Gaya Hidup

Berikut Adalah 6 Cara Melindungi Diri Dari Virus Corona

cara melindungi diri dari virus corona - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: idntimes

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, seperti yang kita sudah ketahui, sekarang sedang heboh penyebaran Virus Corona yang berasal dari Wuhan, China. Virus yang satu ini terbilang mematikan, sahabat explorer. Sampai tulisan ini dibuat, korban tewas sudah mencapai 106 dan virus ini juga sudah tersebar di 13 negara termasuk Amerika dan juga Perancis. Di Indonesia sendiri, tepatnya di Bandung terdapat isu yang menyebutkan bahwa ada pasien yang diduga mengidap Corona tersebut, namun beberapa sumber telah menyebutkan bahwa ternyata pasien tersebut negatif Virus Corona. Beberapa negara sudah mulai mengirim travel warning ke China, sahabat explorer. Di Wuhan, China, sendiri keadaannya sekarang sangat mencekam, jalanan kosong melompong karena orang takut untuk beraktivitas di luar rumah. Di sisi lain, para semua unsur pemerintahan masing-masing negara bergerak cepat untuk menyebarkan informasi cara melindungi diri dari virus corona. 

6 Cara Melindungi Diri dari Virus Corona

Virus Corona ini menyebar dengan mudah melalui udara. Konon, virus ini berasal dari hewan kelelawar yang ditularkan kepada ular dan kemudian kepada manusia, sahabat explorer. Bahkan, intelejen Israel juga menyebutkan bahwa Virus Conora adalah senjata biologi China yang bocor. Virus ini juga mirip dengan MERS dan juga SARS, sahabat explorer. Dengan demikian, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) pada akhirnya memberikan beberapa anjuran bagi masyarakat Indonesia bagaimana cara melindungi diri dari Virus Corona yang mungkin saja nanti bisa masuk ke Indonesia. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca Juga: Saat Solo Traveling, Jangan Lakukan Hal Berikut Ini!

1. Sering Mencuci Tangan

Anjuran yang pertama adalah sering-sering mencuci tangan. Namun, bukan hanya sekedar cuci tangan saja, sahabat explorer. Kalian harus menggunakan sabun antiseptik agar kuman-kuman yang tidak terlihat tersebut mati. Lakukan selama kurang lebih 20 detik, dan cuci secara detil mulai dari sela-sela jari sampai ke telapak dan punggung tangan, sahabat explorer

Mencuci tangan juga dapat mencegah dari berbagai macam penyakit dan kuman jahat yang lainnya. Oleh karena itu, kalau bisa sebelum dan setelah makan kita rajin cuci tangan ya, sahabat explorer. Begitu juga pada saat mau tidur atau bangun tidur! Jangan sepelekan hal yang satu ini ya, sahabat explorer!

2. Gunakan Masker Bila Batuk Atau Pilek

Anjuran dari Kemenkes yang selanjutnya adalah menggunakan masker apabila kalian sedang batuk atau pilek. Masker bedah dan juga masker N95 adalah masker yang disarankan sebagai cara melindungi diri dari Virus Corona. Untuk perlindungan yang efektif, sebaiknya kalian rutin mengganti masker apabila pemakaiannya sudah lebih dari 6 jam, sahabat explorer

Selain itu, kalian juga pahami etika batuk dengan menutup mulut menggunakan tisu dan jangan buang ludah sembarangan, sahabat explorer. Kalau gejala batuk dan pilek kalian tidak kunjung membaik, maka segeralah untuk mengunjungi dokter, sahabat explorer. Dalam waktu ini, lebih baik jika kita lebih waspada!

3. Konsumsi Makanan Dengan Gizi Seimbang

Yang selanjutnya adalah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, sahabat explorer. Ini sangat penting juga untuk kesehatan kita selain sebagai cara melindungi diri dari Virus Corona. Terdapat isu kalau virus ini juga berasal dari makanan ekstrim masyarakat Wuhan, China. Untuk meminimalisir, lebih baik kalian tidak usah makan makanan ekstrim  dulu, ya, sahabat explorer. Lebih baik jika kalian tingkatkan konsumsi buah dan juga sayuran saja. Kemenkes juga menyarankan kalian agar tidak mengonsumsi daging yang tidak dimasak dulu alias mentah. Lebih baik masak dulu daging hingga matang untuk menghindari dari Virus Corona. 

4. Minimalisir Kontak Dengan Hewan

Yang selanjutnya adalah meminimalisir kontak dengan hewan apabila memang sangat tidak diperlukan. Seperti yang sudah disebutkan di atas,  bahwa penyebaran virus tersebut melalui hewan, sahabat explorer. Agus Dwi Susanto, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia mengimbau masyarakat Indonesia untuk menghindari sentuhan dengan hewan terutama burung ketika berkunjung ke luar negeri, melansir dari halaman Tempo. Bahkan, beliau juga menyarankan untuk tidak mengunjungi pasar basah, peternakan, maupun pasar hewan hidup agar terhindar dari virus yang mematikan ini. 

5. Jaga Barang Rumah Agar Bersih Dari Kuman

Yang selanjutnya adalah menjaga barang-barang di rumah agar bersih dari kuman. Walaupun bukan anjuran langsung dari Kemenkes, namun tidak ada salahnya bagi kita untuk menjaga barang-barang yang ada di rumah untuk selalu bersih, sahabat explorer. Tiap hari jangan malas untuk membereskan dan merapikan isi rumah, ya , sahabat explorer!

6. Lakukan Langkah Ini Jika Kalian Traveling Ke China

Jika kalian memang harus melakukan perjalanan ke China, maka lebih baik kalian melakukan hal-hal berikut ini. Yang pertama adalah menghindari dulu kerumunan, kalau memang tidak memungkinkan gunakan masker pelindung tersebut. Jika kalian mengalami gangguan pernapasan saat berada di China atau setelah kembali ke Indonesia, lebih baik langsung ke dokter dan langsung menceritakan riwayat perjalanan kalian. Sampai sekarang masih belum ditemukan obat untuk membunuh Virus Corona ini, sahabat explorer. Dengan demikian kalian harus memperhatikan langkah-langkah tersebut, ya!

Sahabat explorer, itulah beberapa caramelindungi diri dari virus Corona. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar