Gaya Hidup

Beberapa Hal Yang Harus Kalian Perhatikan di Dalam Pesawat

etika di dalam pesawat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Dalam dunia transportasi, berbagai macam penemuan menjadi sebuah hal yang sangat fenomenal. Mulai dari transportasi yang digerakkan oleh manusia, hewan, hingga dengan menggunakan mesin. Hal tersebut tentu menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi para petualang pada zaman dahulunya. Penemuan tersebut tentunya akan memudahkan mereka semua untuk mencapai destinasi-destinasi yang mereka ingin kunjungi. Pertama-tama dengan ditemukannya sebuah motor, lalu mobil, hingga akhirnya ditemukannya pesawat. Seiring berjalannya waktu, pesawat itupun juga semakin berkembang, sehingga memicu munculnya etika di dalam pesawat itu sendiri. Banyak hal yang mungkin orang tidak memperdulikannya, namun ini bersangkutan dengan kenyamanan kalian sendiri dan orang lain di sekitar kalian.

Etika di Dalam Pesawat

Kenyamanan dalam menaiki pesawat memang sangat penting, apalagi jika jarak yang akan kalian tempuh itu jauh dan makan waktu berjam-jam. Penting sekali untuk menjaga kenyamanan diri sendiri dan orang lain. Maskapai manapun memang tidak ada bedanya untuk urusan etika. Hal ini harus disadari sendiri oleh setiap para penumpang. Dengan memiliki etika yang baik, tentu tidak akan terjadi keributan dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Kira-kira, ada apa saja sih etika di dalam pesawat yang harus kalian ketahui? Tentunya, etika ini tidak tertulis, jadi bagi kalian yang tidak pernah melakukan hal tersebut atau bahkan secara tidak sengaja melakukan yang sebaliknya, maka kalian harus berubah. Etika-etika ini sekali lagi kami ingatkan, penting untuk kenyamanan bersama para penumpang pesawat. Yaudah yuk, kita simak saja ulasannya YoExplore!

Baca Juga : Liburan Murah ke Luar Negeri? Coba ke Beberapa Negara ini!

1. Meminta Bantuan Kru Kabin

Etika di dalam pesawat yang pertama adalah meminta bantuan kepada kru kabin. Hal ini dilakukan saat kalian terasa tidak nyaman dengan penumpang sebelah kalian atau yang dekat dengan kalian. Bisa jadi mereka berisik, atau serobot sana sini, membawa sesuatu yang bisa membuat alergi kalian kambuh.

Hal tersebut tentu akan sangat menyebalkan, nah, agar tidak terjadi keributan, lebih baik kalian lapor saja kepada kru kabin. Mereka tidak hanya dilatih untuk memperagakan alat keamanan pesawat, atau sekedar memberikan makanan dan minuman. Mereka juga dilatih untuk menghadapi masalah yang terjadi di antara penumpang. Jadi, daripada kalian melakukan hal yang akhirnya juga menimbulkan kerusuhan, percayakan kepada kru kabin untuk menyelesaikan masalah dan mencari solusinya.

Bagaimana sahabat explorer, hal kecil tapi berpengaruh besar kan? Masih ada lagi yang lainnya. Simak terus ya!

2. Hormati Privasi Penumpang

Etika di dalam pesawat yang selanjutnya adalah untuk menghormati privasi antar sesama penumpang. Jangan pernah serobot antrian saat masuk atau mau keluar pesawat, dan jangan juga kalian sampai mengambil makanan penumpang lain ya. Walaupun tidak terlihat misalnya, namun itu akan menjadi masalah yang cukup besar loh sahabat explorer.

Yang terpenting adalah jangan suka melirik-lirik atau memandangi penumpang lain yang ada di sebelah kalian. Tentu saja hal tersebut akan mengganggu mereka, karena mereka seperti sedang diawasi. Hal yang terkesan sepele ini, memiliki makna yang sangat penting bagi kenyamanan orang lain dan juga diri kalian.

3. Pilih Kursi Sebelum Penerbangan

Hal penting lainnya yang termasuk dalam etika di dalam pesawat adalah pilih kursi sebelum penerbangan dimulai. Tentunya pilih kursi yang sesuai dengan tiket kalian, jika kalian berada di posisi tengah, maka kalian harus duduk di tengah. Jangan duduk di tempat yang lainnya, walaupun orang tersebut belum datang.

Selain itu jangan juga untuk meminta duduk di pojok dekat dengan jendela yang biasanya menjadi favorit orang-orang saat menaiki pesawat terbang. Walaupun mereka biasanya memberikannya kepada kalian, namun tetap saja itu tidak sopan. Karena kebanyakan orang terutama di Indonesia suka merasa tidak enak apabila menolak permintaan orang lain. Jadi, kitanya juga harus tau diri ya sahabat explorer!

4. Persiapkan Segala Barang Bawaan Agar Tidak Stres

Melakukan perjalanan jarak jauh dengan pesawat, tentunya kalian akan merasa bosan apabila tidak melakukan sesuatu. Untuk menghabiskan waktu, biasanya kebanyakan dari penumpang memilih untuk tidur, namun bagi kalian yang tidak bisa tidur di dalam pesawat, maka biasanya kalian membawa barang lainnya untuk menghilangkan kebosanan.

Biasanya, membawa headset untuk mendengarkan musik adalah hal yang paling umum kita jumpai pada penumpang pesawat. Selain itu, kalian juga bisa membawa buku bacaan, atau game portable yang tentunya dengan suara yang kecil atau dimatikan ya sahabat explorer.

Menghindari stres tersebut penting, agar kalian tidak mengeluh terus menerus sepanjang perjalanan yang pada akhirnya bisa mengganggu kenyamanan orang lain.

5. Jangan Maruk Dengan Bagasi Kabin

Biasanya, saat memasuki pesawat, hal yang paling lumrah kita lihat adalah menaruh barang bawaan di bagasi kabin. Perlu diingatkan kepada kita semua, bahwa jangan terlalu banyak membawa barang yang besar (koper atau tas besar) ke dalam pesawat, jika memang besar dan bikin ribet, lebih baik taruh di bagasi saat menukarkan tiket dengan boarding pass.

Jika kalian membawa banyak barang dan menaruh semuanya di bagasi kabin, tentu akan merugikan bagi orang yang datangnya belakangan. Mereka harus jauh-jauh menaruh tasnya di bagian bagasi kabin yang kosong. Sama-sama bayar tiket, jadi tidak ada yang saling menguasai bagasi kabin ya.

Terbang Dengan Nyaman

Sahabat explorer, itulah beberapa etika di dalam pesawat yang harus kalian patuhi. Walaupun tidak ada peraturan tertulis, tetap saja kita harus saling menjaga kenyamanan saat menaiki pesawat. Mau maskapai manapun, etikanya tetap sama kok sahabat explorer, agar kalian sampai semua dengan muka tersenyum dan siap menyambut liburan di destinasi yang kalian tuju. Semoga artikel ini bermanfaat, seperti biasa jangan lupa untuk share pengalaman liburan kalian di kolom komentar kami ya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar