Gaya Hidup

Mengalami Phobia Sosial? Ada Cara Mencegah dan Mengatasinya Loh!

cara mengatasi phobia sosial - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : jagad.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian pernah tahu yang namanya Phobia Sosial? Atau justru kalian adalah salah satu pengidap Phobia Sosial tersebut? Bagi kalian yang belum mengetahui, Phobia Sosial adalah ketakutan tanpa sebab yang dialami oleh seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain. Namun, ini bukan ketakutan karena berkenalan dengan orang baru atau sedang ingin melakukan presentasi di kantor dengan proyektor layar besar loh sahabat explorer. Yang dimaksud disini adalah ketakutan kalian untuk mempermalukan diri sendiri yang sangat kuat dan akhirnya mengambil alih. Dengan demikian kalian pada akhirnya benar-benar menghindari hal tersebut untuk terjadi. Kira-kira ada tidak cara mengatasi Phobia Sosial ini? Tenang saja sahabat explorer, semua ada caranya kok! Yang penting kalian menjalankannya dengan serius dan tentu dengan bersabar.

Cara Mengatasi Phobia Sosial

Gangguan kecemasan ini biasanya muncul dari masa kanak-kanak atau remaja awal, dan cenderung membaik seiring bertambahnya usia. Namun, bagi sebagian orang, Phobia itu tetap bisa mengikuti seumur hidup, sehingga menjadi malapetaka bagi kehidupan sosialnya. Orang yang mengalami kecemasan sosial, biasanya juga hanya memiliki hubungan sosial dan hubungan romantis yang sangat terbatas. Memiliki rasa ketakutan yang luar biasa akan dipandang negatif dan dihakimi orang lain, membuat mereka merasa tidak berdaya, terasingkan, kesepian dan bahkan depresi. Ini bukan hal yang patut diabaikan loh sahabat explorer, kalian harus concern mengenai hal ini, apalagi terhadap anak-anak kalian. Bagi kalian yang atau orang terdekat kalian mengalami kecemasan sosial ini, maka dalam artikel kali ini YoExplore akan memberikan tips cara mengatasi Phobia Sosial. Langsung simak ulasannya ya sahabat explorer!

Baca Juga : Dengerin 5 Lagu Barat Asik Ini Saat Traveling!

1. Kenali Pemicu

Cara mengatasi Phobia Sosial yang pertama ialah mengenali pemicu apa yang membuat kalian cemas. Bisa bermacam-macam, apakah saat bertemu dan tatap mata dengan seseorang di ruangan yang sepi atau di ruangan yang terbuka dan terlalu banyak orang yang pada akhirnya membuat kalian cemas. Mengenali pemicunya ini memang bukan soal yang gampang, namun tentu bisa dicari.

Biasanya, ada juga gejala fisik yang ditimbulkan saat kalian sedang merasa cemas dan juga gejalanya berbeda. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengingat atau mungkin mencatatnya ketika kalian sudah tidak cemas atau jauh dari keramaian. Setelah kalian mengetahui apa pemicunya, maka tentu akan lebih mudah untuk mencari solusi dari kecemasan tersebut.

Boleh langsung dicoba ya sahabat explorer tipsnya, semoga membantu!

2. Mencoba Untuk Rileks

Cara mengatasi Phobia Sosial yang kedua adalah dengan mencoba untuk rileks. Saat situasi sedang tidak baik bagi kalian, maka kalian harus sesegera mungkin ‘menyadarkan’ diri kalian dan mencoba untuk rileks. Agar dapat rileks, kalian harus menarik nafas dalam-dalam dan secara perlahan.

Tentunya menarik nafas dalam-dalam bukan untuk menghilangkan cemas, namun lebih untuk menghindari kalian dari gejala pusing atau gejala lainnya. Biasanya, saat orang sedang cemas, maka nafas cenderung akan lebih cepat dari biasanya. Maka dari itu, timbul pusing-pusing, kesemutan, dan lain-lainnya.

Saat kalian sudah dalam kondisi rileks, maka kecemasan akan berkurang, dan pada akhirnya kalian bisa berpikir jernih dan mengambil langkah berikutnya.

Hal ini memang tidak gampang, namun kalian pasti bisa kalau memang berniat untuk mengatasi kecemasan sosial ini. Boleh langsung dicoba tipsnya ya sahabat explorer!

3. Latihan Untuk Tidak Menghindar

Cara mengatasi Phobia Sosial yang ketiga adalah latihan untuk tidak menghindar. Mungkin ini yang paling sulit dari semuanya, karena sudah menjadi kebiasaan sebelumnya. Menghindar dari hal yang membuat kalian cemas bukanlah sebuah solusi. Memang melegakan, namun tidak menyembuhkan kalian dari phobia yang satu ini.

Saat sedang mengalami kecemasan, maka cobalah untuk hadapi atau minimal tidak menghindar. Oleh karena itu, paksa diri kalian untuk menghadapi hal yang kalian takutkan tersebut, dan biasakan melakukannya berulang-ulang ya sahabat explorer. Dengan melakukan hal ini berulang-ulang, maka kalian akan terbiasa dengan situasi tersebut. Pada akhirnya kalian akan semakin merasa percaya diri dan pelan-pelan menghilangkan kecemasan sosial tersebut.

Memang tidak ada yang instan ya sahabat explorer, perlahan tapi pasti kalian akan bisa melakukannya. Silahkan langsung dicoba mulai dari hari ini!

4. Merubah Pola Pikir

Cara mengatasi Phobia Sosial yang selanjutnya adalah mulai merubah pola berpikir kalian. Seringkali kecemasan itu timbul dari pikiran kalian sendiri. Semisal, kalian sakit perut, namun pikiran kalian sudah kemana-mana, padahal jika cek ke dokter mungkin penyebabnya hanya salah makan saja. Oleh karena itu, mulai lah untuk merubah pola pikir, dan selalu berpikiran positif.

Jika dalam kehidupan sosial, mungkin kalian berpikir kehadiran kalian dalam suatu lingkungan justru dipandang negatif, padahal sebenarnya tidak. Pikiran tanpa alasan tersebut memang terkadang menghantui kalian, oleh karena itu mulai rubah pola pikir dari sekarang. Fokuslah terhadap hal yang penting-penting saja, jangan memikirkan hal-hal yang justru membuat kalian cemas.

Phobia Sosial Bisa Dihilangkan!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips cara mengatasi Phobia Sosial yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar