Gaya Hidup

Indonesia Dilanda Cuaca Panas! Simak Tips Jaga Kesehatan Ini Ya!

cuaca panas - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: kompas

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menurut BMKG, Indonesia sedang dilanda cuaca panas dalam beberapa hari ke depan. Bahkan, di Papua sana bisa mencapai 40 derajat celcius, loh! Luar biasa banget kan panasnya? Tentunya hal ini menjadi penting untuk diperhatikan sahabat explorer, terutama untuk faktor kesehatan kita. Cuaca panas memang bisa menghambat aktivitas kita, apalagi jika pekerjaan kita adalah pekerjaan lapangan yang mengharuskan kita keluar dari kantor setiap harinya. Jika tidak diantisipasi, bisa-bisa bahaya sahabat explorer. Mungkin saat cuaca berada pada suhu 27 derajat Celcius kita akan tetap nyaman beraktivitas di luar.amun kalau sudah seperti sekarang, yaitu, kisaran 33-35 derajat Celcius, pasti rasanya terik banget deh

Cuaca Panas

Dengan suhu cuaca yang ekstrim tersebut, ada beberapa tips menjaga kesehatan saat cuaca panas yang ingin YoExplore bagikan kepada kalian. Hal ini harus menjadi perhatian loh sahabat explorer, karena risiko kesehatan yang mengancam juga tidak main-main. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk tipsnya ada apa saja! Cekidot!

Baca Juga: Serunya Tur Tiga Negara, Malaysia, Singapura dan Thailand

1. Minum Banyak Air Putih

Tips menghadapi cuaca panas yang pertama adalah banyak minum air putih. Cuaca panas dapat membuat tubuh kita gampang dehidrasi sahabat explorer. Dengan demikian, asupan air putih menjadi sangat vital bagi tubuh kita. Jika kalian merasa letih, kepala pusing, mual, dan keram, segera hentikan aktivitas dan langsung cari tempat yang sejuk sahabat explorer. Setelah itu langsung minum banyak air putih. Namun, perlu diingat ya jangan langsung minum air es atau air dingin. Hal itu bisa menyebabkan pembuluh darah mikro kita pecah! Hal ini disebabkan  efek dari cuaca panas yang menaikkan suhu tubuh kita. 

Minum air yang biasa saja sahabat explorer! Meskipun  rasanya lebih enak jika diminum dengan es, risikonya tinggi. Minum air suhu ruangan saja cukup kok asal banyak, dan jaga asupan 2 liter perhari untuk tubuh kita juga ya sahabat explorer!

2. Hindari Berolahraga

Tips menghadapi cuaca ekstrim panas yang selanjutnya adalah menghindari berolahraga di tengah cuaca panas. Saat cuaca sedang panas dan suhu sedang tinggi, hindari berolahraga atau beraktivitas yang terlalu melelahkan sahabat explorer. Tidak perlu memaksakan diri untuk berolahraga atau melakukan aktivitas di luar ruangan jika cuaca sedang sangat panas. Bila akan beraktivitas di luar ruangan, gunakan sunblock dan pakai topi, atau jika perlu bawa payung untuk melindungi diri tetap teduh di tengah teriknya panas, sahabat explorer

Olahraga di siang bolong tentunya akan membuat kalian semakin lemas, jadi hindari ya! Olahraga pada pagi atau malam hari saja sahabat explorer, cuacanya jelas lebih bersahabat kan dibandingkan siang hari? Risiko kalian terlalu lelah juga sangat tinggi apabila olahraga di siang hari. 

3. Makan Dalam Porsi Kecil Tapi Sering

Tips menghadapi cuaca panas yang selanjutnya adalah makan dalam porsi yang kecil tapi sering. Sekilas mirip dengan orang yang memiliki asam lambung ya sahabat explorer. Namun nyatanya, seperti dilansir dari betterhealth.vic.gov.au, saat cuaca sedang panas, disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi lebih sering. Kalian juga bisa konsumsi makanan yang dingin seperti salad atau makanan yang berkuah. Lebih bagus kalau kalau kalian konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air untuk mencegah dehidrasi sahabat explorer

4. Hindari Minum Kafein

Tips menghadapi cuaca panas yang selanjutnya adalah menghindari minuman berkafein. Seperti dilansir darihealth.nsw.gov.au, minuman yang memiliki kandungan kafein seperti teh dan kopi bisa membuat dehidrasi kita semakin memburuk. Hindari juga minuman beralkohol dan tentunya membatasi minuman dengan pemanis. Jika kalian beraktivitas di luar ruangan, lebih baik bawa selalu botol minum sahabat explorer

Sahabat explorer, itulah beberapa tips untuk menghadapi cuaca panas yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar