Gaya Hidup

Ternyata Ada Dampak Positif Mati Listrik Loh! Ada Apa Saja Ya?

dampak positif mati listrik - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: youthmanual

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian tinggal di wilayah Jabodetabek? Pastinya pada tanggal 4 Agustus 2019 kemarin kalian jadi ‘korban’ mati listrik massal juga kan sahabat explorer. Memang sangat menjengkelkan, mati listrik selama 8-16 jam itu cukup membuat kita kesal dan kebingungan juga ya sahabat explorer. Apalagi dengan zaman internet seperti sekarang ini, salah satu hiburan kita ada di Smartphone yang jelas membutuhkan koneksi internet. Pada saat mati listrik yang disebabkan salah satu turbin yang berada di pusat mati, maka dampaknya sangat parah sahabat explorer. Sampai ke sinyal HP pun juga turut mati, karena tower untuk mengirim sinyal dan provider lainnya pun juga mengalami mati listrik. Wah pokoknya heboh banget deh kemarin tuh! Namun kalian tau gak kalau ada dampak positif mati listrik yang mungkin kalian tidak sadari?

Dampak Positif Mati Listrik

Mungkin banyak dari kalian yang memang tidak memiliki kegiatan pada saat tanggal 4 Agustus alias seharian di rumah. Tentunya memang sangat membosankan, apalagi dapat kabar kalau mall dan hotel-hotel juga penuh! Karena orang sudah pada tidak betah di rumah sahabat explorer, apalagi jika mereka yang mempunyai bayi atau anak kecil, wah kasihan banget deh jadinya! Bagi kalian yang memang mengalaminya, maka pasti ada dampak positif mati listrik massal kemarin yang kalian tidak sadar. Kira-kira apa? Langsung kita simak saja ulasannya yuk!

Baca Juga: Pencuri Ini Paling Terkenal Dalam Sejarah Loh!

1. Mengurangi Candu Internet

Dampak positif mati listrik yang pertama adalah dapat mengurangi candu kita terhadap internet. Karena dampak dari mati listrik kemarin salah satunya adalah mati juga sinyal HP sahabat explorer, dengan demikian suka tidak suka kalian tidak dapat menggunakan HP secara maksimal. Baik untuk buka sosial media ataupun hanya bermain game. Kalau sudah begitu, mau gak mau harus menghibur diri dengan cara lain ya sahabat explorer. Salah satunya adalah bersosialisasi dengan orang rumah atau tetangga, dengan demikian kalian bisa ‘membunuh waktu’ sambil menunggu listrik kembali nyala. 

Internet memang memiliki sisi negatif yaitu membuat orang yang dekat menjadi jauh, jadi momen kemarin itu tepat bagi kita untuk mengurangi setidaknya sedikit dari candu internet tersebut sahabat explorer

2. Lebih Dekat Dengan Keluarga

Dampak positif mati listrik yang selanjutnya adalah kalian akan lebih dekat dengan keluarga. Anggap saja sudah larut malam dan kalian tidak bisa tidur, begitu juga dengan anggota keluarga yang lainnya. Maka kalian akan berbicara dan mengobrol bersama mereka, dengan demikian kedekatan akan lebih terasa. Terlebih jika kalian memiliki adik atau kakak, kalian bisa memainkan permainan yang menyenangkan di saat gelap yang hanya mengandalkan senter atau lilin. Poin utamanya adalah kedekatan yang mungkin jarang terjadi jika tidak ada hal seperti ini sahabat explorer. Jadi, disyukuri saja ya jika memang kalian merasa lebih dekat dengan saudara sekandung saat ini! Bisa jadi itu karena efek mati lampu kemarin loh!

3. Mengurangi Polusi Udara

Dampak positif mati listrik yang selanjutnya adalah mengurangi polusi udara. Percaya tidak percaya nih sahabat explorer, Pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu 4 Agustus 2019 yang lalu ternyata berdampak baik pada kualitas udara di ibukota. Berdasarkan pengamatan melalui situs pemantau kualitas udara Air Visual, pemadaman listrik yang terjadi sejak mulai mati listrik tersebut menghantarkan kualitas udara Jakarta membaik pada angka 79 atau moderat dari sebelumnya 130-175 yang berarti tidak sehat. Meskipun pada senin sore pada tanggal 5 Agustus kualitasnya menurun menjadi 97, namun itu masih termasuk moderat sahabat explorer

Hal ini terjadi dikarenakan menurunnya penggunaan alat elektronik yang mengeluarkan gas karbon seperti AC, lemari es dan juga hair dryer

Kalau kaya gini manfaatnya, kalian setuju gak ada pemadaman listrik setiap sebulan sekali? :p

4. Menurunkan Biaya Listrik

Dampak positif mati listrik yang selanjutnya adalah menurunkan biaya listrik. Ada beberapa wilayah juga yang terkena dampak mati bergilir setelah 4 Agustus 2019 tersebut sahabat explorer. Meskipun merugikan dari sisi lain, ternyata keuntungannya juga ada loh! Salah satunya adalah menurunkan biaya listrik ini sendiri. Selain itu juga PLN memang harus ganti rugi terhadap para konsumen, Tidak main-main loh sahabat explorer, kemungkinan ini secara eksplisit dicantumkan dalam  Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan.

Pelaksana Tugas (PLT) Dirut PLN, Sripeni Inten Cahyani menyatakan, bahwa PLN akan memberikan kompensasi ke masyarakat sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 Tahun 2017 tentang Standar Mutu Pelayanan. Kira-kira bagaimana nih? Tagihan listrik kita akan langsing nih kayaknya bulan ini sahabat explorer!

Selalu Ada Hikmah Dibalik Kejadian!

Sahabat explorer, itulah beberapa dampak positif  mati listrik yang bisa YoExplore bagikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar