Gaya Hidup

Anak Millenial Bisa Hidup Hemat Juga Kok! Ini Caranya!

Cara Menghemat Uang - yoexplore - moola.id
Image source: moola.id

YOEXPLORE.co.id – Semakin dewasa seseorang, semakin banyak pula kebutuhan dan keinginan yang dia harapkan bisa tercukupi. Hal ini sangat lumrah terjadi dan mungkin kamu juga merasakannya saat ini, sahabat explorer. Tapi, keadaan ini jangan sampai kamu jadikan alasan untuk membebani orangtua dengan meminta semua kebutuhan dan keinginanmu dicukupi. Jadi, gimana solusinya? Nah, solusi terbaik yaitu kamu bisa belajar cara menghemat uang. Selain tujuannya supaya kamu bisa mencukupkan diri dengan gaji/uang bulanan, kamu juga bisa membeli keperluan mendadak atau membeli barang yang selama ini kamu idam-idamkan.

Belajar cara menghemat uang itu susah nggak sih? Mungkin kamu ragu mencoba berhemat karena berpikir gaya hidup ini banyak tantangannya. Eits, faktanya berhemat nggak sesusah itu kok! Memang menantang, tapi nggak mustahil untuk kamu lakukan! Sebelum mempelajari cara berhemat, sebaiknya kamu menyiapkan niat dan komitmen untuk memulai gaya hidup ini. Sudah siap? Yuk mulai!

Utamakan Membeli Barang Kebutuhan

Cara Menghemat Uang - yoexplore - idntimes

Image source: idntimes

Nah, cara menghemat uang yang pertama yaitu ‘menutup mata’ terhadap godaan membeli barang keinginanmu. Loh, kok gitu? Ya iya, saat ini hingga kedepannya kamu hanya akan memfokuskan diri untuk memenuhi barang kebutuhanmu. Keinginanmu berbelanja di online shop atau hidup hedon dengan nongkrong di kafe sebaiknya kamu tahan dulu. Selain godaan dari keinginanmu sendiri, kamu juga harus siap menghadapi bujukan atau rayuan temanmu yang memang nggak berhemat seperti kamu. Memang ada aja rintangan dan godaan yang mengganggu saat mau hemat, tapi tetaplah berpegang pada komitmenmu.

Mengendalikan Keinginanmu Sebagai Cara Menghemat Uang

Cara Menghemat Uang - yoexplore - croatia-express

Image source: croatia-express

Sahabat explorer, mungkin kamu nggak sadar kalau keinginanmu bisa datang dari mata, hati, dan bahkan perutmu juga, loh! Dan untuk menolak keinginan ini, tentunya kamu perlu latihan setiap hati. Jangan sampai berkompromi dan akhirnya gagal untuk hemat. Kompromi yang paling sering seperti “ah, hari ini mau beli pizza hut deh, besok janji mau hemat makan di warung aja” atau “kaset game terbaru udah keluar nih, ngga apa-apa hari ini boros besok coba hemat lagi deh”. Coba kamu pikirkan, kalau tiap hari kamu harus menunda dan berkompromi terus-menerus, bisa jadi kamu nggak akan pernah memulai cara menghemat uang!

Belajar Memasak

Cara Menghemat Uang - yoexplore - food.detik

Image source: food.detik

Loh, apa hubungannya belajar memasak dengan cara menghemat uang? Tentu ada dong, sahabat explorer. Dengan memasak kamu akan makin hemat karena nggak perlu beli makan di luar yang 2 kali lipat lebih mahal! Coba deh kamu hitung-hitung, harga makanan di luar sekitar Rp.15.000-Rp.20.000 perporsi dan kalau makan 3 kali sehari kamu bisa menghabiskan uang paling mahal Rp.60.000. Padahal dengan Rp.60.000 kamu udah bisa belanja bahan makanan di pasar untuk 2-3 hari.

Cara Menghemat Uang dengan Menabung Sehabis Gajian/Terima Uang Bulanan

Cara Menghemat Uang - yoexplore - blogunik

Image source: blogunik

Apakah kamu masih berkuliah? Atau sudah bekerja? Tenang aja karena cara menghemat uang ini cocok untuk keduanya!

Pastikan kamu langsung menabung sehabis gajian/terima uang bulanan karena dengan begitu kamu sudah menetapkan bujet kebutuhan sehari-hari selama sebulan. Kamu harus melatih diri supaya nggak belanja melewati bujet itu dengan cara menggunakan uang porsi untuk belanja kebutuhan tanpa berpikir ada uang lebih/tabungan. Dengan begitu kamu akan terbiasa menggunakan uang dengan bijaksana dan lebih perhitungan (dalam arti yang positif) dalam menghabiskan uang. Akan lebih bagus lagi kalau ternyata pengeluaranmu kurang dari bujet yang ditetapkan.

Tabung Uang yang Tersisa Dihari Itu

Cara Menghemat Uang - yoexplore - koinworks

Image source: koinworks

Nah, kalau sudah terbiasa belajar menghemat uang, pasti jatah uang belanjamu perhari bersisa. Sisa uang itulah yang kamu tabung. Nggak masalah kalau sisa uangnya hanya Rp.1.000, karena uang tabungan itu lama-lama akan bertambah banyak kalau kamu sering menabung.

Mudah banget kan belajar cara menghemat uang? Setelah berhasil berhemat, kamu bisa memberikan reward untuk dirimu sendiri, loh! Misalnya aja dengan berlibur ke objek wisata impianmu di Indonesia atau di Asia Tenggara! Wah, tentu sensasi liburannya akan berbeda kalau berlibur menggunakan uang hasil tabungan sendiri, kan? Nah, saat ini kamu juga nggak perlu repot untuk merencanakan liburan, karena YoExplore dengan senang hati memberikan pelayanan paket tour untukmu.

Tentang penulis

Emily Emanuela

Emily Emanuela

Hi, Sahabat explorer! Saya adalah kontributor untuk konten di Majalah YoExplore. Saya suka banget menulis, termasuk menulis puisi. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di President University pada jurusan Public Relation. Saya berharap Sahabat explorer bakal menyukai tulisan saya. :)

Tinggalkan komentar