Gaya Hidup

4 Ciri-Ciri Orang Yang Malas Bekerja

ciri ciri orang yang malas kerja - YOEXPLORE.co.id - YoEXplore
image source : dictio

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, memang mencari pekerjaan di Jakarta itu memang susah-susah gampang. Butuh kesabaran dan ketekunan dalam mencari pekerjaan yang kalian inginkan. Walaupun sekarang sudah banyak pekerjaan yang berstatus “Freelance”, namun kalian juga tetap harus mencari pekerjaan yang Full Time atau berdasarkan dengan kontrak. Karena, sebelum Freelance kalian selesai, belum tentu kalian mendapatkan Freelance lagi yang lainnya. Bahkan mungkin untuk mencarinya saja tidak ada waktu karena kalian sibuk dengan job yang sedang kalian kerjakan. Namun, itu semua ada positifnya kok sahabat explorer, yang penting kalian niat dan gak nambahin ciri ciri orang yang malas kerja tuh jadi semakin banyak. Dengan adanya Freelance, kalian bisa ‘memenuhi’ CV dan Portofolio kalian. Dimana saat kalian ingin melamar pekerjaan full time contract, hal-hal tersebut sangat dipertimbangkan oleh HRD.

Ciri Ciri Orang Yang Malas Kerja Adalah Ciri Orang Gagal!

Biasanya, orang yang menjadi Freelancer itu adalah orang yang sebenarnya giat bekerja. Buktinya, mereka tidak malas dan hanya bersantai-santai di rumah menunggu dapat pekerjaan. Mereka mencari pengalaman dan pekerjaan dengan waktu yang singkat untuk mendapatkan uang dan tidak selalu mengandalkan uang dari orang tua mereka. Kira-kira kalian termasuk salah satu orang yang seperti ini gak sahabat explorer? Bagus ya kalo iya. Sedangkan yang satu ini adalah antonimnya nih sahabat explorer. Sesuai dengan tema hari ini, kita akan membahas mengenai ciri ciri orang yang malas kerja. Lucunya, mereka selalu punya alasan yang bikin argumentasi mereka itu kuat. Penasaran seperti apa ciri-cirinya? Yuk, langsung kita simak aja!

1. Masih Pengen Santai

Ciri ciri orang yang malas kerja yang pertama adalah dengan ngomong “Masih pengen santai dulu nih!”. Mungkin menurut dia cari kerja itu sekali ngelamar akan langsung keterima ya sahabat explorer, hehe. Padahal, orang yang prestasi semasa kuliah atau sekolahnya bagus aja gak jaminan dapat kerja dengan cepat, apalagi kalau yang model begini nih. Padahal nilai sudah pas-pas-an, ditambah malas buat nyari kerja. Ingat, semakin tua umur, semakin susah  untuk mendapatkan pekerjaan, apalagi kalau kalian tidak punya pengalaman sekali. Soalnya, di Indonesia, pekerja yang dicari tuh yang berpengalaman, walaupun di bawahnya ada tulisan “Fresh Graduate Welcomed to Apply”, cuma yaaa, gitu deh!

Namun, hal tersebut jangan dijadikan alasan ya sahabat explorer, banyak cara agar kalian bisa mengembangkan soft skill atau hard skill yang kalian punya. Jadi, jangan gampang menyerah intinya!

2. Ingin Usaha Sendiri

Ini sebenarnya bagus dan hebat banget, tapi kalian membutuhkan pengalaman terlebih dahulu. Walaupun ini tidak terlalu melekat dengan ciri ciri orang yang malas kerja, namun kalau usahanya setengah-setengah atau tidak totalitas, bisa dipastikan kalau kalian itu malas. Hanya sekedar mimpi untuk menjadi pebisnis yang sukses, namun kalian tidak mau bangun dari mimpi tersebut dan mewujudkannya.

Memiliki pengalaman dalam bekerja juga ternyata sangat penting. Selain dapat memberikan kalian pengalaman dalam suatu bidang, kalian juga bisa mendapatkan ‘contoh’ dari seorang pemimpin bagaimana caranya untuk memimpin sebuah perusahaan. Jika menurut kalian itu tidak benar, toh kalian juga bisa tau sendiri bagaimana caranya, itu dapat dilihat dari kesuksesan perusahaan tersebut. Semua contoh itu sangat bermanfaat nih buat kalian, dan tentu bisa dijadikan sebagai panutan saat kalian sudah merasa cukup dan berani untuk membangun usaha kalian sendiri.

3. Belum Dapat Yang Cocok

Nah, ini adalah alasan yang paling klasik dari ciri ciri orang yang malas kerja. “Belum dapat yang cocok”, ini cari kerja bukan cari jodoh. Kriteria cocok atau enggak emang bisa dinilai se-spesifik itu? Kalau memang kalian benar-benar mencari seperti apa yang ada di angan kalian, tentu akan susah banget. Pasti kebanyakan dari kalian itu pengen kerja, gak ngapa-ngapain tapi dibayar kan? Hehe, bangun bosku. Mari hadapi kenyataan, kalau hal seperti itu tidak mungkin ada. Kalian harus mencari pekerjaan, memang harus sesuai dengan keahlian kalian, tapi jangan terlalu muluk-muluk ya sahabat explorer, nanti jadi pengangguran terus yang ada.

Baca Juga : Main Instagram? Sudah Tahu Sejarahnya?

4. Lanjutin Usaha Keluarga

Ini mungkin salah satu alasan yang bikin kita yang denger bakal merespon “oh gitu”. Yap, sepertinya cukup kaya gitu aja ya komentarnya sahabat explorer. Kalau dilihat-lihat, sebenarnya ini adalah salah satu ciri ciri orang yang malas kerja loh. Padahal, secara logika, kalau mau melanjutkan usaha keluarga yang turun temurun, dibutuhkan skill dan pengalaman yang banyak. Kenapa? Karena jelas-jelas kalian adalah pemimpin masa depan dari perusahaan keluarga tersebut. Jadi, sebelum tahta tersebut lengser ke tangan kalian, bekali dulu mental dan pengalaman kalian dengan bekerja di perusahaan orang lain. Jangan mikirin gengsi dulu ya sahabat explorer, karena kalau nanti kalian salah langkah dikarenakan kurang pengalaman, maka usaha keluarga yang turun temurun tersebut pada akhirnya bisa bangkrut loh.

Hal tersebut tentunya akan menjadi beban tersendiri bagi kalian. Jadi, sebelum hal buruk tersebut bisa kejadian, gak ada salahnya cari kerja dulu!

Malas Itu Adalah Hal Terburuk

Oke sahabat explorer, itulah beberapa ciri ciri orang yang malas kerja versi YoExplore. Bagi kalian yang termasuk dalam ciri tersebut, mikir lagi ya. Dampak negatif dari hal tersebut juga ternyata banyak loh sahabat explorer, gak ada bagus-bagusnya. Bisnis sih oke, tapi pengalaman adalah hal yang paling penting yang harus kalian dapatkan. Caranya? Ya dengan bekerja terlebih dahulu. Nikmati tekanan dan beban pekerjaan yang kalian dapat, dari sana kalian juga bisa mendapatkan tolak ukur dan tentu motivasi untuk menjadi lebih baik. Sampai disini dulu, sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya, have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar