Gaya Hidup

Diktator Paling Terkenal Di Dunia

diktator paling terkenal di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: idntimes

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, kalian pasti pernah mendengar yang namanya Diktator. Secara singkat, diktator adalah seorang pemimpin yang berkuasa dan tidak segan-segan untuk menghancurkan oposisi yang bertentangan dengan ideologinya. Mungkin sosok yang ada pada di gambar sudah banyak diketahui oleh orang, yaitu Adolf Hitler yang merupakan diktator fasis asal Jerman yang dahulu sempat berkuasa. Kekuasaannya tidak hanya pada Jerman saja, namun juga beberapa negara Eropa lain. Beliau ditakuti lawan-lawannya pada waktu itu, sampai akhirnya berbagai cara dilakukan untuk menjatuhkan Hitler. Pada akhirnya, Hitler tewas dinyatakan bunuh diri setelah Perang Dunia II meledak. Hitler bisa dibilang sebagai salah satu Diktator paling terkenal di dunia yang pernah ada.

Diktator Paling Terkenal di Dunia

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa diktator lainnya selain Adolf Hitler ini sahabat explorer. Beberapa Diktator ini juga tidak kalah kejamnya dalam urusan menghabisi lawan-lawan politik atau siapapun yang bersebrangan dengan ideologinya. Memang terdengar sedikit menyeramkan, namun terima tidak terima ini termasuk dalam salah satu sejarah dunia sahabat explorer. Kita juga wajib mengetahuinya untuk melihat bagaimana perkembangan dunia ini dari zaman ke zaman. Jangan sampai kita lupa sama sejarah, karena sejarah lah yang membentuk bangsa kita hingga detik ini. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer!

Baca Juga: Tokoh Pejuang Kemerdekaan Ini Sudah Hampir Terlupakan!

1. Joseph Stalin

diktator paling terkenal di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: history

Diktator paling terkenal di dunia yang pertama adalah Joseph Stalin. Stalin termasuk salah satu orang yang membaca literatur terlarang, termasuk Das Kapital dari Karl Marx. Kemudian dia segera beralih ke ortodoksi barunya yaitu Marxisme Rusia. Setelah Lenin meninggal, terjadilah perebutan kekuasaan.

Pada tahun 1929, posisinya sebagai pemimpin Uni Soviet pun terwujud. Pada masa kekuasaannya, Stalin melakukan kampanye teror politik yang besar-besaran. Pembersihan, penahanan, dan deportasi ke kamp kerja paksa terjadi secara luas di era kepemimpinannya. Tidak terhitung jumlahnya pemimpin partai, militer dan industrial yang hilang pada masa teror ini. Kira-kira millenials pernah mendengar nama ini gak? Jangan lupakan sejarah ya sahabat explorer!

2. Benito Mussolini

diktator paling terkenal di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source; allthatsinteresting

Diktator paling terkenal di dunia yang selanjutnya adalah Benito Mussolini dari Italia. Beliau merupakan pendiri sekaligus pemimpin dari fasisme di Italia. Fasisme ini menyebar ke seluruh negeri, dimana milisinya yang berbaju hitam mendapat dukungan dari pemilik tanah dan juga menyerang liga-liga petani dan kelompok sosialis.

Sejak tahun 1926, pemimpin fasis ini berhasil merubah Italia menjadi sebuah rezim partai tunggal yang totalitarian. Para pegawai dan pekerja, diorganisasikan dalam kelompok-kelompok yang dikontrol oleh partai dan juga mewakili sektor-sektor ekonomi yang berbeda. Sistem ini jelas mempertahankan kapitalisme dan memperluas kerja sosial. Namun, sistem ini menghapuskan serikat buruh yang bebas dan hak untuk mogok.

3. Ayatollah Khomeini

diktator paling terkenal di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: khamaeni

Diktator paling terkenal di dunia yang selanjutnya adalah Ayatollah Khomeini. Khomeini sangat terkenal dengan antibaratnya sahabat explorer. Namun, barat memandang Khomeini sebagai pedendam, dan menjadi citra yang melekat pada dirinya hingga saat ini. Tapi, di berbagai negara Muslim, Khomeini sangat dielu-elukan terutama oleh kaum muda. Khomeini dijadikan inspirasi masa kini oleh mereka sebagai tokoh penentang barat nomor 1 yang revolusinya menjadi inspirasi.

Pada tahun 1979, Khomeini menjadi Imam dan pemimpin tertinggi Iran dengan memproklamasikan Iran sebagai Republik Islam. Pemerintah Iran dirancang oleh para ulama dengan menegakkan hukum Islam.

Khomeini juga mengkampanyekan ekspor revolusi ke berbagai negara Muslim di sekitarnya. Inilah yang menjadi salah satu penyebab perang Iran-Irak yang berlangsung kurang lebih selama 8 tahun.

4. Fidel Castro

diktator paling terkenal di dunia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: bbc

Diktator paling terkenal di dunia yang terakhir adalah Fidel Castro. Beliau juga merupakan sahabat dari Presiden Republik Indonesia yang pertama yaitu Ir.Soekarno. Castro mendeklarasikan dirinya sebagai Perdana Menteri Kuba pada tahun 1959. Karena gagal menjalin hubungan diplomatik dan hubungan dagang dengan Amerika Serikat, Castro menegosiasikan senjata, perjanjian kredit, dan bantuan makanan dengan Uni Soviet. Namun, secara kejam beliau melakukan penahanan dan eksekusi terhadap lawan-lawan politiknya.

Dia menasionalisasikan sumber-sumber daya Kuba, membentuk pertanian kolektif, dan membentuk negara sosialis satu partai. Beliau juga mengirim sejumlah besar orang kaya Kuba ke dalam penjara. Hubungan Kuba dan Amerika Serikat memburuk setelah pesawat-pesawat tempur Kuba menembak dua pesawat sipil AS yang disewa oleh pelarian Kuba tahun 1996. Castro tetap bertahan dengan menganut Marxis garis kerasnya disaat banyak negara komunis lainnya mulai runtuh.

Jangan Lupakan Sejarah

Sahabat explorer, itulah beberapa diktator paling terkenal di dunia yang dapat YoExplore informasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!  

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar