Gaya Hidup

Cara Mengurus Visa Liburan ke Australia

Cara Mengurus Visa Liburan ke Australia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, mungkin beberapa dari kamu memimpikan untuk dapat liburan ke Australia. Negara yang terkenal dengan Kangguru dan juga Koala tersebut memang memiliki berbagai macam keindahan alam yang menyejukkan mata. Beberapa tempat wisata yang ada di Australia yang menarik di antaranya adalah Sea Life Sydney Aquarium, Circular Quay, Shark Island, Fraser Island, dan lain-lain yang tentunya bisa bikin kamu makin gak sabar untuk liburan ke Australia. Australia memang merupakan benua sendiri yang memang dekat dengan Indonesia. Tidak heran, jika kamu sering melihat atau berkenalan dengan para turis Australia saat sedang liburan ke Bali. Bagi kamu yang ingin pergi mengunjungi Australia, tentunya dibutuhkan visa agar kamu bisa menikmati waktu liburan.  Cara mengurus visa liburan ke Australia itu cukup mudah kok, sahabat explorer

Cara Mengurus Visa Liburan Ke Australia

Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana agar dapat memperoleh visa tersebut. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk cara pembuatannya bagaimana!

Baca Juga: Cara Mengurus Visa Liburan Ke Turki!

Persyaratan

Tahap pertama cara mengurus visa liburan ke Australia  adalah mengumpulkan berbagai macam persyaratan yang harus kamu lengkapi ini, sahabat explorer. Syaratnya adalah:

  1. Mengisi formulir pengajuan visa untuk turis (form 1419). Kamu bisa download formulir permohonan visa ini dengan klik tautan disini.
  2. Paspor (asli dan fotokopi).
  3. Pas foto berukuran foto paspor.
  4. Fotokopi KTP dan juga KK.
  5. Surat keterangan bahwa bekerja dari kantor pemohon visa atau surat kepemilikan perusahaan jika kamu memiliki perusahaan ataupun usaha sendiri.
  6. Surat rekomendasi dari kerabat kerja atau teman yang mendukung rencana kamu untuk berangkat ke Australia. Pemberi rekomendasi bisa kerabat di Indonesia, atau juga penduduk lokal atau kerabat yang bermukim di Australia yang dibuktikan dengan surat keterangan status kependudukan dan tempat tinggal.
  7. Bukti keuangan sebagai jaminan selama kamu tinggal di Australia. Bukti keuangan ini bisa berupa cetak buku tabungan dan rekening koran selama 3 bulan terakhir.

Bagaimana Dengan Visa Untuk Umur Dibawah 18 Tahun?

Terkait dengan persyaratan di atas, mungkin akan timbul pertanyaan tentang bagaimana jika pemohon berumur dibawah 18 tahun? Syarat untuk membuat visa Australia bagi pemohon yang berusia kurang dari 18 tahun dan juga tanpa disertai orang tua harus dengan menyertakan formulir tambahan yaitu formulir 1229. Bagi para pemohon yang pergi ke Australia tanpa kedua orang tua, pemohon juga harus menyertakan KTP kedua orang tua selain menyertakan formulir tersebut, sahabat explorer. Jika pemohon visa hanya pergi dengan salah satu orang tua saja, formulir 1229 harus diisi oleh orang tua yang tidak pergi dan dengan dilampiri KTP dari orang tua yang tidak ikut tersebut.

Cara Membuat Visa

Setelah kamu mengetahui dan melengkapi persyaratan tersebut, maka kamu bisa langsung masuk ke dalam cara membuat visa ini, sahabat explorer

1. Siapkan seluruh persyaratan untuk membuat visa Australia.

Bagi kamu yang memang berdomisili di Jakarta, bawa persyaratan membuat visa Australia kamu ke Australia Visa Application Centre atau AVAC di Indonesia. Lokasi membuat visa di Jakarta tersebut beralamat di Kuningan City Lt.2, Setiabudi, Kuningan Jakarta.

Bagi kamu yang ingin membuat visa Australia di Bali, kamu juga bisa membawa semua persyaratan visa Australia yang telah kamu siapkan tersebut ke AVAC Benoa Square Lt.3, Kedonganan, Kuta, Bali.

2. Melakukan Pembayaran Visa Australia

Cara mengurus visa liburan ke Australia yang selanjutnya adalah melakukan pembayaran visa tersebut. Setelah semua persyaratan pembuatan visa Australia sudah kamu serahkan kepada AVAC, selanjutnya kamu akan diarahkan agar dapat melakukan pembayaran visa. Biaya visa Australia untuk turis atau untuk kunjungan kerja tersebut sebesar Rp1.590.000 (harga ini per 1 Januari 2019). Pembaharuan biaya visa biasanya akan dilakukan 2 (dua) kali setahun pada tiap bulan Januari dan Juli.

Ada beberapa cara untuk melakukan pembayaran visa Australia, sahabat explorer. Yang pertama adalah dengan uang tunai atau transfer bank. Selanjutnya, kamu bisa menunggu selama visa kamu diproses oleh Kedutaan Australia.

3. Menerima Visa Secara Elektronik

Yang selanjutnya adalah menerima visa secara elektronik. Kamu wajib tahu nih sahabat explorer, Australia sudah menggunakan visa elektronik yang terhubung dengan Electronic Travel Authority System (ETAS). Dengan demikian, status visa kamu saat terbang ke Australia bisa langsung terdeteksi oleh sistem yang sangat canggih tersebut dan tidak perlu pengecekan secara manual lagi. Keren banget, kan?

Sahabat explorer, itulah cara mengurus visa liburan ke Australia yang bisa kami informasikan kepada kamu. Apabila kamu membutuhkan bantuan untuk pengurusan visa liburan, kamu dapat menghubungi Qloti Concierge di WA +62-813-222-22-757.

Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kamu di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar