Gaya Hidup

Hidup Sehat Ditengah Kesibukan Kerja, Memangnya Bisa?

cara hidup sehat - yoexplore - sukalive
Image source: sukalive

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, apakah kamu orang yang super sibuk karena pekerjaan? Nah, karena pekerjaan yang begitu banyak inilah sehingga kamu seakan-akan nggak ada waktu untuk hidup sehat. Padahal sebenarnya hidup sehat itu banyak manfaat positifnya, contohnya yaitu meningkatkan produktifitas kamu dalam bekerja. Tapi, apakah mungkin hidup sehat ditengah kesibukan kerja? Tentu bisa dong! Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai komitmen hidup sehat yaitu optimis dan membuang sikap acuh tak acuh terhadap kesehatan tubuhmu. Jadikan hidup sehat ini menjadi kebiasaan baik dan timbal baliknya kamu akan mendapatkan segudang manfaat baik. Gimana? Udah penasaran dengan cara hidup sehat ala YoExplore?

Weekend=Olahraga | Cara Hidup Sehat

cara hidup sehat - yoexplore - travel.kompas

Image source: travel.kompas

Cara hidup sehat yang pertama ini memang terlihat old style banget. Tapi, perlu diingat kalau nggak hanya otak yang perlu olahraga yaitu pada saat kamu bekerja, tubuhmu juga! Setelah sibuk bekerja selama weekdays, kamu pasti tergoda untuk beristirahat seharian selama weekend. Eits, sebelum kamu istirahat, sebaiknya lakukan olahraga ringan dulu yah! Olahraga nggak harus di gym atau tempat olahraga formal lainnya, kok. Kamu bisa mencoba olahraga ringan dan santai tapi bermanfaat di taman kota atau kompleks di sekitar rumahmu. Contohnya yaitu jogging atau jalan-jalan sore. Mudah kan? Setelah itu pasti kamu akan merasakan tubuh yang lebih bugar dan segar serta siap bekerja di hari Senin!

Makan Makanan Yang Bergizi

cara hidup sehat - yoexplore - qerja

Image source: qerja

Siapa diantara kamu yang suka membuat alasan untuk menunda makan saat diberikan banyak tugas ataupun ada deadline yang semakin mendekat? Coba deh kamu pikirkan, apakah sikapmu ini ada manfaatnya? Menunda makan itu nggak akan membuat kamu makin produktif dalam mengerjakan tugasmu, loh. Malah kamu akan merasa lemas dan nggak bisa berpikir dengan lancar karena lapar. Nah, maka dari itu kalau sudah waktunya makan siang, sebaiknya kamu luangkan waktu untuk menikmati makan siang dan juga beristirahat sebentar dari pekerjaanmu. Nah, ternyata makan tepat waktu aja belum lengkap loh. Cara hidup sehat juga harus dibarengi dengan makan makanan yang bergizi. Perbanyaklah makan sayur dan buah serta mengurangi mengkonsumsi junk food.

Baca Juga: Jenis Diet Manakah Yang Cocok Dengan Kalian?

Ingat Minum Air Putih

cara hidup sehat - yoexplore - marketeers

Image source: marketeers

Cara hidup sehat yang ketiga ini mungkin udah sering banget kamu dengar, kan? Tapi apakah udah kamu lakukan? Kamu pasti tahu ada banyak manfaat air putih bagi kesehatan tubuh manusia. Nah, alangkah baiknya kalau kamu nggak sekadar tahu manfaatnya aja, tapi bisa merasakan sendiri manfaatnya dalam tubuhmu. Sebagai orang dewasa, kamu harus mengkonsumsi delapan gelas air berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter setiap harinya. Dehidrasi yang diakibatkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh akan mempengaruhi kinerjamu karena otak yang kekurangan cairan akan membuat kamu lambat dalam berpikir. So, biasakan untuk minum air putih yah!

Hindari Begadang – Cara Hidup Sehat

cara hidup sehat - yoexplore - hellosehat

Image source: hellosehat

Susah yah membiasakan cara hidup sehat yang keempat ini? Alasannya karena setelah pulang kerja kamu akan menghabiskan waktu dengan scrolling Instagram. Instagram dan media sosial lainnya memanglah sangat menggoda setelah seharian kamu hanya sibuk bekerja tanpa mengecek media sosialmu. Tapi dengan menuruti keinginan mata, maka waktu yang berharga untuk istirahat akan terbuang percuma. Kamu jadi lupa waktu dan tidur larut malam padahal besok harinya harus bangun pagi untuk bekerja. Alhasil kamu jadi kurang tidur dan nggak bersemangat bekerja. Nah, maka dari itu segeralah beristirahat setelah pulang kerja untuk mengembalikan kebugaran tubuhmu sehingga besoknya kamu siap untuk bekerja lagi.

Mengkonsumsi Vitamin/Suplemen

cara hidup sehat - yoexplore - health.detik

Image source: health.detik

Setelah melakukan poin-poin cara hidup sehat di atas, bukan berarti kamu nggak akan pernah sakit. Terkadang perubahan cuaca yang tiba-tiba ataupun karena terlalu banyaknya tugas sehingga harus lembur dan kurang istirahat kadang bisa jadi penyebab kamu sakit. Oleh karena itu, kamu juga perlu mengkonsumsi vitamin/suplemen sesuai dengan dosis yang ditentukan. Vitamin/suplemen ini akan membantu badan kamu untuk bugar dan juga mengurangi kemungkinan kamu sakit.

Tentang penulis

Emily Emanuela

Emily Emanuela

Hi, Sahabat explorer! Saya adalah kontributor untuk konten di Majalah YoExplore. Saya suka banget menulis, termasuk menulis puisi. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di President University pada jurusan Public Relation. Saya berharap Sahabat explorer bakal menyukai tulisan saya. :)

Tinggalkan komentar