Gaya Hidup

Berikut Adalah Fakta Menarik Tentang Pesawat Yang Belum Kalian Ketahui

fakta menarik tentang pesawat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: kompas

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian termasuk salah satu traveler yang sering menggunakan pesawat sebagai alat transportasi? Jika iya, mungkin kalian sudah mengetahui fakta menarik tentang pesawat ini, atau mungkin kalian belum mengetahuinya? Beberapa fakta ini memang jarang dicari informasinya oleh orang-orang. Biasanya yang dicari oleh orang adalah bagaimana tips-tips untuk nyaman di pesawat dan barang-barang yang perlu dibawa di dalam pesawat. Ternyata, masih ada fakta menarik lainnya yang kemungkinan besar belum kalian ketahui loh!

Fakta Menarik Tentang Pesawat

Fakta ini ada yang berkaitan dengan ilmiah dan juga rahasia-rahasia kecil yang ada di dalam pesawat itu sendiri. Bagi kalian yang memang sering naik pesawat, maka bisa jadi informasi ini penting bagi kalian. Semua bertujuan agar kalian tau dengan jelas fungsi-fungsi lain di dalam pesawat yang tidak hanya sekedar terbang dan melayani tujuan kalian saja sahabat explorer. Baiklah kalau begitu mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer!

Baca Juga: Cara Membuat Kue Cookies Coklat Choco Chip

1. Kehilangan Air

Fakta menarik tentang pesawat yang pertama adalah bahwa tubuh kita akan banyak kehilangan air. Udara kering yang berada di dalam pesawat ketika terbang menyebabkan kadar 8 ons air di dalam pesawat menghilang begitu saja.

Bayangkan, jika kalian melakukan penerbangan dengan durasi waktu selama 10 jam, maka kalian akan kehilangan 2 liter air loh sahabat explorer. Oleh karena itu, kalian harus menjaga asupan air selama dalam perjalanan di atas pesawat. Perbanyak minum air putih agar badan kalian tidak lemas dan sakit saat mendarat dari perjalanan yang panjang. Kecuali jika kalian hanya terbang singkat saja sahabat explorer, minum secukupnya saja deh kalau itu mah!

2. Kunci Toilet Rahasia

Fakta menarik tentang pesawat yang selanjutnya adalah bahwa dalam toilet pesawat, terdapat sebuah kunci rahasia. Jika kalian berpikir tempat paling aman privasi di pesawat adalah di dalam toilet, maka kalian salah besar sahabat explorer

Nyatanya, toilet ini memiliki kunci rahasia yang hanya diketahui oleh para pramugari dan juga awak kabin yang lainnya. Kunci yang satu ini hanya digunakan ketika keadaan darurat saja loh sahabat explorer. Jadi buat kalian yang kepo, boleh deh coba cari sampai dapat! :p

3. Ekor Pesawat Merupakan Tempat Paling Aman

Fakta menarik tentang pesawat yang selanjutnya adalah bahwa bagian ekor pesawat merupakan bagian yang paling aman di dalam pesawat. Sebuah studi yang dilakukan oleh Popular Mechanics menyebutkan bahwa bagian ekor dari pesawat adalah tempat teraman. Dengan risiko kecelakaan paling kecil di dalam pesawat. 

Berada di bagian ekor pesawat saat sedang kecelakaan dapat meningkatkan risiko keselamatan bagi kalian. Wah, tapi semoga saja ya pesawatnya baik-baik saja dan tidak ada kecelakaan sekecil apapun!

4. Lubang “Penyelamat” di Jendela

Apakah kalian pernah melihat lubang kecil yang ada pada panel jendela? Ternyata, lubang itu khusus dibuat untuk menyeimbangkan suhu hangat dan dingin dari luar dan di dalam pesawat. 

Selain itu, lubang kecil tersebut juga berperan penting terhadap mengelola tekanan udara agar penumpang tetap aman sahabat explorer. Jadi, apapun yang dibuat di dalam pesawat ini memang semuanya memiliki fungsi dan keunikannya masing-masing!

Beli Tiket Pesawatnya di Qloti Aja!

Sahabat explorer, itulah beberapa fakta menarik tentang pesawat yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar