Gaya Hidup

Cara Mengurus Visa Liburan ke Canada

cara mengurus visa liburan ke canada - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: sightseeingscientist

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, tahukah kamu bahwa Canada telah dipilih sebagai negara terbaik dalam Best in Travel 2017 versi Lonely Planet dan juga negara paling damai dan tentram urutan ke delapan versi Global Peace Index 2017? Siapa sih yang tidak tertarik untuk mengunjungi negara dengan sejuta pesona ini? Jika kamu memang berniat untuk mengelilingi dunia, maka salah satunya mengunjungi Canada sudah menjadi hal yang wajib, sahabat explorer. Tetangga Amerika Serikat ini tidak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, sahabat explorer, tapi juga memiliki budaya, arsitektur dan komunitas warga yang juga istimewa dan menarik untuk kamu lihat. Masuk ke Canada juga tidak seribet proses masuk ke AS, meski sama-sama harus menggunakan visa kunjungan. Cara mengurus visa liburan ke Canada, kamu hanya perlu mengurusnya secara online dengan proses pembuatan yang cepat dan masa berlaku visa yang sangat panjang. 

Cara Mengurus Visa Liburan Ke Canada

Bagi kamu yang tertarik travelling ke Canada, tidak ada salahnya jika melihat prosedur membuat visa Canada di bawah ini sebagai panduan untuk kamu. Yuk, simak ulasannya!

1. Dua Cara Membuat Visa Canada

Ada dua cara mengurus visa  liburan ke Canada, yaitu secara online, atau menggunakan cara on paper, yang artinya kamu harus mencetak semua formulir yang sudah diisi dengan print laser di atas kertas putih non-glossy, sahabat explorer.  Selain itu, jika kamu memutuskan untuk mengurus visa secara on paper, kamu harus sertakan formulir khusus yang memberikan otorisasi bagi pihak lain untuk mengurusi visa kamu. 

Selain dua perbedaan yang ada di atas, pencetakan formulir yang sudah terisi dan pengajuan formulir khusus  tidak ada hal lain lagi yang menunjukkan perbedaan secara signifikan, sahabat explorer. Baik secara online maupun on paper, kamu juga harus melakukan pengisian formulir secara online terlebih dahulu dengan menyiapkan dokumen sesuai ketentuan yang ada dan melakukan pembayaran secara online karena mengingat cara pembayaran biaya visa melalui Bank Draft sudah tidak bisa diterima lagi dan bisa mendatangi pusat aplikasi visa VFS Global secara langsung.

2. Cek Apakah Kamu Berhak Membuat Visa Canada

Sebelum kamu mulai mempersiapkan dokumen dan juga mengisi formulir secara online, satu langkah yang harus kamu lakukan ialah memastikan apakah diri kamu berhak mengajukan visa Canada baik secara online maupun secara on paper. Langkah yang satu  ini sangat penting karena hasil dari pendataan ini akan menentukan apakah kamu termasuk layak masuk ke Canada atau tidak.

Ada pun formulir yang harus kamu isi untuk memastikan apakah kamu juga berhak membuat visa Canada bisa di klik di sini. Kamu juga harus menjawab semua pertanyaan yang diberikan dengan data dan sesuai dengan fakta. Adapun, pertanyaan yang akan diajukan nanti seputar kewarganegaraan, usia, pekerjaan, keluarga dan masih banyak hal lainnya.

Setelah kamu melengkapi semua pertanyaan di formulir online itu dan kamu sudah dinyatakan berhak membuat visa Canada secara online atau on paper, kemudian kamu akan mendapatkan ‘Personal Reference Code‘. Kode yang satu ini diperlukan untuk mendaftarkan akun dan juga visa kamu, sahabat explorer. Oleh karena itu, kamu harus menyimpan kode ini dengan baik-baik dan mengikuti petunjuk selanjutnya yang dijabarkan dengan jelas.

3. Persiapan Dokumen Pendukung Membuat Visa Canada

Seperti halnya dalam proses pembuatan visa ke sejumlah negara, kamu juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan visa kamu ke Canada agar bisa berjalan dengan mulus. Dokumen yang harus kamu siapkan bisa dalam bentuk fotokopi dan/atau hasil pemindaian.

Berikut adalah dokumen yang harus kamu persiapkan:

  • Paspor, proses pemindaian dikhususkan di dalam halaman identitas
  • Riwayat perjalanan, pemindaian visa maupun cap keluar masuk ke negara yang sudah dikunjungi dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir
  • Pas foto berukuran 35mm x 45mm atau 420×540 pixel dengan format JPG dan Size 240KB
  • Bukti perjalanan, seperti tiket pesawat, itinerary perjalanan, atau bukti pemesanan hotel
  • Bukti keuangan, yang membuktikan jika kamu mampu membiayai perjalanan, seperti rekening koran bank dalam waktu 4 bulan terakhir, surat keterangan bekerja atau usaha, bukti kepemilikan harta dan dokumen pendukung lainnya
  • Hasil pemindaian surat izin tinggal, belajar atau bekerja di luar negeri, jika punya
  • Hasil pemindaian visa Amerika Serikat yang masih berlaku, jika punya
  • Selain dalam bentuk hasil pemindaian, yang satu ini kamu juga disarankan untuk menyiapkan dokumen di atas dalam bentuk fotokopi.

4. Mengisi Formulir Secara Online

Dalam cara mengurus visa liburan ke Canada secara online atau on paper, pengisian formulir juga tetap dilakukan secara online, sahabat explorer. Nantinya, bagi kamu yang membuat visa Canada dengan on paper, hasil pengisian formulir tersebut harus dicetak dengan print laser di atas kertas putih yang non-glossy.

Ada pun formulir yang harus diisi antara lain:

  • Formulir Visa Kunjungan Sementara IMM5257, bisa kamu unduh di sini
  • Formulir Data Keluarga IMM5707, bisa kamu unduh di sini
  • Dokumen checklist, yang akan kamu lampirkan ketika kamu mengajukan visa, bisa kamu unduh di sini
  • Surat Pernyataan VFS, yang mengizinkan VFS mengurus visa kamu, bisa kamu unduh di sini

5. Pembuatan Akun Untuk Pengajuan Aplikasi Online

Setelah kamu mengisi semua formulir di atas, kamu akan lanjut ke halaman khusus yang menginstruksikan kamu agar mengikuti langkah-langkah yang harus kamu tempuh berikutnya. Langkah yang harus diambil ialah dengan membuat akun baru dengan mengklik ‘Register to get a key‘. Akun yang ini akan kamu gunakan untuk mengajukan aplikasi, membayar biaya visa sekaligus mengecek status aplikasi visa kamu. 

Setelah kamu membuat username dan password, kamu juga harus login menggunakan username dan password kamu tersebut untuk masuk ke dalam akun kamu di situs pemerintahan Canada. Setelah itu, kamu memilih visitor visa, study and/or work permit sebelum memilih melanjutkan ke langkah berikutnya. Kamu jangan lupa memasukkan ‘Personal Reference Code‘ yang sudah kamu dapatkan sebelumnya, lalu mengupload formulir serta dokumen pendukung yang telah kamu isi dan siapkan sebelumnya.

6. Pembayaran

Yang selanjutnya dalam cara mengurus visa liburan ke Canada adalah pembayaran. Proses pembayaran biaya pembuatan visa Canada kamu ini dilakukan secara online. Setelah sistem memverifikasi semua dokumen yang kamu berikan, kamu akan dibawa ke halaman khusus untuk pembayaran visa, yang dihargai sebesar 100 CAD.

Jika pembayaran sudah sukses kamu lakukan, kemudian kamu akan mendapatkan konfirmasi pembayaran. Setelah itu,, kamu tinggal membawa bukti konfirmasi pembayaran itu ke kantor VFS Global Jakarta atau yang ada di Surabaya, baik yang melakukan pengurusan visa secara online maupun on paper, dengan dokumen yang sudah dicetak sebelumnya dan juga persyaratan lainnya.

Alamatnya adalah:

  • Jakarta: Kuningan City Mall lantai 2 No. L2-19, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940
  • Surabaya: Graha Bukopin lantai 10, Jl. Panglima Sudirman No. 10-18, Surabaya, 60271

 

Di loket yang ditentukan, kamu langsung bisa menyerahkan bukti pembayaran, paspor kamu dan juga pas foto untuk kemudian diganti dengan tanda terima. Dalam waktu sampai empat hingga lima hari kerja, kamu akan mendapatkan notifikasi email untuk pengambilan visa dan juga paspor kamu.

Untuk yang mengurus visa secara on paper, kamu akan dibebani biaya tambahan sebesar CAD 27,15 (~288,832 IDR).

Sahabat explorer, itulah cara mengurus visa liburan ke Canada yang dapat kami informasikan kepada kamu. Apabila membutuhkan bantuan untuk pengurusan visa liburan, kamu dapat menghubungi Qloti Concierge di WA +62-813-222-22-757.

Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar