaya untuk membuat e-paspor tersebutlah yang lumayan lebih mahal dibandingkan dengan paspor biasa pada umumnya. Untuk pembuatan visa, tentunya dengan paspor biasa akan sedikit lebih rumit. Banyak sekali hal-hal yang harus kalian persiapkan sebelum mendapatkan izin untuk mengunjungi Negeri Sakura tersebut. Cara buat visa Jepang dengan paspor biasa, tentunya akan memakan waktu yang lebih lama juga dibanding dengan E-paspor. Sebaiknya, kalian persiapkan dari jauh-jauh hari apabila ingin pergi berlibur ke Jepang dengan paspor biasa ya sahabat explorer.

Syarat Cara Buat Visa Jepang Dengan Paspor Biasa

Kira-kira apa saja memang yang diperlukan untuk membuat visa ke Jepang? Cara buat visa Jepang yang satu ini memang membutuhkan beberapa dokumen penting yang wajib kalian punya. Mau tau persyaratannya? Yaudah yuk, langsung saja kita baca persyaratannya, jangan sampai ada yang ketinggalan ya sahabat explorer!

Berikut ini adalah persyaratan yang harus kalian penuhi ya sahabat explorer. Demi liburan ke Jepang, semua persyaratan ini pasti tidak akan menyusahkan kalian!

Persyaratan :

  • Paspor
  • Formulir Permohonan Visa
  • Pasfoto Terbaru
    – Ukuran 4.5 cm x 4.5 cm
    – Diambil 6 Bulan Terakhir dan Tanpa Layar
    – Bukan Hasil Edit
    – Foto Jelas/Tidak Buram
  • Fotocopy KTP (Surat Keterangan Domisili)
  • Fotocopy Kartu Mahasiswa Atau Surat Keterangan Belajar (Hanya Bila Masih Mahasiswa)
  • Bukti Pemesanan Tiket
  • Jadwal Perjalanan (Semua Kegiatan Dari Masuk Hingga Keluar Jepang)
  • Fotocopy Dokumen Yang Bisa Menunjukkan Hubungan Dengan Pemohon, Seperti Kartu Keluarga, Akta Lahir, dlsb (Bila Pemohon Lebih Dari Satu)
  • Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan: Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya perjalanan:
    – Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir
    (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).

Jangan Sampai Ada Dokumen Yang Tidak Lengkap

Sahabat explorer, itulah persyaratan cara buat visa Jepang yang paling utama. Selain syarat-syarat tersebut, kalian juga harus memperhatikan beberapa hal lainnya. Kalian harus membuat itinerary yang jelas, karena ini dibutuhkan untuk membuat visa tersebut. Memang tidak perlu rinci sampai  ke rute jalan kalian sebut, tapi cukup garis besarnya saja sahabat explorer. Kalian cukup mengikuti template yang ada, dan menuliskan nama tempat wisata yang jelas.

Kalian harus menempelkan foto kalian dengan lem ya, jangan sampai lepas! Selain itu, semua dokumen harus disusun sesuai dengan urutan, jangan sampai dilipat atau ditekuk juga ya sahabat explorer.

Jangan gunakan kertas lain selain A4. Kalian harus menggunakan kertas A4 untuk semua jenis aplikasi form untuk cara buat visa Jepang tersebut. Jangan pernah coba mengganti dengan kertas folio F4 ya sahabat explorer, karena sudah pasti ditolak!

Proses pembuatan visa paling cepat 4 hari. Permohonan visa tersebut akan ditolak jika persyaratan tidak tersedia secara lengkap. Setelah proses pemeriksaan selesai, kalian akan diinformasikan apabila ada dokumen tambahan yang diperlukan. Permohonan visa ini hanya akan diproses di Konsulat yang sesuai dengan wilayah yurisdiksi masing-masing.

Biaya Pembuatan Visa Ke Jepang Terbaru!

Cara buat visa jepang dengan paspor biasa ini, tentunya dikenakan biaya nih sahabat explorer. Dilansir dari situs resmi kedutaan Jepang di Indonesia, rincian biaya untuk pembuatan visa ke Jepang per 1 April 2018 adalah seperti berikut :

  1. Visa Single Entry : Rp 360,000,-
  2. Visa Multiple Entry : Rp 720,000,-
  3. Visa Transit: Rp 80,000,-

Seperti itulah cara buat visa Jepang dengan menggunakan paspor biasa. Sahabat explorer yang ingin pergi berlibur ke Jepang, harus memperhatikan hal-hal yang di atas tadi yaa. Dengan adanya kelengkapan tersebut, kalian hanya tinggal menunggu proses permohonan visa tersebut selesai, lalu berangkat deh ke Jepang!

Baca Juga : Sekarang Mengurus Visa Ke Jepang Bisa Gratis Loh!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar