Gaya Hidup

Takut Saat Naik Pesawat Tebang? Begini Cara Mengatasinya!

cara mudah mengatasi phobia naik pesawat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : youthmanual

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, bagi sebagian orang, traveling dengan menggunakan pesawat memang bukan menjadi pilihan. Mereka biasanya lebih memilih jalur darat atau jalur laut saja nih sahabat explorer. Ada berbagai macam alasan mengapa mereka tidak memilih pesawat sebagai transportasi utama. Alasan yang paling umum mungkin karena tiket pesawat yang mahal apalagi sekarang-sekarang ini, harganya semakin tidak masuk ke akal hari demi hari. Selanjutnya, ada yang beralasan dengan transportasi darat mereka bisa melihat pemandangan yang indah yang memang tidak pernah dilihat sebelumnya di kota-kota besar. Dan ada juga yang memiliki alasan phobia pesawat terbang. Alasan terakhir tersebut memang juga banyak dialami oleh masyarakat loh sahabat explorer. Ada yang mungkin pernah mengalami kejadian tidak mengenakan, ataukah dia merupakan seorang korban selamat dari kecelakaan pesawat dan lain-lainnya. Namun, ada beberapa cara mudah mengatasi phobia naik pesawat bagi kalian yang mengalaminya.

Cara Mudah Mengatasi Phobia Naik Pesawat

Banyak orang yang akhirnya menjadi phobia saat naik pesawat dikarenakan menonton film yang berhubungan dengan kecelakaan pesawat atau melihat banyak berita mengenai kecelakaan tersebut. Memang harus diakui, kita akan pasrah saat sudah berada di dalam pesawat tersebut dan hanya bisa berdoa. Namun, bagi yang phobia, tentu saja ini benar-benar lebih dari itu rasanya sahabat explorer. Tetapi tenang saja ya, ada kok beberapa cara mudah mengatasi phobia naik pesawat bagi kalian yang memang membutuhkannya. Simak terus ulasannya ya sahabat explorer!

Baca Juga : Mengalami Phobia Sosial? Ada Cara Mencegah dan Mengatasinya Loh!

1. Temukan Pemicunya

Cara mudah mengatasi phobia naik pesawat yang pertama adalah dengan menemukan pemicunya. Tentu saja pemicunya juga bukan hanya sekedar berada di ketinggian saja sahabat explorer, banyak sekali faktor lainnya. Sebab, untuk menghilangkan kondisi yang tidak baik tersebut, kalian juga harus tau apa yang menjadi pemicunya. Bisa jadi kalian ketakutan berada di ruang sempit selama lagi mengudara, oleh karena itu solusinya adalah duduk di jendela sahabat explorer.

Jika tidak memungkinkan, maka kalian bisa memejamkan mata kalian lalu membayangkan langit luas di pikiran kalian hingga kalian merasa tenang. Boleh banget dicoba nih sahabat explorer!

2. Cari Info Seputar Pesawat Sebelum Terbang

Cara mudah mengatasi phobia naik pesawat yang selanjutnya adalah mencari informasi mengenai pesawat sebelum terbang. Otak kita terkadang suka mengandai-andai jika terjadi sesuatu yang tidak pernah kita rasakan sebelumnya. Bagi orang yang paham, mungkin itu hanyalah beberapa efek dari mengudara itu sendiri. Daripada kalian ketakutan sendiri, maka kalian lebih baik cari tahu informasi mengenai pesawat itu sendiri, sahabat explorer. Walaupun tidak menghilangkan secara keseluruhan, namun mengurangi secara minimum juga lebih baik daripada cemas total kan sahabat explorer.

3. Terapi Diri Sendiri

Cara mudah mengatasi phobia naik pesawat yang selanjutnya adalah melatih diri kalian dengan ketakutan tersebut. Jika masalahnya adalah pada ketinggian, maka kalian bisa melatihnya dengan naik ke lantai paling atas gedung. Mungkin memang mustahil dilakukan pada hari pertama, namun kalian bisa lakukan secara bertahap, dan beranikan diri untuk melihat pemandangan di bawahnya. Lakukan bertahap sampai kalian bisa menghilangkan kecemasan tersebut.

Jika kalian phobianya saat berada di bandaranya, maka kalian perlu datangi bandara tersebut, tidak perlu melakukan penerbangan. Memang terdengar aneh, namun terapi ini bisa membantu kalian untuk mengurangi phobia tersebut. Silahkan dicoba ya sahabat explorer!

4. Menenangkan Diri Saat Turbulensi

Cara mudah mengatasi phobia naik pesawat yang selanjutnya adalah menenangkan diri saat sedang terjadi turbulensi (goncangan). Itu merupakan hal yang normal saat berada di dalam pesawat, baik pelan atau keras, turbulensi itu tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, biasakan diri kalian untuk tenang saat terjadi hal ini.

Pola berpikirnya seperti ini saja sahabat explorer, anggap saja kalian sedang berada di mobil dan sedang melewati jalanan berlubang atau tidak rata, tentu akan bergoyang bukan? Nah sama seperti di pesawat! Kita takut karena kita tidak bisa melihat “jalan berlubang atau tidak rata” tersebut, makanya jadi panik. Kalian bisa menganggap seperti itu ya!

Jangan Takut Naik Pesawat!

Sahabat explorer, itulah beberapa cara mudah mengatasi phobia naik pesawat yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa, jangan lupa untuk ceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar