Gaya Hidup

Cara Menahan BAB Yang Benar? Bukan Pegang Batu!

cara menahan BAB - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: doktersehat

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, dalam sehari-hari sudah normal jika manusia melakukan BAK (Buang Air Kecil)  dan juga BAB (Buang Air Besar). Semua itu adalah proses alamiah dari tubuh manusia, dimana kita membuang kotoran dan juga sisa makanan yang ada di tubuh kita. Selain itu fungsinya adalah untuk membuang racun juga loh sahabat explorer. Dengan demikian, jika kita tidak ingin BAB atau BAK dalam beberapa hari, justru itu menandakan ada yang tidak beres dengan sistem pencernaan kita. Kalau sudah begitu lebih baik ke dokter saja ya sahabat explorer. Namun pertanyaannya, bolehkah BAB ditahan? Jawabannya sudah pasti boleh, namun jangan berlama-lama juga sahabat explorer, karena tidak baik untuk pencernaan kita lagi-lagi. Terkadang memang susah sekali menahan BAB apalagi jika kita dalam kondisi yang tidak mungkin untuk ke kamar mandi saat itu juga. Lalu, bagaimana ya cara menahan BAB yang benar?

Cara Menahan BAB

Dahulu kala sering kita mendengar sebuah mitos jika memegang batu atau mengantungi batu dapat menahan BAB. Sekali lagi itu cuma mitos sahabat explorer, tidak ada fakta medis yang membenarkan hal tersebut. Ada beberapa cara menahan BAB yang memang benar dan sudah terbukti secara langsung. Ini berguna banget bagi kalian yang sedang traveling ke luar kota atau keluar negeri nih sahabat explorer. Jika kalian susah menemukan toilet, lakukan beberapa hal ini agar kalian dapat menahan sementara rasa BAB tersebut. Simak ulasannya ya!

Baca Juga: Tips Mencegah Masuk Angin Sebelum Traveling

1. Mengubah Posisi Tubuh

Jika kalian sedang ‘kebelet’, maka yang kalian lakukan pertama adalah mengubah posisi tubuh. Cobalah berdiri atau berbaring saja sahabat explorer, dengan demikian tekanan di perut akan berkurang. Posisi tersebut juga membuat pernapasan menjadi jauh lebih lancar dan bisa meminimalisir dorongan feses dari dalam rektrum sahabat explorer.

Boleh banget nih dicoba bagi kalian yang terpaksa harus menahan BAB. Dijamin rasanya akan berkurang deh sahabat explorer. Langsung dicoba ya sahabat explorer kalau udah gak tahan!

2. Hindari Makanan Pemicu Mulas

Cara menahan BAB yang selanjutnya adalah dengan cara menghindari makanan yang dapat memicu perut mulas sahabat explorer. Karena kalau sudah ingin BAB dan kalian makan makanan yang pedas, pasti rasanya akan tambah sakit perut sahabat explorer. Kalian harus hindari makanan seperti ini setidaknya 3 jam sebelum keberangkatan sahabat explorer. Kalian bisa beli saja cemilan penunda lapar atau makanan-makanan yang sebagai pemicu sembelit. Namun ingat, konsumsinya jangan berlebihan ya sahabat explorer

3. Menunda Minum

Cara menahan BAB yang selanjutnya adalah dengan menunda minum terlebih dahulu. Namun ini kalian lakukan jika memang sudah kebelet ya sahabat explorer. Kenapa harus ditunda? Fungsi dari air minum adalah untuk melancarkan aliran pencernaan sehingga membuat keinginan untuk BAB itu tinggi sahabat explorer. Walaupun dalam perjalanan jauh kita tetap harus menghindari yang namanya dehidrasi, konsumsi airnya sedikit-sedikit saja ya sahabat explorer

4. Mengalihkan Pikiran

Cara menahan BAB yang selanjutnya adalah dengan mengalihkan pikiran kalian sahabat explorer. Kalian bisa mengalihkannya dengan mendengarkan musik misalnya, atau mambaca buku, ngobrol bersama teman-teman sambil bercanda. Pokoknya aktivitas apapun yang tidak menguras energi banyak ya sahabat explorer. Intinya adalah agar pikiran kalian ini teralih, dengan demikian perlahan rasa ingin BAB itu bisa hilang atau setidaknya berkurang jauh. 

Sahabat explorer, itulah beberapa cara menahan BAB jika sedang traveling yang mungkin bisa kalian terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar