Gaya Hidup

Jangan Kelamaan Main HP Ya! Nanti Bisa Mengidap Beberapa Penyakit Ini!

dampak buruk smartphone - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : jurnalweb

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Teknologi semakin kesini semakin berkembang dan tentunya juga semakin canggih. Berbagai macam hal sekarang bisa kita cari hanya dengan menggunakan Handphone kita. Mulai dari hiburan, berita, hingga berbelanja juga bisa dengan HP saja. Oleh karena itu, menghadapi perkembangan teknologi yang pesat ini, para orang tua diharuskan untuk mengikuti perkembangannya demi menjaga kondisi anak-anak mereka. Selain memudahkan orang dalam beraktivitas, ternyata penggunaan HP yang berlebih juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dampak buruk smartphone bisa menyebabkan penyakit yang cukup serius loh sahabat explorer. Dengan demikian, kita harus bisa membatasi penggunaannya, terutama bagi anak-anak yang terkadang susah untuk diberi pemahaman.

Dampak Buruk Smartphone

Adanya siaran streaming seperti Netflix atau Youtube, membuat siapapun betah berjam-jam untuk terus menonton di smartphone-nya. Oleh karena itu, berbagai macam penyakit akhirnya bisa timbul, mulai dari yang ringan sampai dengan gangguan syaraf berat. Prosesnya memang tidak langsung, membutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun perlahan tapi pasti, smartphone bisa membuat siapa saja menjadi candu. Pada akhirnya candu tersebut lah yang mengganggu metabolisme dan kesehatan tubuh. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas bagaimana dampak buruk smartphone apabila kalian terlalu berlebihan menggunakannya. Mari langsung kita simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Mau ke Tempat Wisata Yang Romantis? Di Bogor Aja!

1. Kelainan Postur Tubuh

Dampak buruk smartphone yang pertama adalah dapat menyebabkan kelainan postur tubuh. Rutinitas sehari-hari di kantor saja yang hanya duduk di kursi dan memandangi laptop seharian, bisa membuat tulang belakang seseorang bisa menjadi sakit atau kaku. Bahkan, ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa terlalu lama duduk di kursi bisa membuat bentuk tulang punggung dan belakang menjadi berubah atau bengkok. Dengan demikian, hal ini bisa menyebabkan kalian terlihat bungkuk.

Dampak yang sama juga bisa diakibatkan oleh penggunaan smartphone yang begitu lama. Secara tidak sadar, kita akan selalu menunduk saat sedang melihat HP. baik untuk menonton, bekerja, apalagi bermain game. Karena konsentrasi dan fokus kalian berada pada HP, maka secara tidak sadar kalian akan membungkuk. Pada akhirnya, lama kelamaan tulang kalian akan terbiasa seperti itu dan menyebabkan kalian menjadi bungkuk nantinya. Biasanya, penyakit degeneratif ini ditemui pada usia lanjut. Sekitar 40, 50 tahun ke atas.

Apa kalian mau seperti itu? Kalau tidak, makanya batasi penggunaan smartphone mulai dari sekarang ya sahabat explorer!

2. Gangguan Penglihatan

Dampak buruk smartphone yang berikutnya adalah mengalami gangguan penglihatan. Tentu saja ini menjadi hal yang sangat jelas dan gampang untuk di analisa sendiri. Semakin lama kalian menatap HP, maka tentu saja mata kita akan lelah, namun secara tidak sadar kalian tetap memaksakannya untuk terus bekerja. Oleh karena itu, penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan kalian terkena rabun jauh.

Penglihatan mulai sedikit kabur atau tidak jelas, dan kepala sering pusing, pada akhirnya kalian harus pakai kacamata deh. Mata minus atau silinder sudah menjadi penyakit yang paling umum apabila kita memang menggunakan HP atau laptop dalam waktu yang berlebihan.

Untuk menghindari hal ini terjadi, maka batasi penggunananya, dan sering mengkonsumsi sayur-sayuran yang mengandung Vitamin A, agar mata kalian tetap sehat dan penglihatan juga normal.

Bagi kalian yang memiliki anak, tentu harus sangat dibatasi ya sahabat explorer. Karena kebiasaan anak zaman sekarang yang sudah bisa menggunakan HP untuk bermain atau menonton, bisa menyebabkan mereka lupa waktu dan akhirnya mengalami gangguan penglihatan sejak dini.

Diawasi terus ya anak-anaknya!

3. Mengurangi Produktivitas

Dampak buruk smartphone yang selanjutnya adalah bisa mengurangi produktivitas dan juga membuat badan kita gampang lelah dan sakit. Kenapa seperti itu? Karena kalian terlalu sibuk dengan gadget maka kalian lupa atau menjadi malas untuk melakukan kegiatan produktif yang lainnya. Biasanya, mereka yang sudah addicted dengan internet atau gadget ini akan malas untuk berolahraga. Dengan demikian, produktivitas kalian berkurang, dan badan juga terasa tidak sehat karena tidak pernah olahraga lain. Pada akhirnya, penyakit-penyakit ringan hingga kardiovaskular bisa menyerang kalian loh. Waspada ya sahabat explorer! Boleh bermain HP, tapi jangan lupa untuk berolahraga dan melakukan kegiatan produktif lainnya ya!

4. Mengganggu Tidur

Dampak buruk smartphone yang selanjutnya adalah dapat mengganggu pola tidur kalian. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa sinar biru dari layar smartphone dapat mengganggu kualitas dan kenyamanan tidur. Pada akhirnya, kalian akan mengidap Insomnia dan jam tidur menjadi berantakan.

Jika jam tidur sudah tidak karuan, maka tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan kalian. Oleh karena itu, kalian tidak boleh berlebihan hingga larut malam ya sahabat explorer. Batasi penggunaannya agar tidak mengganggu jam tidur dan tentunya kesehatan kalian.

Batasi Penggunaan Smartphone Terhadap Anak

Sahabat explorer, itulah beberapa dampak buruk smartphone yang bisa merusak atau mengganggu kesehatan kalian. Selain memiliki efek candu, kalian perlu ingat efek medis yang dapat ditimbulkan dari penggunaan HP yang berlebihan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk berbagi pengalaman dan cerita unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar