Gaya Hidup

Cara Mengurus Visa Liburan Ke New Zealand

cara mengurus visa liburan ke New Zealand - Yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: pakansi

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, bagi kamu yang memang penat dengan hiruk-pikuk kota dan juga rutinitas yang membosankan, maka liburan adalah solusinya. Kamu bisa pergi liburan ke tempat manapun yang kamu suka, baik dalam negeri maupun luar negeri. Semuanya bisa kamu kunjungi kapan pun kamu mau. Khusus untuk ke luar negeri, sebagian besar negara selain ASEAN, mewajibkan kamu mengurus  visa liburan. Termasuk juga visa untuk liburan ke New Zealand ini, sahabat explorer. Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara mengurus visa liburan ke New Zealand agar kamu dapat mengunjungi negara yang indah dan juga jauh dari keramaian. 

Cara Mengurus Visa Liburan Ke New Zealand

Mengurus visanya tidak terlalu sulit kok, sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya!

Baca Juga: Cara Mengurus Visa Liburan Ke Turki!

Persyaratan

Seperti biasa, dalam mengurus visa diperlukan juga beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu kami siapkan, sahabat explorer. Dokumen yang kamu perlukan adalah:

  • Form aplikasi yang dapat kamu unduh di sini
  • Dua lembar foto 3,5×4,5cm terbaru (foto kurang dari 6 bulan), berwarna, latar belakang berwarna terang (tetapi bukan putih). Ketentuan mengenai foto yang diterima bisa dilihat di sini
  • Paspor yang masih berlaku minimal enam bulan setelah tanggal kembali dari liburan di New Zealand. Rekening koran kamu 3 bulan terakhir, dengan saldo minimal 1000 NZD (sekitar Rp10.000.000) bagi kamu yang ingin tinggal hingga 1 bulan dan juga formulir sponsor dari warga negara Selandia Baru jika kunjungan kamu disponsori oleh mereka
  • Surat referensi kerja yang menyatakan bahwa kamu telah diizinkan untuk cuti, Surat Izin Usaha atau juga bukti kepemilikan perusahaan (untuk yang memiliki usaha sendiri), atau kartu pelajar (bagi pelajar dan mahasiswa)
  • Surat persetujuan dan juga fotokopi KTP dari orang tua bagi anak di bawah 17 tahun – jika kamu bepergian tanpa orang tua
  • Jadwal penerbangan. Tiket pesawat pulang-pergi tidak diwajibkan untuk dilampirkan ketika kamu mengajukan visa. Bahkan kedutaan menyarankan agar tidak membeli tiket dulu sampai visa sudah diterima.

Bagaimana, sahabat explorer? Persyaratannya mudah sekali kan? Bahkan, kamu tidak perlu repot-repot membeli tiket pesawat terlebih dahulu. Mari kita simak lanjutannya ya!

Cara Membuat Visa

Setelah semua dokumen sudah kamu lengkapi, sekarang saatnya kita masuk ke dalam cara mengurus visa liburan ke New Zealand. Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan, sahabat explorer dan akan kita kupas satu persatu. Simak ulasannya ya!

1. Aplikasi Melalui Counter

Yang pertama adalah aplikasi melalui counter. Bagi kamu yang berlokasi di Jakarta atau di Bali, kamu bisa melakukan aplikasi visa langsung dengan mendatangi Pusat Permohonan Visa Selandia Baru yang berada di:

  • Jakarta: Kuningan City Mall 2nd Floor No. L2-19, Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940.
  • Bali: Benoa Square Lantai. 3 No. 7-9.3/A, Jl. Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A, Kedonganan, Kuta, Bali 80361.

Permohonan visa dapat kamu lakukan mulai dari  pukul 08.00-16.00 setiap hari Senin sampai Jumat, kecuali hari libur. Namun, jika kamu berhalangan hadir, maka kamu dapat diwakilkan dengan membawa seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk proses pembuatan visa ke New Zealand yang kami tuliskan di atas. 

2. Aplikasi Melalui Pos

Yang selanjutnya adalah aplikasi melalui pos. Selain datang langsung ke Pusat Permohonan Visa, kamu juga bisa mengirimkan semua dokumen tersebut melalui pos ke alamat yang sama. Bahkan, kamu pun juga bisa memanfaatkan fasilitas penjemputan dokumen yang disediakan oleh Pusat Permohonan Visa Selandia Baru. Lengkapnya, baca di sini.

3. Aplikasi Online

Yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi online. New Zealand juga mempermudah proses pengajuan visa kamu dengan menyediakan fasilitas aplikasi visa secara online yang dapat kamu akses melalui situs web ini

Penggunaan website pun sangat mudah karena kamu dipandu dalam setiap langkahnya. Kamu cukup mengisi kolom yang kosong sesuai dengan kebutuhan kamu, sahabat explorer. Daftarkan diri kamu dan buat akun pada situs imigrasi online tersebut, lalu memulai proses pengajuan visa kamu. Isi sesuai dengan kebutuhan kamu dan terus ikuti petunjuk selanjutnya untuk melanjutkan proses pembuatan visa secara online. Ada berbagai formulir dan lampiran yang harus kamu lengkapi. Namun jangan khawatir, sahabat explorer, jika kamu mengikuti setiap langkahnya dengan baik, proses ini tidak akan terasa rumit kok. 

Setelah proses online sudah selesai dilakukan, maka tahap berikutnya adalah verifikasi paspor kamu. Ada 2 cara yang dapat kamu pilih yaitu,  datang ke Pusat Permohonan Visa Selandia Baru secara langsung atau mengirimkan paspor kamu melalui pos. Batas waktu untuk verifikasi paspor adalah maksimal 20 hari setelah proses aplikasi online selesai dilakukan, sedangkan proses verifikasi akan berlangsung selama kurang lebih 5 hari, sahabat explorer

Proses Pembayaran

Setelah kamu sudah melakukan salah satu dari 3 cara mengurus visa liburan ke New Zealand di atas, maka saatnya melakukan pembayaran, sahabat explorer. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk membuat visa ini kurang lebih sekitar Rp2.000.000, yang terdiri atdari biaya pengajuan visa (NZD 165), kemudian biaya verifikasi paspor (Rp186.500 untuk aplikasi online atau Rp 248.500 untuk aplikasi secara langsung atau menggunakan pos), serta biaya kurir untuk pengambilan dan pengembalian dokumen/paspor kamu jika melalui kurir. 

Ada 4 cara pembayaran yang dapat kamu lakukan:

  • Tunai
  • Kartu debit
  • Kartu kredit
  • Transfer bank ke Standard Chartered Bank, Sudirman, Jakarta pada nomor rekening 306-0897993-4 atas nama PT VFS SERVICES INDONESIA.

Setelahnya, cantumkan informasi di bawah ini bersamaan dengan permohonan visa kamu:

  • Tanggal Pengiriman Uang
  • Nama Bank
  • Nama Pengirim Uang
  • Jumlah yang dikirim

Kamu juga diharuskan mengirimkan informasi di bawah ini melalui email ke info.nzid@vfshelpline.com

  • Fotokopi tanda terima pengiriman
  • Fotokopi bukti pengiriman uang
  • Rincian pemohon

Proses cara mengurus visa liburan ke New Zealand akhirnya selesai, sahabat explorer. Kamu hanya tinggal menunggu selama 20 hari kerja. Apabila membutuhkan bantuan untuk pengurusan visa liburan, kamu dapat menghubungi Qloti Concierge di WA +62-813-222-22-757

Kalau sudah beres semua, kamu langsung pesan tiket pesawatnya di aplikasi Qloti, ya, sahabat explorer!

Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa, jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kamu di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar