Gaya Hidup Korea

Bingung Cara Urus Visa ke Korea? Simak Ulasannya Ya!

Cara mudah mengurus visa liburan ke korea - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : airpaz

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mungkin banyak dari kalian yang ingin berkunjung ke negara yang terkenal dengan K-Pop dan Drakor (drama Korea) ini. Penggemarnya di Indonesia itu sendiri memang sudah jutaan, baik dari yang muda sampai yang tua. Tidak heran jika sekarang banyak sekali orang yang mau berlibur ke Korea karena terpana dengan keindahan yang disajikan dalam film-film Korea tersebut. Berlibur ke Korea memang mungkin akan sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan ke Jepang sahabat explorer. Kalau ke Jepang, khusus pemegang E-Passpor, maka akan gratis visa selama beberapa hari. Khusus untuk ke Korea, ternyata masih belum gratis nih sahabat explorer, tapi kalian tenang saja. Kami punya informasi cara mudah mengurus visa liburan ke Korea untuk kalian semua. Yang penting kalian harus siapkan beberapa dokumen penting yang akan kita bahas di bawah ini sahabat explorer.

Cara Mudah Mengurus Visa Liburan ke Korea

Kapan lagi bisa liburan ke Korea? Tentunya, YoExplore juga memiliki paket untuk liburannya loh! Kalian bisa klik tautan Liburan Keluarga ke Korea ini ya sahabat explorer. Sekarang mari kita lanjut untuk proses pembuatan visa ke Koreanya. Untuk urusan liburan, Korea Selatan memang mewajibkan wisatawan untuk memiliki visa sebelum berkunjung ke negaranya. Tidak peduli untuk urusan pekerjaan atau untuk berlibur. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai langkah-langkah cara mudah mengurus visa liburan ke Korea bagi kalian yang ingin berkunjung ke Negeri Ginseng tersebut. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Mau Hemat Saat Liburan ke Belanda? Bisa Banget Kok!

1. Memilih Jenis Visa

Cara mudah mengurus visa liburan ke Korea yang pertama adalah memilih jenis visa yang tersedia. Untuk pilihan jenis visa Korea, ada beberapa jenis yang bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan. Jenis-jenisnya adalah :

  • Single Visa (Kunjungan dibawah 90 hari) IDR 560.000
  • Single Visa Khusus (Kunjungan diatas 90 hari) IDR 840.000
  • Double Visa (Kunjungan sebanyak 2x dan berlaku selama 6 bulan) IDR 980.000
  • Multiple Visa (Kunjungan berkali-kali dengan masa berlaku selama 5 tahun) IDR 1.260.000

Terpampang dengan jelas ya sahabat explorer, untuk beberapa jenis visa tersebut memiliki harga yang berbeda. Selain itu, untuk pengajuan Multiple Visa hanya bisa dilakukan bagi kalian yang sudah pernah mengunjungi Korea Selatan sebanyak 2x atau pernah pergi ke Amerika Serikat. Setelah menentukan jenis visa yang kalian perlukan, waktunya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya sahabat explorer! Cekidot ya!

2. Kelengkapan Dokumen Persyaratan

Cara mudah mengurus visa liburan ke Korea yang selanjutnya adalah melengkapi semua dokumen persyaratan. Setelah memilih visa sesuai dengan kebutuhan kalian, maka kalian juga harus memenuhi persyaratan yang selanjutnya nih sahabat explorer. Kira-kira ada apa saja ya? Ini dia syarat-syaratnya!

  1. Mengunduh formulir pendaftaran dengan foto yang sudah ditempel. (Foto ukuran 35mm x 45mm dengan background putih). Bawa lah cadangan foto untuk antisipasi.
  2. Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (berupa halaman identitas/cap negara yang telah dikunjungi)
  3. Dokumen Bukti Kekeluargaan atau KK
  4. Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja
  5. Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar (bagi yang masih sekolah)
  6. Fotokopi Bukti Keuangan (SPT PPh 21 / Rekening Koran 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank)

Tidak hanya itu saja sahabat explorer, masih ada persyaratan yang lainnya juga. Syarat-syaratnya adalah :

  1. Pelajar/Mahasiswa wajib melampirkan Surat Keterangan Mahasiswa atau Pelajar dan Bukti Keuangan Orang Tua.
  2. Ibu Rumah Tangga dan tidak memiliki penghasilan, maka wajib melampirkan Bukti Keuangan Suami atau Keluarga.
  3. Sedangkan bagi kalian yang ingin membawa Asisten Rumah Tangga, wajib melampirkan Surat Sponsor dari Employer berupa Surat Keterangan Kerja dan Kartu Keluarga.

Gimana sahabat explorer? Syarat-syaratnya cukup lumayan sulit ya? Hehe tapi tidak masalah kok! Selama ada niat, pasti semua bisa terjalani!

3. Mengisi Formulir

Cara mudah mengurus visa liburan ke Korea yang selanjutnya adalah dengan mengisi formulir. Setelah persyaratan nomor 1 dan 2 sudah kalian penuhi, maka kalian bisa mengisi formulir yang sudah kalian unduh tadi. Isi formulir dengan lengkap dan juga dengan data yang sebenar-benarnya, biar prosesnya cepat dan tidak rumit sahabat explorer.

4. Melakukan Proses Pendaftaran dan Juga Pembayaran

Cara mudah mengurus visa liburan ke Korea yang selanjutnya adalah dengan melakukan proses pendaftaran dan juga pembayaran. Kalian harus menyerahkan berkas untuk pengajuan visa tersebut, dan harus diingat nih sahabat explorer, pelayanan pengajuan hanya dibuka pada pukul 09.00 – 11.30, jadi harus datang pagi-pagi biar ga antre. Selama di kedutaan Korea Selatan tersebut, ada beberapa proses yang akan kalian lakukan sebagai berikut :

  1. Membayar biaya visa yang sudah kalian pilih di Bank yang terdapat di dalam Kedutaan Besar Korea. Setelah kalian membayar biaya visa yang dipilih, kalian akan mendapatkan materai untuk di tempel di formulir aplikasi
  2. Setelah membayar dan mendapatkan materai, kalian akan diarahkan untuk menuju tempat pendaftaran visa. Jangan lupa untuk siapkan identitas seperti KTP untuk pengecekan awal.
  3. Mengambil nomor antrian sesuai dengan jenis visa yang kalian pilih dan menunggu hingga nomor antrian kalian dipanggil.

Setelah itu, kalian hanya tinggal menyerahkan dokumen dan tanda terima yang wajib kalian bawa saat pengambilan paspor dan visa nantinya. Prosesnya selama 6 hari kerja sahabat explorer, terhitung dari hari pertama kalian mengajukan, jadi untuk mengambil visa yang di approved kalian harus menunggu sekitar seminggu.

5. Cek Status Visa Secara Online

Cara mudah mengurus visa ke Korea yang selanjutnya adalah dengan mengecek status visa kalian secara online nih sahabat explorer. Sebenarnya ini prosesnya sudah mau selesai, namun kalian bisa mengecek statusnya di https://www.visa.go.kr/ . ada 3 jenis keterangan status, yaitu review, approved, rejected. Jika sudah ada tulisan approved pada status kalian, maka kalian bisa langsung mengambil visanya setelah masa 6 hari proses hari kerja tersebut sahabat explorer. Jadi, tolong sabar menunggu ya! Hehe

6. Pengambilan Paspor dan Visa

Cara mudah mengurus visa ke Korea yang selanjutnya adalah dengan mengambil paspor dan visa yang sudah di approved tadi sahabat explorer. Berbeda dengan yang sebelumnya saat melakukan pengajuan, kalau mengambil visa yang sudah jadi, waktunya dimulai dari 13.30 – 16.00. Jangan lupa untuk membawa tanda terimanya sahabat explorer. Kalian hanya perlu menaruhnya di dalam keranjang yang disediakan, lalu tinggal menunggu nama kalian dipanggil deh!

Pesan Tiket di Qloti Apps!

Sahabat explorer, itulah beberapa langkah cara mudah mengurus visa ke Korea yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. By the way, beli tiket pesawatnya juga bisa di Qloti Apps loh! Kalian bisa mengunduhnya langsung di Playstore kalian!

Silahkan Download Aplikasi Qloti Disini!

Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar